Tanpa Keringat, Dua Pemain Ini Jadi Juara Piala Dunia 2022 bersama Argentina

Ada dua pemain Timnas Argentina yang tidak bermain saat menjadi juara Piala Dunia 2022.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 19 Des 2022, 09:30 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 09:30 WIB
Argentina Selebrasi Juara Piala Dunia 2022
Para pemain Argentina merayakan keberhasilan memenangi gelar juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis melalui adu tendangan penalti dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta - Argentina sukses menjadi juara Piala dunia 2022 usai mengalahkan Prancis lewat adu penalti 3-3 (4-2) di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Pertandingan ini live di SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan live streaming di Vidio.

Dua gol Argentina tercipta di babak pertama, masing-masing dicetak Lionel Messi pada menit ke-23 lewat eksekusi penalti dan Angel Di Maria menit ke-36.

Prancis pantang menyerah. Kylian Mbappe mencetak dua gol di babak kedua untuk memaksakan laga berlanjut ke babak extra time.

Di babak extra time, Argentina sempat di atas angin usai Messi mencetak gol pada menit ke-108. Namun, Mbappe membukukan hattrick pada menit ke-118 untuk memaksa laga berlanjut ke babak adu penalti.

Argentina keluar sebagai juara setelah memenangi babak adu penalti dengan skor 4-2. Tim Tango pun sukses merengkuh trofi Piala Dunia ketiga mereka.

Sedangkan Prancis gagal mempertahankan gelar yang mereka raih pada edisi 2018 lalu.

Gelar ini tentu sangat spesial bagi Messi yang sebelumnya sudah mengisyaratkan Qatar 2022 menjadi Piala Dunia terakhirnya. Bomber Paris Saint-Germain (PSG) itu berencana untuk pensiun dari tim nasional.

Selain itu, keberhasilan ini juga menjadi pelengkap gelar dalam kariernya yang gemilang dalam dua dekade terakhir.

Bagi Argentina, ini menjadi gelar Piala Dunia ketiga mereka sepanjang turnamen ini digelar pada 1930. Sebelumnya, mereka menjadi juara pada edisi 1978 dan 1986.


Dua Pemain Tak Pernah Bermain

Lionel Messi mengangkat Trofi Piala Dunia 2022
Lionel Messi bersama pemain Argentina lainnya mengangkat trofi Piala Dunia setelah menjadi juara di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Senin (19/12/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

Pelatih Argentina Lionel Scaloni membawa 26 pemain untuk Piala Dunia 2022i. Lionel Messi, Nicolas Otamendi, dan Emiliano Martinez menjadi pemain yang selalu dimainkan selama turnamen.

Ketiga pemain tersebut mencatatkan total 690 menit pertandingan dalam tujuh laga. Sebaliknya, ada dua pemain yang tak pernah diturunkan Scaloni sejak babak penyisihan hingga laga final.

Mereka adalah dua kiper cadangan Geronimo Rulli dan Franco Armani. Penyebabnya tak lain karena penampilan gemilang dari Martinez.

Kiper Aston Villa itu tampil kokoh di bawah mistar gawang, Di partai final, dia juga mampu melakukan sejumlah penyelamatan termasuk pada babak adu penalti

Meski demikian, Geronimo Rulli dan Franco Armani tetap tercatat dalam sejarah keberhasilan Tmnas Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2022. Mereka juga berhak mendapatkan medali dari turnamen ini.


Rekor Lionel Messi

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama Argentina melalui eksekusi penalti ke gawang Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Selain membawa Argentina menjadi juara, Messi berhasil menyabet penghargan Golden Ball Award FIFA World Cup 2022.

Ia kini tercatat sebagai satu-satunya pemain yang memenangi Golden Ball Piala Dunia sebanyak dua kali (2014 dan 2022) sejak penghargaan ini diberikan pada 1982.

Selain itu, Messi juga menciptakan rekor sebagai pemain paling banyak berkontribusi untuk gol sebuah tim di Piala Dunia sejak 1966.

Pada laga final melawan Prancis, Messi mencetak dua gol, membuat torehannya total menjadi 12 gol sepanjang Piala Dunia.

Apabila ditambah dengan assist yang dicetak sepanjang partisipasinya di Piala Dunia, Messi secara total telah berpartisipasi dalam 20 gol timnas Argentina.

Menurut Opta, tidak ada pemain yang paling banyak berkontribusi untuk gol sebuah tim di Piala Dunia sejak 1966 selain Messi.

 

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya