Wawancara Eksklusif Michael Owen: Blak-blakan soal Nasib MU dan Peluang Timnas Inggris

Owen berbicara banyak soal nasib MU di tangan Ten Hag serta peluang timnas Inggris dan tim favoritnya di Piala Dunia 2022.

oleh Thomas diperbarui 22 Agu 2022, 17:42 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2022, 17:30 WIB
Wawancara Liputan6.com dengan Michael Owen
Wawancara Liputan6.com dengan Michael Owen

Liputan6.com, Jakarta- Mantan striker timnas Inggris Michael Owen sedang berada di Jakarta sejak 20 Agustus lalu hingga 23 Agustus 2022. Owen datang untuk menjadi komentator pertandingan Liga Inggris antara dua mantan klubnya, Manchester United kontra Liverpool.

Duel MU vs Liverpool berlangsung Selasa (23/8/2022) dini hari pukul 02.00 WIB. Pria 42 tahun itu akan tampil sebagai pundit di Vidio selaku pemegang hak siar Liga Inggris di Indonesia.

Sebelum menjadi komentator duel MU vs Liverpool, Liputan6.com berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Owen. Pada kesempatan tersebut, Owen berbicara banyak soal nasib MU terkini dan peluang timnas Inggris di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar.

Berikut wawancara lengkap dengan Michael Owen:

Setelah dua pekan, apakah anda melihat Erik ten Hag merupakan sosok yang tepat untuk MU?

Waktu akan berbicara. Ini bukan start yang bagus baginya tapi dia diwariskan tim yang kurang kualitas, kurang kepercayaan diri. Sudah berlangsung beberapa tahun. Saya rasa fans MU harus memberinya waktu, perlu melihat ide yang dia bawa ke klub, juga melihat apa yang terjadi di bursa transfer. MU saya kira akan menambah satu atau dua pemain lagi untuk mencoba membantu mereka keluar dari kekacauan yang mereka alami.


Pemain Baru MU

Wawancara Liputan6.com dengan Michael Owen
Wawancara Liputan6.com dengan Michael Owen

Setelah Casemiro, menurut anda siapa pemain yang akan dibeli MU lagi?

Saya rasa MU saat ini terlihat cukup kurang pada sektor penyerangan. Tentu Cristiano Ronaldo mampu mencetak banyak gol. Tapi selain itu, saya tidak yakin. Marcus Rashford sempat bagus, tapi dia menurun dalam beberapa tahun terakhir. Ada Anthony Martial, mereka pikir dia tidak bagus dan meminjamkannya sekarang dia kembali. Jadi saya pikir lebih banyak gol di tim lebih penting tapi di mana MU bisa menemukan mereka? Itu sangat sulit. Dan pemain-pemain hebat di dunia sekarang tentunya mereka ingin bersaing dalam perburuan gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions, MU saat ini tidak. Jadi sangat sulit untuk mencoba menemukan pemain yang tepat yang mau bergabung dengan klub.

Akan sulit tapi pembuatan ulang klub sedang proses tentu saja. Dimulai sekarang dengan manajer baru. Pembelian Casemiro terlihat sebagai pembelian yang bagus. Kita akan lihat siapa lagi yang akan datang. MU telah merekrut pemain-pemain bagus dalam akhir-akhir ini tapi itu belum cukup berhasil bagi mereka. Jelas mereka perlu menemukan percikan dari suatu tempat dan saya pikir manajer merupakan orang yang harus melakukan

MU sempat digosipkan dengan Antonio Conte, Jika anda bisa memilih Conte atau Ten Hag yang paling cocok untuk MU?

Saya pikir kebanyakan fans MU dalam beberapa bulan terakhir mengatakan kami memiliki kesempatan merekrut Conte dan mereka tidak melakukannya. Saya pikir fans MU mungkin menyesali mereka tidak merekrutnya. Conte saat ini melakukan sangat baik di Tottenham. Adapun Ten Hag datang dengan reputasi bagus. Ajax yang diasuhnya memainkan sepak bola hebat di Liga Champions dan mengalahkan beberapa tim besar. Jadi anda tahu saya pikir dia layak ditunjuk sebagai manajer MU.

Mereka pastinya perlu sesuatu sedikit berbeda, beberapa ide baru jadi menarik melihat bagaimana mereka ke depan. Tapi saya pikir, Conte pastinya lebih berpengalaman dan terbiasa di level atas. Bagi ten Hag tentu saja liga yang baru, liga tersulit di dunia. Mungkin akan sedikut sulit baginya.


Piala Dunia 2022

Sekarang kita beralih ke Piala Dunia. Bagaimana anda melihat peluang timnas Inggris?

Saya pikir Inggris punya peluang bagus di Piala Dunia. Kami memiliki banyak pemain bagus, banyak pemain muda bagus yang semakin membaik terus menerus. Dan di dua turnamen terakhir kami finis keempat dan kedua jadi kami selalu semakin mendekat dan semakin dekat. Mudah-mudahan kali ini saatnya bagi kami (jadi juara). Kami mendapatkan beberapa pemain muda yang sangat bagus yang muncul. Saya pikir usia rata-rata tim kami cukup muda jadi itu bagus.

Saya tidak berpikir kondisi ini akan menjadi masalah. Saya tidak berpikir ada tim lain di dunia ini yang anda pikir, wow mereka tak terkalahkan. Saya rasa Piala Dunia 2022 akan sedikit terbuka. Prancis menurut saya mungkin tim yang terbaik di dunia saat ini tapi pastinya Inggris bisa mengalahkan mereka. Saya pikir kami pasti bisa melakukan dengan peluang.

Siapa lawan terberat untuk Inggris di Piala Dunia 2022?

Lawan terberat kami pasti Prancis. mereka memiliki beberapa pemain terbaik. Mereka memenangkan Piala Dunia terakhir di Rusia. Mereka juga punya pengalaman luar biasa dan manajer berpengalaman. Tapi saya pikir mereka tidak akan terlalu menonjol di atas tim-tim lain. Piala Dunia 2022 akan sangat kompetitif. Saya pikir mungkin enam, tujuh sampai delapan tim dapat memenangkan kompetisi. Tapi untuk keseimbangan tim, saya pikir ketika anda melihat para pemainnyaa Prancis tim paling kuat.

 


Dua Calon Juara

Selain Inggris dan Prancis, siapa favorit anda di Piala Dunia 2022?

Selain Prancis, Brasil juga akan memiliki peluang bagus. Saya pikir Belgia juga sangat kuat dan akan terus menjadi tim yang sangat kuat. Tapi ketika saya melihat tim tersebut, saya pikir peluag terbaik mereka mungkin empat tahun lalu. Seperti anda tahu, mereka punya banyak pemain bertahan yang sangat bagus seperti Vincent Kompany, Jan Vertonghen Toby Alderweireld dan banyak pemain bagus lain. Eden Hazard dalam performa puncak. Ada juga Kevin de Bruyne yang masih mereka miliki sekarang.

Namun saya pikir generasi pemain ini mungkin lebih baik pada empat atau enam tahun lalu. Jadi untuk dua tim favorit di Piala Dunia saya akan fokus pada Inggris dan Brasil.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya