Cuaca Dingin Sambut Kedatangan Timnas Indonesia U-20 di Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan Irak pada laga perdana Piala Asia U-20 2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 28 Feb 2023, 13:03 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 15:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Timnas Indonesia U-20 sudah tiba di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (25/2) untuk mengikuti Piala Asia U-20. Cuaca dingin menyambut Garuda Nusantara setibanya di Tashkent, Uzbekistan. (dok PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Cuaca dingin jadi tantangan bagi timnas Indonesia U-20 yang saat ini tengah berada di Uzbekistan. Pasukan Shin Tae-yong seperti diketahui bakal mengikuti turnamen Piala Asia U-20, 1-18 Maret 2023.  

Pada kejuaraan ini, Indonesia berada di grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan. Laga perdana, Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret 2023 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 sudah tiba di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (25/2). Begitu tiba di Tashkent, skuad Garuda Nusantara langsung disambut suhu dingin yang bisa mencapai 2 derajat Celcius.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan masih fokus ke proses adaptasi dan aklimatisasi para pemainnya sebelum memberikan latihan teknik maupun taktik. Garuda Nusantara sudah berlatih dua kali di Tashkent.

"Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik, tapi adaptasi dengan cuaca yang agak sulit, jadi mungkin perlu waktu," kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari situs resmi PSSI. 

Shin Tae-yong tidak memungkiri bahwa perbedaan iklim di Uzbekistan dengan Indonesia membuat pemainnya kesulitan. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang hanya mengalami musim panas dan hujan, sedangkan di Uzbekistan saat ini tengah memasuki puncak musim dingin.

"Cuaca seperti ini belum pernah dialami oleh para pemain, jadi tentu tidak mudah bagi kami," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanpa Marselino Ferndinand

Foto: Marselino Ferdinan Cetak Gol, Timnas Indonesia U-20 Bungkam Vietnam dan Lolos Piala Asia U-20 2023
Timnas Indonesia U-20 sukses membungkam Vietnam U-20 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah memastikan Marselino Ferdinan tidak akan bermain pada Piala Asia U-20 2023 Uzbekista mulai 1 Maret mendatang. Shin Tae-yong mengonfirmasi bahwa klub baru Marselino, KMSK Deinze, tak rela melepas sang penggawa ikut ke Uzbekistan mengikuti Piala Asia U-20 2023.

Kubu Belgia hanya akan membiarkan Marselino bergabung dengan Garuda Nusantara selama masa persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 pada Mei hingga Juni mendatang.

“Pasti Marselino tidak akan ikut ke Uzbekistan,” tutur pelatih Timnas Indonesia dalam konferensi pers selepas laga uji coba kontra Guatemala, Selasa (21/2/2023), seperti dilansir dari Antara.

“Jadi, tanggal 8 April, begitu selesai pertandingan timnya (KMSK Deinze), Marselino bakal bergabung ke timnas (Indonesia) sampai tuntas Piala Dunia U-20 2023,” sambung juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

 

 


Sempat Negosiasi

Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat pertandingan Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (23/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

ar informasi, Shin Tae-yong bersama stafnya sejatinya sudah berupaya menegosiasikan kepulangan Marselino Ferdinan ke Tanah Air. Apalagi, mantan pemain Persebaya Surabaya itu memang dianggap memiliki peran penting di Garuda Nusantara.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 mengaku pihaknya sempat menjalin komunikasi dengan KMSK Deinze. Klub divisi dua Liga Belgia itu juga pernah meminta beberapa berkas dari federasi. Namun setelahnya, Shin Tae-yong tak lagi mendengar kabar dari mereka.

“Untuk Marselino, staf pelatih kita sudah kontak dengan klubnya tiga hari yang lalu, dan mereka meminta beberapa berkas dari federasi,” bebernya dalam konferensi pers pasca laga melawan Selandia Baru di SUGBK, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023).

“(Kami) sudah setuju untuk memberikan berkas tersebut, tetapi sampai saat ini tidak ada jawaban lagi dari klubnya. Sebelumnya, ada tawaran meeting dengan saya langsung, saya juga sudah setuju, tetapi tidak ada jawaban lagi (dari KMSK Deinze),” tambahnya.

 


Persiapan Timnas Indonesia U-20

Garuda Nusantara sendiri bakal dihantam jadwal padat dalam waktu dekat. Tak hanya unjuk gigi di Piala Asia U-20, Muhammad Ferarri dan kawan-kawan juga harus menjamu negara-negara sepak bola papan atas dalam Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong telah merancang sejumlah agenda demi mempersiapkan anak-anak asuhnya jelang menghadapi dua turnamen tersebut. Juru taktik asal Korea Selatan memanggil setidaknya 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) sejak 1 Februari.

Eks pelatih Taeguk Warriors juga menurunkan Garuda muda untuk bertarung dalam laga uji coba internasional melawan Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 17, 19, dan 21 Februari lalu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya