Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko: Jadwal, Head to Head, Prediksi Susunan Pemain

Prancis akan menghadapi duel yang penuh tantangan menghadapi tim ajaib Maroko pada semifinal Piala Dunia 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 12 Des 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 18:00 WIB
Foto: Aksi Comeback Sempurna Olivier Giroud dkk saat Prancis Bantai Australia di Grup D Piala Dunia 2022
Juara bertahan Timnas Prancis membuka langkahnya dengan gemilang untuk mempertahankan gelarnya di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal satu gol dari Australia, Olivier Giroud dkk sukses membalikkan keadaan hingga mampu menutup laga dengan kemenangan 4-1. (AP/Thanassis Stavrakis)

Liputan6.com, Jakarta Prancis akan menghadapi Maroko pada duel semifinal Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022). Ini duel yang berpotensi penuh kejutan.

Ini tak lain karena kiprah Maroko. Klub besutan Walid Regragui itu sudah membuat publik sepak bola dunia tercengang karena berhasil singkirkan lawan hingga tembus semifinal Piala Dunia Qatar.

Perjalanan Maroko dimulai kurang meyakinkan. Mereka mengawali duel di grup F dengan meraih hasil imbang 0-0 lawan Kroasia.

Namun pada laga berikutnya, Maroko berhasil menyabet dua kemenangan lawan Belgia dan Kanada. Kejutan Maroko dilanjutkan saat menghadapi Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022.

Maroko berhasil redam Spanyol di waktu normal. Di babak adu penalti, Spanyol tak sekalipun mampu cetak gol sehingga Maroko menang 3-0 lewat adu penalti.

Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui ingin para pemainnya mengambil peran laiknya Rocky Balboa dalam sekuel film Rocky. Para penonton tidak pernah menganggap sang petinju melakukan keajaiban saat meraih kemenangan dalam jalan cerita filmnya.

“Kemenangan 1-0 atas Portugal dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 bukan sebagai keajaiban. Media, mungkin terutama media-media Barat, akan menyebut ini sebagai keajaiban, tapi bagi saya ini bukan keajaiban. Ini buah kerja keras kami,” kata Regragui dalam jumpa pers selepas pertandingan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beruntung

Foto: 5 Kontestan Piala Dunia 2022 dengan Nilai Skuat Termahal, Timnas Inggris di Peringkat Pertama
Prancis. Timnas Prancis sebagai peringkat ke-3 FIFA lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan nilai skuat mencapai 978,80 juta euro atau setara sekitar Rp15,7 triliun. Di antara para pemain berusia emas, Kylian Mbappe menjadi yang paling tinggi nilainya mencapai 160 juta euro. (AFP/Franck Fife)

 

Sementara itu, pelatih Prancis Didier Deschamps tidak jemawa karena berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Dia mengatakna Prancis hanya beruntung bisa kalahkan Inggris yang tampil luar biasa.

"Itu laga besar, kami menghadapi Inggris yang kuat secara teknik dan fisik," kata Deschamps.

"Pemain tampil brilian sehingga bisa tampil di semifinal lagi. Kami sedikit beruntung karena salah satu dari dua penalti gagal. Kami kerja keras mempertahankan keunggulan kami."

Prancis berpeluang besar untuk mempertahankan gelar juara. Ini pertama kali juara bertahan bisa tampil di semifinal lagi setelah 60 tahun.

"Kami akan bersiap penuh menghadapi Maroko yang pantas dapatkan pujian. Mungkin mereka tak disangka bisa lolos semifinal, tapi mereka baru kebobolan satu kali," kata Deschamps.

 


Head to Head

Foto: Termasuk Maroko, Ini Dia 4 Negara Afrika yang Pernah Lolos hingga Babak Perempatfinal Piala Dunia
Maroko. Maroko menjadi negara Afrika terbaru alias keempat yang mampu lolos ke perempatfinal di Piala Dunia edisi terbaru pada 2022 di Qatar. Achraf Hakimi dkk bahkan bisa menjadi wakil Afrika pertama yang mampu lolos hingga semifinal bahkan menjadi juara jika mampu memenangi laga perempatfinal melawan Portugal. Pada fase grup, Maroko berhasil memuncaki Grup F di atas Kroasia dan mampu membuat Belgia angkat koper lebih awal. Pada fase knock-out, Spanyol menjadi korban keganasan Maroko di babak 16 besar dengan kemenangan 3-0 (0-0) lewat adu penalti. (AFP/Javier Soriano)

 

17/11/07 UJC Prancis 2 - 2 Maroko

07/06/00 UJC Maroko 1 - 5 Prancis

20/01/99 UJC Prancis 1 - 0 Maroko

29/05/98 UJC Maroko P2 - 2 Prancis

 


Prediksi Susunan Pemain

Foto: Harry Kane Gagal Penalti, Inggris Disingkirkan Prancis di Perempatfinal Piala Dunia 2022
Sayang, Harry Kane yang kembali menjadi algojo akhirnya gagal pada kesempatan keduanya. Bola tendangannya melambung jauh di atas mistar gawang Hugo Lloris. (AP/Christophe Ena)

 

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Kounde, Varane, Upamecano, T Hernandez; Tchouameni, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe; Giroud.

Maroko (4-3-3): Bounou; Hakimi, El Yamiq, Benoun, Attiyat Allah; Ounahi, Amrabat, Amallah; Ziyech, En-Nesyri, Boufal.


Jadwal Pertandingan

Foto: Daftar 4 Pemain dengan Caps Terbanyak Bagi Masing-masing Tim di Grup D Piala Dunia 2022 Qatar, Semuanya Jadi Kapten Tim
Hugo Lloris. Kiper Prancis berusia 35 tahun yang kini tengah menjalani musim ke-11 bersama Tottenham Hotspur ini menjadi pemain aktif dengan penampilan terbanyak bagi Tim Ayam Jago dengan mengoleksi 139 caps sejak melakukan debut pada 19 November 2008. Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi Piala Dunia keempatnya dan mungkin yang terakhir, setelah selalu tampil dalam 3 edisi sebelumnya, 2010 hingga 2018 dan telah tampil dalam 14 laga dengan torehan 7 kali clean sheet dan kebobolan 13 gol. (AFP/Geoffroy van der Hasselt)

Kamis, 15 Desember 2022

02.00 Prancis vs Maroko

venue: Al Bayt

Live; SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola, Moji

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya