Ukir Rekor Baru di Arsenal, Bukayo Saka Mencuri Perhatian dan Bikin Gary Lineker Rela Berikan Suaranya

Bukayo Saka menjadi salah satu pemain Arsenal yang mampu catatkan 10 atau lebih gol dan assist di Liga Inggris dalam satu musim.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 20 Mar 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 20:00 WIB
Foto: Meski Jadi Andalan, 5 Pemain Muda Berikut Nyatanya Masih Digaji Rendah di Liga Inggris musim 2022 / 2023
Selebrasi gelandang Arsenal, Bukayo Saka setelah menjebol gawang Everton pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Emirates Stadium, London (1/3/2023). Bukayo Saka makin menunjukkan permainan impresif di lini tengah Arsenal sejak dipromosikan dari tim U-23 pada awal musim 2019/2020. Musim 2022/2023 ini ia telah mencetak 10 gol dan 9 assist dari total 27 laga di Liga Inggris. Namun ia hanya menerima gaji sebesar 33 ribu pound sterling atau setara Rp614 juta per pekan. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal kembali meraih kemenangan dalam lanjutan Liga Inggris ketika menjamu Crystal Palace di Emirates Stadium, Minggu (19/3/2023). Menang 4-1, The Gunners semakin kokoh berada di puncak klasemen berjarak delapan poin dengan Manchester City di posisi kedua.

Bukayo Saka tampil gemilang dalam laga ini. Selain mencetak dua gol (43’ dan 74’), pemain berusia 21 tahun itu juga mengukir 1 assist. Dua gol lainya lahir dari Gabriel Martinelli (28’) dan Granit Xhaka (55’). 

Atas torehan ini, Saka mencetak rekor baru selama berseragam The Gunners. Dia kini salah satu pemain Arsenal yang catatkan 10 atau lebih gol dan assist di Liga Inggris dalam satu musim (12 gol dan 10 assist).

Torehan ini juga lebih baik dari tahun lalu (2021/2022) di mana Saka mengantongi 12 gol dan 7 assist dari 43 penampilannya di semua ajang. Dan bukan tidak mungkin pemain asal Inggris tersebut masih akan menambah pundi-pundi golnya mengingat musim ini masih belum berakhir

Saka juga menjadi pemain Arsenal pertama yang mampu mencatatkan rekor tersebut sejak terakhir dilakukan oleh Alexis Sanchez (24 gol dan 10 assist) pada musim 2016/2017.


Tidak Terkejut

Kalahkan Manchester United, Pelatih Arsenal Mikel Arteta Luapkan Kegembiraan Usai Pertandingan
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Manchester United pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London (22/1/2023). Gol kemenangan Arsenal di cetak Eddie Nketiah dua gol dan Bukayo Saka. (AFP/Glyn Kirk)

Dilansir dari Mirror, Manajer Arsenal, Mikel Arteta tidak terkejut dengan performa apik yang ditampilkan Bukayo Saka di atas lapangan hijau. Ketika ditanya mengenai penampilan Saka dan Gabriel Martinelli, manajer asal Spanyol itu hanya menjelaskan bagaimana mereka telah melakukan hal yang benar baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Hanya memastikan setiap harinya mereka melakukan hal yang benar. Mereka makan makanan yang benar, mereka hidup dengan cara yang benar dan semua yang mereka masukkan ke dalam otak merupakan informasi yang benar sehingga tidak membuat mereka kebingungan,” ungkap Arteta.

Dengan begitu, sang manajer tidak terkejut jika para pemainnya dapat secara konsisten melakukan pekerjaannya dengan baik.

“Mereka berada di lingkungan yang tepat, keluarga yang tepat, agen yang tepat. Sehingga bukan kebetulan bahwa mereka berperilaku konsisten seperti yang mereka lakukan sekarang ini dan itulah mengapa mereka dapat menunjukkan level yang mereka lakukan,” sambungnya.


Tuai Pujian

Foto: 5 Pemain yang Menjadi Top Skor di Liga Inggris dengan Lebih Dari 1 Klub, Gary Lineker Melakukannya Dengan 3 Klub Berbeda
Menjadi kebanggaan tersendiri tentunya jika seorang pemain berhasil meraih predikat sebagai top skor di kompetisi Liga Eropa, seperti di Liga Inggris yang begitu kompetitif. Apalagi jika dilakukan dengan lebih dari satu klub, seperti 5 pemain berikut ini. (AFP/Justin Tallis)

Tidak bisa dipungkiri, Bukayo Saka telah menjadi pemain kunci bagi Arsenal sepanjang musim 2022/2023 berjalan. Menyusul penampilan luar biasanya ketika The Gunners mengalahkan Crystal Palace, mantan penyerang Inggris Gary Lineker memuji Saka sebagai pemain terbaik tahun ini.

“Pemain yang luar biasa. Jika kami harus memberikan suara besok untuk pesepakbola terbaik tahun ini, ia (Saka) akan mendapatkan suara saya (sebagai anggota Football Writers Association saya tentu mendapatkan suara),” kata Lineker melalui akun Twitternya.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya