Sengit, 5 Kiper yang Berpotensi Bawa Pulang Golden Glove dari Piala Dunia 2022

Sederet penjaga gawang terbaik yang berpeluang besar membawa pulang Sarung Tangan Emas dalam Piala Dunia 2022 Qatar

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Nov 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2022, 20:00 WIB
Inilah Kandidat Penjaga Gawang Terbaik Dunia (BERES)
Thibaut Courtois (AFP/Christophe Simon)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia FIFA memang menjadi panggung terbesar untuk para pemain sepak bola dari seluruh dunia untuk menunjukkan keunggulannya dalam sejarah. Tak hanya pemain lama, nama-nama baru ikut bersaing dalam laga ini.

Kiper atau penjaga gawang mempunyai peranan penting dan tanggung jawab yang besar untuk mengamankan timnya di garis pertahanan. Oleh karena itu, Golden Glove  atau Sarung Tangan Emas menjadi bukti pencapaian terbesar bagi para penjaga gawang.

Menjelang Piala Dunia Qatar 2022 banyak nama-nama yang ingin meraih penghargaan kiper bergengsi ini. Nama Courtois memang mendominasi, tetapi dalam tahun ini beberapa nama keluar yang digadang-gadang berpotensi pula.  Tahun ini memang akan menjadi putaran Piala Dunia terpanas bagi kiper-kiper top dunia memperebutkannya. 

Lantas, ada kiper-kiper mana saja yang berpotensi memperebutkan Sarung Tangan Emas? Apakah kiper jagoanmu salah satunya? Yuk, intip sederet penjaga gawang terbaik yang berpeluang besar membawa pulang Sarung Tangan Emas atau Golden Glove dalam Piala Dunia 2022 Qatar berikut ini!

1. Thibaut Courtois 

Penjaga gawang kebanggaan Belgia, Thibaut Courtois pernah memenangkan Sarung Tangan Emas pada Piala Dunia 2018 Rusia. Courtois menjadi penjaga gawang terbaik dunia saat ini. Dirinya tercatat telah banyak menorehkan kesuksesan besar dalam beberapa dekade terakhir. Selain Piala Dunia, Courtois menjadi pemain top di Liga Champions dan La Liga. Superstar Belgia ini berharap dirinya dan tim bisa melambung lebih tinggi lagi pada Piala Dunia 2022 Qatar. 

 


2. Manuel Neuer

Foto: Deretan 5 Kiper Hebat Peraih Golden Glove dalam 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Sebagian Besar Dibarengi Raihan Juara
Manuel Neuer. Kiper Timnas Jerman yang masih akan tampil membela Tim Panser pada Piala Dunia 2022 Qatar ini menjadi kiper peraih Golden Glove di edisi 2014 saat berlangsung di Brasil. Tampil penuh dalam seluruh 7 laga Jerman di Piala Dunia 2014, ia mampu membawa Tim Panser meraih trofi Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Argentina 1-0 di laga final. Dalam perjalanannya, Timnas Jerman tak terkalahkan mulai fase grup hingga laga final. Dari 7 laga Jerman berhasil 6 kali menang dan 1 kali imbang atas Ghana 2-2 di fase grup. Manuel Neuer mencetak 4 kali clean sheet dan kebobolan 4 gol dari 7 laga tersebut. (AFP/Christophe Simon)

Manuel Neuer masih akan melaju dalam Piala Dunia 2022 Qatar untuk menjaga gawang pertahanan tim nasional Jerman. Sebelumnya, Neuer berhasil membawa pulang Sarung Tangan Emas pada Piala Dunia 2014 Brasil. Walaupun sedang mengalami cedera, Neuer tetap semangat dan optimis bisa berlaga dalam Piala Dunia tahun ini. 


3. Hugo Lloris

Foto: 5 Kiper Tangguh yang Dibeli dengan Harga Murah, termasuk Kiper Atletico Madrid dan Barcelona
Hugo Lloris. Kiper Prancis berusia 34 tahun ini didatangkan Tottenham dari Lyon pada musim 2012/2013 dengan harga 12,6 juta euro. Total hingga musim lalu telah tampil dalam 373 laga. Mulai 2015/2016 dipercaya menjadi kapten tim saat ditangani Mauricio Pochettino. (Foto: AFP/Pool/Neil Hall)

Meski berusia 35 tahun, kiper Hugo Lloris, terbukt tetap berjiwa muda dengan menjadi salah satu pemain terbaik dan solid untuk Tottenham Hotspurs. Lloris memiliki rekam jejak yang luar biasa. Dirinya berhasil mengamankan gawangnya pada Piala Dunia 2018 dengan 3 clean sheet. Lantas, Lloris menjadi harapan besar Prancis untuk mempertahankan gelar.


4. Alisson Becker

FOTO: 5 Pemain Brasil Termahal Sepanjang Sejarah, Neymar Teratas, Alisson Becker di Posisi Buncit
Alisson Becker. Didatangkan Liverpool dari AS Roma pada awal musim 2018/2019 dengan nilai transfer 62,5 juta Euro atau setara Rp.1,07 triliun. Terbilang sukses, ia telah tampil dalam 128 laga dengan membuat 57 clean sheet, 105 kali kebobolan dan baru saja mencetak 1 gol. (AFP/Jason Cairnduff/Pool)

Pengalaman Piala Dunia terakhir Alisson memberinya keuntungan besar. Kiper Brasil ini mendapatkan kembali semangatnya. Dirinya optimis dapat menjadi kiper utama pilihan Brasil pada Piala Dunia 2022 Qatar. Memiliki tinggi badan 191 cm, menjadi poin unggulan Alisson dalam menghalau bola-bola atas.


5. Unai Simon

Memasukkan Unai Simon ke gawang menjadi salah satu keputusan paling signifikan yang dibuat Luis Enrique untuk tim Spanyol. Performanya di lapangan sangat impresif sejak debutnya di tim nasional. Permainan Simon pun terlihat sangat tajam menuju Piala Dunia 2022 yang sudah di depan mata. 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Infografis Grup A Piala Dunia 2022
Infografis Grup A Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya