Kabar Baik buat Arsenal, Cedera Thomas Partey Tidak Parah!

Arsenal mendapat kabar baik. Pemain andalannya Thomas Partey tak mengalami cedera parah usai ditarik keluar di babak kedua pertandingan Piala FA melawan Manchester City pada Sabtu (28/1/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Jan 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2023, 15:30 WIB
Thomas Partey
Gelandang Arsenal, Thomas Partey, kabarnya tak mengalami cedera serius meski sempat ditarik keluar di babak kedua pertandingan Piala FA melawan Manchester City pada Sabtu (28/1/2023) lalu. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta Arsenal bisa bernapas lega. Pemain andalannya Thomas Partey tak mengalami cedera parah. Ia bahkan diperkirakan sudah bisa tampil membela The Gunners saat timnya melakoni laga kontra Everton di Liga Inggris pada Sabtu (4/2/2023).

Sebagai informasi, Partey sebelumnya menjadi tumbal kekalahan Arsenal dari Manchester City di laga putaran keempat Piala FA 2022/2023, Sabtu (28/1/2023). Pemain internasional Ghana ditarik keluar lantaran mengalami masalah di tulang rusuknya.

Adapun Partey merupakan salah satu pemain penting buat The Gunners. Ia sukses menunjukkan performa apik sejak awal musim ini. Kehadirannya sebagai starter juga sempat membantu Arsenal tampil solid di babak pertama melawan The Citizens.

Sayangnya, pesepak bola berusia 29 tahun tak sempat bermain di paruh kedua. Ia mendadak ditarik keluar pasca turun minum. Manajer Arsenal Mikel Arteta mengungkap anak asuhnya memang merasa tidak nyaman di bagian tulang rusuk.

Akibat hal itu, Partey tak bisa melanjutkan pertandingan. Sang pelatih enggan mengambil risiko, dan memilih untuk mengganti eks pemain Atletico Madrid dengan Albert Sambi Lokonga.

“Dia merasakan sesuatu, dan kami tidak ingin mengambil risiko apa pun. Oleh karenanya, dia tidak bisa melanjutkan (permainan),” ujar Mikel Arteta saat menjelaskan alasan Partey ditarik keluar dalam babak kedua laga kontra Manchester City di Piala FA.

“Dia merasa tidak nyaman dan (kondisi) itu makin buruk, jadi dia tidak bisa meneruskan (pertandingan). Dia tidak nyaman untuk melanjutkannya,” tambah manajer asal Spanyol.


Hasil Pemeriksaan

Manchester City Vs Arsenal
Striker Manchester City, Erling Haaland, berduel dengan gelandang Arsenal, Thomas Partey, dalam memperebutkan bola pada laga putaran keempat Piala FA di Stadion Etihad, Sabtu (28/1/2023) dini hari WIB. Man City menang 1-0 atas The Gunners pada duel tersebut. (AFP/Oli Scarff)

Segera setelahnya, Thomas Partey diminta menjalani pemindaian. Hal tersebut dilakukan agar pihak klub dapat mengetahui secara pasti masalah yang dialami sang pemain.

“Lusa dia harus menjalani pemindaian MRI untuk melihat (masalah) apa yang dia miliki,” tutur juru taktik Arsenal berusia 40 tahun pasca kekalahan timnya dari Manchester City beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Metro.

Belakangan terungkap bahwa pemeriksaan menunjukkan kondisi Partey tidak parah. The Sun mengeklaim sang pemain sejatinya masih harus menunggu hasil MRI. Walau begitu, penilaian awal mengindikasikan cedera Partey tidak serius.

Penggawa Timnas Ghana pun diharapkan bakal kembali tersedia saat timnya bertandang ke markas Everton di Goodison Park. Jasa Partey sangat diperlukan demi menghindari kejatuhan Arsenal, yang saat ini tengah nyaman bertengger di puncak klasemen.


Pengaruh Signifikan

Manchester City Tumbang Arsenal
Penyerang Erling Haaland dari Manchester City berebut bola dengan gelandang Arsenal, Thomas Partey selama pertandingan putaran ke-4 Piala FA di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (28/1/2023). Hasil ini membawa Manchester City lolos ke putaran kelima Piala FA 2022-2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Arteta sendiri sebelumnya tak menampik bahwa keberadaan Thomas Partey memang berpengaruh signifikan bagi performa skuadnya. Apalagi opsi di lini tengah The Gunners sedang berkurang menyusul cedera yang dialami Mohamed Elneny.

“Saat ini kami dilanda cedera Mo (Elneny)–tidak mungkin membuatnya fit (dalam waktu singkat). Sambi masuk (di babak kedua laga kontra Manchester City), dan saya pikir dia melakukannya dengan baik,” tutur Arteta.

“Memang benar bahwa Thomas berpengaruh besar (bagi tim). (Dia adalah sosok) dengan kepribadian luar biasa serta penggawa penting dalam skuad kami. Di babak kedua (pertandingan Piala FA melawan The Citizens), kami tidak memilikinya,” sambung dia.


Rekrutan Baru

Ekspresi Pemain Arsenal Usai Tersingkir di Piala FA, Martin Odegaard Tertunduk
Pelatih Arsenal Mikel Arteta (tengah) berjalan sambil bertepuk tangan usai pertandingan melawan Manchester City pada putaran keempat Piala FA di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (28/1/2023). Kekalahan ini membuat Arsenal gagal lolos ke putaran kelima Piala FA 2022/2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Terlepas dari kondisi Partey, Mikel Arteta bisa mendapat tambahan amunisi untuk memperkuat lini tengah skuadnya. Pihak klub baru-baru ini dilaporkan telah mengajukan tawaran 60 juta poundsterling untuk mengontrak pemain Brighton & Hove Albion, Moises Caicedo.

The Seagulls sejatinya belum mengiyakan proposal tersebut. Mereka diperkirakan masih ingin mengincar mahar lebih besar, yakni mencapai 80 juta poundsterling, dari klub yang meminati jasa pemain internasional Ekuador.

Kendati demikian, Caicedo sendiri telah mengonfirmasi keinginannya untuk hengkang dari klub. Metro memprediksi kesepakatan antara kedua belah pihak berpotensi terlaksana sebelum jendela transfer Januari resmi ditutup.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya