Menpora Dito Ariotedjo Disarankan Tetap Berkoordinasi dengan Zainudin Amali

Dito Ariotedjo baru saja resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

oleh Thomas diperbarui 05 Apr 2023, 17:57 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2023, 14:00 WIB
Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo bersama pendahulunya Zainudin Amali (Ist)

Liputan6.com, Jakarta- Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa'aduddin Djamal menyambut baik terpilihnya Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru menggantikan Zainudin Amali. Dito diharapkan dapat terus berkoordinasi dan melanjutkan program-program peninggalan Amali.

Seperti diketahui, Dito pada awal April 2023 resmi ditunjuk sebagai Menpora baru. Kursi Menpora sempat diisi Plt Muhadjir Effendy selama beberapa saat setelah Amali mundur karena ingin fokus sebagai wakil ketua umum PSSI.

Dengan telah resmi menjadi Menpora sejak 3 April 2023, Dito tercatat sebagai menteri termuda di kabinet Joko Widodo saat ini. Dito Ariotedjo baru berusia 32 tahun.

"Saya mengucapkan selamat kepada mas menteri yang baru atas pelantikannya. Saya sangat surprise Menteri yang dipercaya oleh Presiden sangat Milenial. Saya ikut Bangga," ujar Illiza Selasa (4/4/2023).

Dalam hal ini, Illiza mengatakan bahwa Dito harus melakukan koordinasi dengan Menpora sebelumnya yaitu Zainudin Amali.

"Mas Menteri tetap harus berkoordinasi dengan Menteri senior yang selama ini menurut pandangan saya cukup sukses dalam mengemban amanah," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terobosan Baru

Foto: Gerak Cepat Menpora Dito Ariotedjo, Sambangi Pelatnas Tim Renang Indonesia Jelang SEA Games 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo memberikan keterangan kepada wartawan saat mengunjungi Pelatnas Tim Pelatih Renang Indonesia menjelang SEA Games 2023 di Stadion Akuatik GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (05/04/2023). Indonesia akan mengikuti perhelatan olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut pada 5 hingga 17 Mei 2023 di Kamboja. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Politisi PPP ini berharap Dito dapat melanjutkan dan meningkatkan program-program yang telah dibangun oleh Zainudin Amali saat menjadi Menpora.

"Dan saya berharap juga mas Menteri sebagai Menteri muda punya terobosan-terobosan baru di bidang olahraga dan kepemudaan," tuturnya.

"Selamat bekerja mas Menteri semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik baiknya. Ditunggu terobosan-terobosanya," kata Illiza.


Siap Memimpin

Dalam sambutan jelang serah terima jabatannya, Dito tak menampik bahwa statusnya sebagai menteri paling muda berpotensi menimbulkan keraguan dari berbagai pihak terkait kredibilitas kepemimpinannya. Walau begitu, ia menegaskan siap pasang badan demi bergerak memajukan olahraga Indonesia.

“Mungkin (bagi) Bapak/Ibu di sini, ini merupakan hal yang pertama kali dirasakan–mendadak dipimpin oleh anak yang hampir seumuran dengan anak atau cucunya,” tutur Dito dalam pernyataan pada Selasa (4/4/2023).

“Saya tidak masalah diragukan, tetapi saya sudah memberikan komitmen bahwa saya berdiri di sini atas kepercayaan Bapak Presiden. Jadi, apa pun yang saya hadapi, saya akan  pasang badan dan bergerak demi memajukan olahraga Indonesia.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya