Menpora Yakin Timnas Indonesia Bisa Ladeni Thailand di Final Piala AFF 2020

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa meladeni Thailand pada final Piala AFF 2020. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong sudah menunjukkan kualitas dengan melaju ke partai puncak.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 28 Des 2021, 19:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2021, 19:00 WIB
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan. (Dok PSSI).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin Timnas Indonesia bisa meladeni Thailand pada final Piala AFF 2020. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong sudah menunjukkan kualitas dengan melaju ke partai puncak.

Leg pertama final Piala AFF 2020 berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021). Menurut Menpora, kedua tim yang bertarung di final memiliki kekuatan setara.

"Bagi saya tim yang sudah masuk ke final adalah tim berkualitas, semuanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang akan ditentukan dan dilihat langsung di lapangan," kata Zainudin Amali dilansir situs resmi Kemenpora.

Thailand merupakan kekuatan dominan di Asia Tenggara. Namun, Menpora menilai hal tersebut bukan berarti Timnas Indonesia mudah dikalahkan.

"Beberapa tahun terakhir kita tahu Thailand memang mendominasi persepakbolaan di Asia Tenggara, tapi penting diingat Indonesia bukan tim sembarangan," tegas Menpora.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.


Tepis Keraguan

Foto: Suka dan Duka usai Timnas Indonesia Menghabisi Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020, Faris Ramli Paling Terpukul
Para pemain Timnas Indonesia, (dari kiri) Ramai Rumakiek, Evan Dimas dan Elkan Baggott merayakan kemenangan 4-2 atas Singapura bersama Tim Ofisial Indonesia. (AP/Suhaimi Abdullah)

Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 usai menyingkirkan tuan rumah Singapura di semifinal. Tim Merah Putih menang agregat 5-3. Sementara Thailand mengunci tiket partai pamungkas dengan membungkam juara bertahan Vietnam lewat agregat 2-0.

"Lolosnya Timnas Indonesia ke final berarti sudah melalui rintangan dan hadangan dari tim negara ASEAN lainnya, meskipun sebelumnya tidak banyak yang mengunggulkan Timnas Indonesia," kata Menpora.

"Bahkan ada tim dari negara peserta lainnya meremehkan kekuatan timnas kita. Tapi semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari pelatih Shin Tae-yong dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura," tambahnya.


Optimisme Menpora

Timnas Indonesia - Piala AFF 2020 - 25 Desember 2021
Para pemain Timnas Indonesia berkumpul pada awal pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura di National Stadium, Singapura, Sabtu, 25 Desember 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Setelah partai pertama, Indonesia dan Thailand melakoni partai penentu di tempat sama pada Sabtu (1/1/2022).

"Saya tetap optimis Timnas kita bisa meladeni Thailand. Saya percaya pemain kita akan membuktikan kualitas mereka dengan panduan pelatih Shin Tae-yong yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional," kata Menpora Amali.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya