Timnas Indonesia U-20 Lawan Suriah, STY Minta Perbaiki Penyelesaian Akhir dan Kurangi Blunder

STY meminta timnas Indonesia U-20 berbenah dan bangkit. Dia kembali menyoroti penyelesaian akhir.

oleh Thomas diperbarui 03 Mar 2023, 21:15 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 21:15 WIB
Piala Asia U-20 2023: Indonesia U-20 vs Irak U-20
Para pemain starter Timnas Indonesia U-20 berfoto sebelum dimulainya laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 menghadapi Irak di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-20 akan melakoni laga kedua di Piala Asia U-20 dengan melawan Suriah pada Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Laga ini sangat menentukan nasib Indonesia dan juga Suriah setelah sama-sama kalah di laga pertama.

Pada laga pertama di Uzbekistan, timnas Indonesia keok ketika melawan 10 pemain Irak. Pasukan Shin Tae-yong kalah dua gol tanpa balas. Suriah juga menelan kekalahan dengan skor serupa kala bersua Uzbekistan.

Situasi ini membuat Suriah dan Indonesia terpuruk di posisi tiga dan empat klasemen Grup A Piala Asia U-20. Baik Indonesia maupun Suriah harus menang di laga kedua.

Kondisi menyulitkan ini disadari STY. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya lebih berani dan percaya diri lagi di laga kedua sehingga tidak terjadi seperti saat melawan Irak.

"Karena kita kalah di laga pertama, saya meminta pemain mempersiapkan diri lebih baik lagi. Meminta pemain melakukan permainan lebih berani lagi dan percaya diri dibanding sebelumnya," ujar STY dalam jumpa pers virtual, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaikan

Piala Asia U-20 2023: Indonesia U-20 vs Irak U-20
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memberikna instruksi kepada para pemainnya saat menghadapi Irak U-20 pada laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

STY juga menyoroti buruknya penyelesaian akhir. Pada saat melawan Irak, Indonesia punya dua peluang emas di awal laga lewat Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh tapi tak membuahkan gol karena bisa ditepis kiper. STY turut meminta pemainnya mengurangi kesalahan sendiri.

"Karena suriah juga kalah jadi pastinya akan lebih cenderung menyerang melawan Indonesia. Kita harus bertahan lebih baik. Tidak boleh membuat kesalahan sendiri. Finishing juga harus lebih baik dr sebelumnya," kata STY.


Minta Dukungan

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu kembali meminta dukungan masyarakat Indonesia. STY berharap pecinta bola bersabar karena yakin permainan timnas Indonesia U-20 akan membaik saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Mei nanti.

"Jadi pastinya tim ini belum full skuad tolong jangan kecewa dengan permainan kita. Mei nanti akan full jadi pasti akan lebibh baik permainannya. Mohon dukungannya," imbuh STY.

Adapun mengenai belum panasnya permainan timnas Indonesia di Piala Asia U-20, STY menyalahkan kondisi cuaca. Menurutnya para pemain kesulitan dengan cuaca dingin di Uzbekistan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya