Buka PON XX, Jokowi: Pekan Olahraga Nasional Pertama di Tanah Papua

Jokowi menyebut perhelatan PON XX menggambarkan kemajuan dan menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 02 Okt 2021, 19:18 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2021, 18:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). Dia mengaku bangga bisa membuka PON pertama yang diselenggarakan di tanah Papua.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama. Kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Menurut Jokowi, perhelatan PON XX menggambarkan kemajuan dan menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua. Selain itu, memperlihatkan kesiapan warga Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Jokowi menyebut PON memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, PON merupakan panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, hingga kesetaraan bagi masyarakat Indonesia.

"PON ini adalah panggung kesetaraan, dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.

Jokowi pun mengajak semua pihak merayakan PON XX dengan suka cita dan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Dia juga berharap PON XX dapat menjadi momentum mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-20 ini," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PON XX Papua Dimulai Pukul 17.00 WIB

Adapun PON XX Papua dimulai pada pukul 17.00 WIB atau 19.00 WIT. Jokowi tampak memakai jaket serta masker bewarna cokelat. Dia sempat melambaikan tangan ke para penonton saat memasuki stadion.

Acara dibuka dengan tarian adat salah satu daerah Indonesia dengan memakai baju bernuansa Papua. Kemudian, acara dilanjutkan dengan parade kontigen dari setiap daerah dan meyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Gema Chandra Universitas Cendrawasih, Papua.

Selain Jokowi, tampak hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Gubernur Papua Lukas Enembe. Ada pula sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya