Filosofi Tarung Derajat Jadi Motivasi Atlet Jabar Putri Desiyanti Raih Prestasi

Selain meraih emas secara kolektif, atlet seni beladiri Tarung Derajat Jabar ini juga mendapat medali perunggu di PON XX Papua 2021

oleh AY Yustiawan diperbarui 15 Okt 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2021, 21:00 WIB
Atlet Jabar di PON Papua 2021
Atlet Tarung Derajat Jabar di PON XX Papua 2021/Dok Pribadi

Liputan6.com, Jakarta Putri Desiyanti Azhara begitu panggilan lengkapnya. Namanya begitu feminim, tapi jangan coba-coba menggoda atau mengganggunya. Perempuan yang akrab disapa Putri ini adalah atlet seni beladiri Tarung Derajat Jawa Barat.

Namun, bukan soal itu saja, ternyata Putri juga sukses mengapai prestasi mengagumkan di bidang bela diri ini. Diutus mewakili daerahnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2001, Putri bersama rekannya Eriska dan Ridha Fauziah berhasil meraih medali emas dari nomor Seni Gerak/Rangkaian Gerak (Ranger) putri.

Selain meraih emas secara kolektif, personel Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung yang bertugas di Sub Bagian Program ini, juga mendapat medali perunggu di ajang olahraga nasional ini.

"Alhamdulillah.. senang dan bangga juga bisa berkontribusi untuk Jabar yang jadi juara umum lagi. Sempat nggak menyangka aja bisa dapet juara pertama di PON untuk kedua kalinya," kata Putri dalam percakapnnya dengan Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Ternyata, raihan atlet kelahiran Bandung 12 Desember 1995 ini, pernah mendapat penghargaan yang sama pada penyelenggaraan PON 2016.

"Pada 2016 hanya ikut rangkaian gerak putri saja. Namun, di tahun ini bertambah dengan gerak tarung campuran yang berpasangan dengan laki-laki," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Filosofi

Atlet Jabar di PON Papua 2021
Putri bersama rekannya Eriska dan Ridha Fauziah meraih emas di PON Papua 2021/Dok Pribadi

Selanjutnya, Putri menjelaskan sebenarnya setelah dilatih seni beladiri Tarung Derajat tidak sekeras yang dibayangkan orang. "Gerakannya menyeluruh sekali dari tendangan pukulan, bantingan, kuncian. Lagipula banyak filosofi Tarung Derajat yang baik untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari," ujarnya.

"Salah satu filosofinya adalah membentuk manusia seutuhnya sesuai dengan hakikatnya. Tujuannya ingin memanusiakan manusia melalui teknik oah tubuh, olah pikiran dan olah nurani," kata Putri yang bersuamikan atlet Tarung Derajat juga.


Bersaudara

PON Papua XX 2021
Putri Desiyanti Azhara

Menurut Putri yang paling bagus dari Tarung Derajat adalah pada saat kejuaraan. "Kita benar-benar bertarung di atas matras. Keluar matras, kita semua bersaudara," ujarnya.

"Sebelum ada pandemi, setelah penutupan kejuaraan pasti kita baris semuanya mulai dari panpel, wasit, juri, atlet, pelatih dan ofisial bersalaman semuanya berkumpul, Juga dengan sang guru dan anak-anaknya, juga pejabat-pejabat yang hadir pada saat itu," kata Putri.

"Nafas pertarungan kita adalah nafas persaudaraan. Ini selalu ada di setiap kejuaraan," imbuhnya.


Infografis

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya