Patah Hati Usai Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Neymar Curhat di Media Sosial

Neymar curhat di media sosial usai Brasil tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu mengaku hancur lantaran Tim Samba gagal mereebut gelar juara keenamnya dalam kompetisi edisi ini.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 13 Des 2022, 08:54 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 15:30 WIB
Foto: Tangis Neymar Pecah saat Brasil Dipulangkan Kroasia dari Piala Dunia 2022
Pemain Brasil, Neymar (kanan) dihibur oleh rekannnya, Raphinha setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AP/Darko Bandic)

Liputan6.com, Jakarta Brasil sudah dipastikan angkat kaki dari Piala Dunia 2022. Tim Samba yang sempat digajokan meraih trofi edisi ini harus pulang lebih dulu lantaran takluk dari Kroasia lewat drama adu penalti di babak perempat final, Jumat (9/12/2022).

Neymar Jr menjadi salah satu sosok yang terlihat amat terpukul akibat kekalahan Tim Samba. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) menangis di lapangan setelah Brasil resmi kehilangan peluang untuk melaju ke fase empat besar.

Menanggapi hasil negatif tersebut, Neymar akhirnya curhat di media sosial. Pesepak bola berusia 30 tahun mengaku hancur usai gagal mewujudkan impian mengantar negaranya memenangkan gelar Piala Dunia keenam.

“Saya hancur secara psikologis. Ini tentu kekalahan yang paling menyakitkan buat saya, yang membuat saya tak berdaya selama 10 menit, dan setelahnya saya menangis tanpa henti,” tulis eks pemain Barcelona dalam keterangan di unggahan Instagram-nya pada Minggu (11/12/2022).

“(Kegagalan ini) akan menyakitkan untuk waktu yang sangat lama,” ucap pemain yang telah mencatatkan 124 penampilan bersama Timnas Brasil di berbagai kompetisi.

Terlepas dari hal itu, Neymar menyatakan dirinya bangga pada seluruh anggota skuad Tim Samba. Pasalnya, rekan-rekannya telah menunjukkan komitmen dan dedikasi, serta berjuang hingga akhir di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Kami berjuang sampai akhir. Itulah yang saya banggakan dari rekan-rekan setim saya karena (mereka) tidak kekurangan komitmen serta dedikasi,” ungkapnya.

“Grup ini pantas mendapatkan (kemenangan), kami layak mendapatkannya, Brasil layak untuk itu. Akan tetapi, hal ini bukan kehendak Tuhan. Perjuangan saya terasa setimpal dengan kasih sayang yang didapat dari setiap orang di lapangan,” kata Neymar menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lempar Kode

Foto: Tangis Neymar Pecah saat Brasil Dipulangkan Kroasia dari Piala Dunia 2022
Reaksi kecewa pemain Brasil, Neymar setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AP/Darko Bandic)

Sebelumnya, Neymar sempat melempar kode menyakitkan buat para penggemar Brasil pasca kekalahan di perempat final Piala Dunia 2022. Sang pemain mengaku tak yakin dirinya masih membela Selecao selepas kompetisi ini.

Neymar sebenarnya belum seratus persen menutup peluang untuk kembali membela Brasil di masa mendatang. Hanya saja, penggawa Paris Saint-Germain (PSG) itu juga tak bisa menjamin kelanjutan kariernya dengan Tim Samba.

“Saya ingin meluangkan waktu untuk memikirkan tim nasional dan memikirkan tentang apa yang saya inginkan untuk diri saya sendiri,” ujar eks pemain Barcelona, dilansir dari Metro.

“Saya tidak menutup pintu di tim nasional, tetapi saya juga tidak seratus persen bilang bahwa saya akan kembali (membela Brasil),” sambungnya.


Batal Jadi Eksekutor

Tangisan Neymar Setelah Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022
Penyerang Brasil Neymar bereaksi setelah adu penalti di samping kiper Ederson dan Thiago Silva pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Kroasia unggul 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit. (AP Photo/Martin Meissner)

Sekadar informasi, Neymar sama sekali tidak turun menjadi eksekutor kala timnya beradu penalti dengan Kroasia di perempat final Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu.

Pelatih Timnas Brasil Tite menempatkan sang penggawa sebagai algojo kelima lantaran dipandang memiliki kapabilitas dan mental cukup untuk berada di bawah tekanan.

“Dia adalah eksekutor penalti kelima yang menentukan. Pemain dengan kualitas dan mentalitas lebih (seperti Neymar) ditargetkan untuk berada di bawah tekanan terbesar,” papar Tite pascapertandingan, mengutip laporan Metro.

Sayang keputusan itu malah berbuah kegagalan bagi Tim Samba. Neymar tidak kebagian peluang untuk membantu negaranya setelah dua penggawa terdahulu gagal merobek jaring Vatreni dalam adu penalti.


Kroasia ke Semifinal

Perempatfinal Piala Dunia 2022: Kroasia vs Brasil
Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Brasil lewat adu penalti dalam babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AFP/Jewel Samad)

Dengan hasil ini, Kroasia menjadi negara pertama yang berhak melaju ke semifinal kompetisi sepak bola terakbar empat tahunan. Vatreni selanjutnya bakal meladeni perlawanan Argentina, yang mengamankan tiket empat besar dengan skenario serupa.

Duel antara Kroasia melawan Argentina dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail pada Rabu (14/12/2022) mendatang. Kick-off pertandingan tersebut akan dimulai pukul 02.00 WIB.

Adapun dua slot semifinal lainnya ditempati oleh Maroko dan Prancis. Singa Atlas melenggang setelah menaklukkan Portugal dengan 1–0. Sementara itu, Les Bleus lolos ke fase selanjutnya usai membungkam Inggris 2–1. Berikut jadwal lengkap semifinal Piala Dunia 2022.

Rabu, 14 Desember 2022 (02.00 WIB)

Argentina vs Kroasia

Stadion Lusail

Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio

Kamis, 15 Desember 2022 (02.00 WIB)

Prancis vs Maroko

Stadion Al Bayt

Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya