Resmi Buka Pekan Olahraga Nasional, Jokowi: PON Papua Bingkai Persatuan Republik Indonesia

Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

oleh Harley Ikhsan diperbarui 02 Okt 2021, 19:19 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2021, 18:28 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). (Foto:Liputan6/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jayapura - Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

"Kita bangga berada di tanah Papua. Kita bangga berada di stasion terbaik di Asia Pasifik. Kita bangga membuka PON XX, PON pertama yang diselenggarakan di tanah Papua," kata Jokowi.

"Pekan olahraga ini menunjukkan kemajuan dan kesiapan Papua menjadi tuan rumah ajang internasional. PON ini adalah panggung kesatuan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan sekaligus jadi bingkai persatuan Republik Indonesia."

"PON Papua, secara resmi saya buka," tutup Jokowi.

Begitu selesai memberi sambutan, kembang api menghiasi langit di atas stadion.

PON Papua secara resmi berlangsung 2-15 Oktober. Namun, sejumlah cabang sudah dipertandingkan sejak 22 September.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sambutan Gubernur Papua

Atlet-atlet legendaris Papua tampil di depan publik dalam pembukaan PON XX 2021.Salah satunya Lisa Rumbewas. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Atlet-atlet legendaris Papua tampil di depan publik dalam pembukaan PON XX 2021.Salah satunya Lisa Rumbewas. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Pada kesempatan sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe memberi sambutan kepada seluruh tamu yang datang.

"Sebuah kebanggaan bagi kami, seluruh anak bangsa berkumpul di tempat ini. Kami akan berusaha sekuat tenaga memberikan tawa dan senyum kepada tamu, ketimbang tangis dan kekecewaan," kata Lukas Enembe.

Upacara pembukaan PON XX dimulai tepat pukul 19.00 WIT. Puluhan penari menarikan tarian tradisional diikuti dengan tulisan "Selamat Datang Papua." Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Tayangan kemudian menunjukkan keindahan alam Papua, termasuk Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik, juga kerajinan tangan, serta suguhan khas Papua, di antaranya Papeda dengan kuah kuning.

"Kota dengan keanekaragaman yang terangkai menjadi sebuah harmoni, menyambut hangat jiwa-jiwa baru yang datang," penggalan penjelasan dari video tersebut.


Artis Nasional

Banner PON XX Papua 2021
Banner PON XX Papua 2021 (Triyasni)

Upacara pembukaan PON XX menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tampilan pertunjukan kreatif dan budaya itu mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

PON Papua sekaligus menjadi momentum bagi anak-anak muda Bumi Cenderawasih untuk bangkit dan berprestasi dalam olahraga.

Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON Papua. Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku menjadi pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak juga mengisi acara.

Sementara artis Papua yang tampil antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.


Infografis

Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya