Prediksi Piala Dunia 2022 Senegal vs Belanda: Singa Teranga Kehilangan Taring

Senegal bertemu Belanda pada laga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB. Pertandingan bisa disaksikan langsung melalui SCTV, Moji, streaming Vidio, atau jaringan televisi satelit NEX Parabola.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 21 Nov 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 09:00 WIB
Foto: Sering Ditikung, Manchester United Gantian Menikung Bek Feyenoord Tyrell Malacia dari Olympique Lyon
Louis van Gaal memimpin Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/ANP/Gerrit van Keulen)

Liputan6.com, Jakarta - Senegal bertemu Belanda pada laga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB. Pertandingan bisa disaksikan langsung melalui SCTV, Moji, streaming Vidio, atau jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Berstatus juara Afrika, Senegal mendapat pukulan telak jelang bergulirnya turnamen. Pemain andalan Sadio Mane dipastikan absen karena cedera yang diderita saat membela Bayern Munchen di awal bulan.

Pelatih Aliou Cisse semula berharap Mane hanya absen pada 1-2 laga awal di Piala Dunia Qatar. Namun, kini dia harus menyusun strategi baru tanpa kehadiran runner-up Ballon d'Or 2022 tersebut.

Kekhawatiran utama terletak di lini depan. Dalam skuad sekarang, hanya Ismaila Sarr dan Famara Diedhiou yang sudah mencetak dua dijit gol bagi timnas.

Di luar itu, Senegal tidak punya masalah pada sektor lain. Mereka terkenal solid dan sulit ditembus. Terbukti dengan torehan enam clean sheet pada delapan pertandingan resmi terakhir.

Singa Teranga dipastikan bakal merapatkan barisan melawan Belanda, sebelum mengincar kemenangan pada dua pertandingan berikutnya yang di atas kertas lebih mudah.

Belanda adalah tim hebat yang mampu melaju jauh di kompetisi ini. Tapi, saya jamin, kami bakal berusaha yang terbaik untuk menghadapi mereka,,” tegas Aliou Cisse, dikutip dari laman federasi Senegal.

Singa Teranga tahu merebut poin pada partai Senegal vs Belanda bukan tugas mudah. Terlebih Belanda dalam performa bagus di bawah komano Louis van Gaal. De Oranje baru saja mencapai putaran final UEFA Nations League. Mereka sukses mengatasi Belgia, Polandia, dan Wales yang seluruhnya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski minim kualitas bintang seperti skuad-skuad sebelumnya, Belanda akan coba memulai turnamen dengan hasil bagus untuk menjaga moral tim yang sedang tinggi.

“Kami tidak memiliki pemain terbaik di dunia. Tetapi saya percaya pada taktik dan formasi, dan kami memiliki pemain yang dapat menjalankan rencana,” ujar Van Gaal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi Tim

Tim Grup A Piala Dunia 2022 Qatar - Timnas Belanda
Ilustrasi Timnas Belanda. (AFP/John Thys)

Mane mesti naik meja bedah untuk memulihkan cedera. Dalam situasi ini, Nicolas Jackson, Iliman Ndiaye, Krepin Diatta, dan Bamba Dieng bersaing untuk mengisi lubang yang ditinggalkan pada sisi kiri menyerang.

Diatta berpotensi memenangkan persaingan internal itu mengandalkan kecepatan dan teknik dalam mengolah bola. Sementar Abdou Diallo kemungkinan absen di laga pertama karena masalah lutut.

Belanda sebenarnya juga kehilangan tumpuan di lini depan. Memphis Depay, yang mencetak 12 gol pada kualifikasi Piala Dunia 2022, masih berkutat dengan cedera hamstring. Pemain Barcelona itu tidak bermain sejak menghadapi Polandia, September lalu.

Denzel Dumfries juga meragukan setelah cedera pada laga terakhir bersama Inter Milan. Begitu pula Marten de Roon yang merasakan gangguan di punggung.

Jika mempertahankan pola baku, Van Gaal memiliki Jeremie Frimpong dan Vincent Janssen untuk menggantikan pemain yang berhalangan. Namun, dia juga bisa mengubah sistem permainan dengan menurunkan tiga gelandang, sehingga Cody Gakpo dan Steven Bergwijn menjadi duet penyerang.


Perkiraan Pemain dan Rekor Pertemuan

PIALA DUNIA 2022 SENEGAL VS BELANDA
PIALA DUNIA 2022 SENEGAL VS BELANDA (Liputan6.com/Abdillah)

Senegal (4-3-3): Eduard Mendy; Fode Ballo-Toure, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Pape Sarr; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta

Belanda (3-5-2): Jasper Cillessen; Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk; Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Daley Blind, Nathan Ake; Vincent Janssen, Steven Bergwijn

 

Rekor Pertemuan: -

 

5 Pertandingan Terakhir Senegal

24/07/22: Liberia vs Senegal 0-3

30/07/22: Senegal vs Liberia 1-2

27/08/22: Senegal vs Guinea 1-0

25/09/22: Bolivia vs Senegal 0-2

27/09/22: Senegal vs Iran 1-1

 

5 Pertandingan Terakhir Belanda

09/06/22: Wales vs Belanda 1-2

12/06/22: Belanda vs Polandia 2-2

15/06/22: Belanda vs Wales 3-2

23/09/22: Polandia vs Belanda 0-2

26/09/22: Belanda vs Belgia 1-0


Peringkat

Ilustrasi trofi piala dunia
Ilustrasi trofi piala dunia (AFP)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya