Olivier Giroud Samai Rekor Gol Thierry Henry Bersama Prancis

Olivier Giroud memiliki kesempatan melewati gol Henry jika mencetak gol kontra Denmark.

oleh Yulianto diperbarui 23 Nov 2022, 05:12 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 04:59 WIB
Grup D Piala Dunia 2022: Prancis vs Australia
Olivier Giroud dan para pemain Timnas Prancis lainnya merayakan kemenangan 4-1 atas Timnas Australia dalam laga matchday pertama Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. (AP/Christophe Ena)

Liputan6.com, Jakarta Rekor kembali tercipta di Piala Dunia 2022. Kali ini, giliran Olivier Giroud yang berhasil mewujudkannya setelah melibas Australia 4-1 di Stadion Al Janoub, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Giroud mencetak dua gol pada menit ke-32 dan 71. Dua gol itu melengkapi gol Prancis yang sebelumnya dicetak Adrien Rabiot (menit 27) dan Kylian Mbappe (68).

Dua gol itu tentu saja membuat Giroud semringah menanggapinya, karena dia berhasil mencetak gol ke-51 bersama Prancis. Striker AC Milan tersebut berhasil menyamai rekor legenda Arsenal, Thierry Henry.

Gol-golnya, yang ke-50 dan ke-51 untuk negaranya, menempatkan pemain berusia 36 tahun itu sejajar dengan jumlah gol internasional Henry, yang berarti bahwa hanya satu gol lagi yang akan membuatnya mengklaim rekor untuk dirinya sendiri.

Keberhasilan itu tak lepas dari absennya Karim Benzema, yang membuatnya mendapat kepercayaan dari Didier Deschamps menjadi ujung tombak dalam skema 4-2-3-1 saat menghadapi Australia.

Dia menjadi target man dan ditopang pemain sekaliber Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe. Dukungan itu pula yang membuatnya mampu mencetak rekor tersebut.

Dengan kompetisi yang masih dalam tahap awal, mantan bintang Arsenal dan Chelsea itu memiliki keyakinan dapat mengalahkan rekor Henry. Dia tinggal berupaya keras menjawab setiap kesempatan yang diberikan Deschamps di setiap pertandingan.

“Jelas saya punya target ini, bonus semacam ini terus berada di kepala saya untuk mengalahkan Titi (Thierry Henry). Tapi, target utama sebagai sebuah tim adalah melaju sejauh mungkin dalam kompetisi,” jelas Giroud, dikutip BBC.

“Lalu, jika saya mendapat kesempatan untuk dekat dengannya, saya pasti akan melakukan yang terbaik,” timpal pemain kelahiran Chambery, Prancis, 30 September 1986 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keputusan Tepat Didier Deschamps

Keputusan Deschamps tak memanggil pengganti Karim Benzema yang cedera sempat dipertanyakan publik. Namun, pelatih berusia 54 tahun itu berhasil menjawab keraguan itu lewat performa gemilang saat mencukur Australia di laga pembuka Grup D Piala Dunia 2022.

“Karena saya memutuskan, sederhananya… ini adalah grup yang berkualitas, bersatu di dalam dan di luar lapangan. Saya percaya pada mereka,” kata Deschamps.

Pernyataan Deschamps memang terlalu percaya diri. Padahal, dia bisa saja memanggil satu nama dari sederet pemain bintang macam Anthony Martial, Moussa Diaby, Wissam Ben Yedder, dan Andre-Pierre Gignac. Namun, Deschamps tak melakukannya.

“Mengingat absennya Karim, Olivier Giroud akan menjadi starter. Publik Prancis (awalnya) tidak terlalu mencintainya, tapi sekarang semua orang memujanya, bahkan mereka yang mengkritiknya dan saya bisa melihat beberapa di ruangan (konferensi pers) ini,” ucap Deschamps.

“Dia sudah lama menjadi bagian dari grup ini, saya menganggapnya sebagai striker yang berguna untuk gaya permainannya. Dia juga penting ketika dia tidak mencetak gol.”

Persiapan Pemain Prancis Jelang Duel Lawan Australia di Piala Dunia 2022
Pelatih Prancis Didier Deschamps (tengah) mengawasi sesi latihan di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, 20 November 2022. Prancis akan memainkan pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022 melawan Australia pada 22 November. (AP Photo/Christophe Ena)

Menebak Formasi Prancis Selanjutnya

Melihat keberhasilan Prancis melumat Australia di laga pembuka, skema formasi 4-2-3-1 disinyalir akan menjadi prioritas Deschamps ketika menjalani laga selanjutnya kontra Denmark pada 26 November 2022.

Mantan pelatih AS Monaco, Juventus, dan Olympique Marseille itu dipercaya masih mengandalkan Giroud sebagai target man. Giroud akan ditopang oleh kecerdikan Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe.

Lini depan ini diyakini akan menjadi prioritas Deschamps jika Benzema belum juga pulih dari masalah kebugarannya. Dan, Deschamps percaya Giroud pasti akan memberikan yang terbaik jika diturunkan, karena dirinya memiliki ambisi besar menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis.

Deschamps sangat percaya dengan kekuatan 25 pemain yang dibawanya terbang ke Qatar, termasuk Giroud yang telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik saat Benzema mengalami cedera.

Dia menilai Giroud akan melakukan hal serupa, yakni makin bersemangat ketika mendapatkan kesempatan lagi untuk membela Prancis kontra Denmark di laga selanjutnya.

Infografis Grup D Piala Dunia 2022
Infografis Grup D Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya