Selangkah Lagi, Arsenal Datangkan Oleksandr Zinchenko dari Manchester City

Pemain Manchester City Oleksandr Zinchenko kabarnyamakin dekat dengan kepindahan ke Arsenal. The Gunners perlu merogoh kocek senilai 35 juta poundsterling demi memboyong penggawa asal Ukraina ke Emirates.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 17 Jul 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2022, 14:00 WIB
Foto: 6 Pesepak Bola Ukraina Terkini yang Merantau di Klub Top Eropa, Zinchenko dan Yarmolenko Kutuk Keras Serangan Rusia
Oleksandr Zinchenko. Bek kiri berusia 25 tahun ini kini sedang menjalani musim ke-6 bersama Manchester City di Liga Inggris. Pemilik 48 caps bersama Timnas Ukraina ini telah tampil dalam 115 laga di semua ajang kompetisi dengan torehan 2 gol dan 9 assist. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta Pemain Manchester City Oleksandr Zinchenko makin dekat dengan kepindahan ke Arsenal. Pesepak bola berusia 25 tahun itu kabarnya akan bergabung bersama The Gunners melalui kesepakatan senilai 35 juta poundsterling (sekitar Rp622 miliar).

Laporan Daily Mail menyebut proses negosiasi Arsenal untuk mendatangkan Zinchenko pada Sabtu lalu berjalan cukup baik. Oleh karenanya, kesepakatan resmi antara kedua belah pihak diharapkan bakal terjadi pada pekan depan.

Zinchenko kemungkinan akan menjadi rekrutan kelima The Gunners dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Sebelumnya, Meriam London juga diketahui telah memboyong mantan rekan setim Zinchenko di Etihad–Gabriel Jesus–dengan mahar 45 juta poundsterling.

Pesepak bola asal Ukraina sejatinya sempat dilaporkan enggan berpisah dengan Manchester City. Namun, hasrat untuk mendapat lebih banyak waktu bermain membuat Zinchenko kini makin rapat dengan Meriam London.

Seperti diketahui, Zinchenko memang menorehkan jumlah penampilan yang tak terlalu banyak musim lalu. Eks pemain Ufa tercatat hanya turun dalam 15 pertandingan ketika The Citizens keluar sebagai kampiun Liga Premier 2021/2022.

Kepergian Zinchenko juga bisa memberi keuntungan bagi Manchester City. Klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola itu menjadi punya ruang lebih untuk mempercepat penawaran mereka terhadap bek Brighton, Marc Cucurella.


Dibutuhkan Arsenal

Bek Manchester City, Oleksandr Zinchenko.
Bek Manchester City, Oleksandr Zinchenko, berduel dengan pemain Real Madrid, Federico Valverde, pada laga leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (27/4/2022) dini hari WIB. Man City menang 4-3 atas Madrid. (AP Photo/Dave Thompson)

Di sisi lain, Oleksandr Zinchenko merupakan tipe pemain yang dibutuhkan Arsenal. Ia mampu beroperasi sebagai bek dan gelandang. Kriteria tersebut sejalan dengan keperluan The Gunners yang berniat meningkatkan opsi di lini tengah skuad mereka.

Direktur Teknik Arsenal, Edu, kabarnya sedang berupaya menuntaskan persyaratan pribadi dan rincian kontrak untuk Oleksandr Zinchenko. Kendati demikian, sang pemain masih ingin memastikan peran apa yang akan ia mainkan di Emirates.

Laporan The Sun menyebut Zinchenko tak mau pindah ke Arsenal jika dirinya hanya akan digunakan sebagai pengganti Kieran Tierney. Adapun manajer The Gunners Mikel Arteta rencananya bakal menempatkan Zinchenko di posisi gelandang.


Karier Zinchenko

Foto: 6 Pemain di Klub Big Six Liga Inggris dengan Upah Minim, Scott McTominay Terendah di Manchester United
Oleksandr Zinchenko jarang menjadi pilihan utama di Manchester City usai kalah saing dengan Joao Cancelo di posisi bek kiri. Musim lalu, ia memainkan 28 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak lima assist. Menurut The Sun, Zinchenko digaji oleh Man City sebesar 20 ribu paun per pekan atau 360 juta rupiah per pekan. (AFP/Oli Scarff)

Zinchenko pertama kali tiba di Manchester City pada 2016. Ia didatangkan dalam bursa transfer musim panas, usai menunjukkan penampilan yang gemilang bersama klub Rusia FC Ufa.

Dilansir dari The Athletic, Zinchenko lebih sering beroperasi di lini tengah bersama timnas negaranya. Kendati demikian, juru taktik The Citizens Pep Guardiola kerap menggunakan sang pemain sebagai bek kiri.

Bersama City, Zinchenko sukses mencetak sejumlah perstasi bergengsi. Ia tercatat telah mengoleksi trofi Liga Inggris, Piala Liga, dan Piala FA. Zinchenko pun sudah pernah mengecap final Liga Champions dengan The Citizens pada 2021 lalu.


Lisandro Martinez

Sebelum Zinchenko, Arsenal juga berniat mengontrak Lisandro Martinez dari Ajax Amsterdam. Bek asal Argentina itu diharapkan mampu bersaing dengan Gabriel Magalhaes di sisi kiri pertahanan The Gunners.

Meriam London telah berupaya mengajukan sejumlah tawaran untuk Martinez. Sayangnya, upaya tersebut ditolak oleh kubu Johan Cruyff Arena. Manchester United (MU) kini digadang-gadang sebagai klub yang berpotensi mendapatkan tanda tangan Martinez.

Kehadiran Erik ten Hag selaku manajer baru Setan Merah disinyalir menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan sang pemain untuk hijrah ke Old Trafford. Martinez diketahui merupakan mantan anak asuh Ten Hag ketika masih berkarier di klub Eredivisie.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya