Ronald Koeman Dukung Lionel Messi Pulang ke Barcelona, Tahu Betul Momen Perpisahan dengan La Pulga

Ronald Koeman mendukung Lionel Messi kembali menjadi pemain Barcelona. Pelatih asal Belanda itu tahu betul bagaimana perpisahan Messi dengan Barca tidak berlangsung dengan benar.

oleh Defri Saefullah diperbarui 16 Apr 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 07:00 WIB
FOTO: Barcelona Susah Payah Kalahkan Rayo Vallecano
Momen saat Ronald Koeman (kanan) masih melatih Lionel Messi di Barcelona. Pelatih asal Belanda itu dukung Messi untuk kembali (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta Ronald Koeman tahu betul dengan situasi kontrak yang dialami Barcelona dengan Lionel Messi. Koeman membutuhkan Messi tapi tiba-tiba pergi di tahun keduanya berada di Barca.

Koeman yakin Barcelona bisa bersaing kembali dengan klub besar di Eropa musim depan. Apalagi kalau Messi kembali lagi dengan Barca.

"Dia pemain terbaik di dunia. Tim manapun yang memiliki dia bakal kuat," kata Koeman seperti dikutip Marca.

"Saya menyaksikan langsung kepergiannya dan itu hari buruk. Saat saya melihat Leo pakai jersey lain, saya merasa itu aneh."

Koeman mengaku tak tahu berapa besar peluang Messi kembali. "Yang pasti saya dukung Messi kembali jadi pemain Barcelona," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koeman Komentari Barcelona yang Lebih Kuat

Foto: Barcelona Kokoh Dipuncak Klasemen, Real Madrid Terseok
Selebrasi pemain Barcelona, Jordi Alba (kanan) dan Gavi dalam pertandingan pekan ke-20 La Liga 2022/2023 melawan Sevilla yang berlangsung di Camp Nou, Senin (6//2/2023). Jordi Alba dan Gavi masing-masing mencetak satu gol dalam pertandingan ini. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Koeman menjalani masa buruk di Barca. Selain ditinggalkan Messi, dia juga kesulitan dapat pemain baru.

"Barcelona hampir pasti akan memenangkan gelar juara Liga Spanyol dan tentu mereka sudah membaik. Ini momen berbeda, skuad sudah tambah kuat," katanya.

"Pelatih buruk atau bagus tergantung kepada hasil. Saya melihat pertandingan Barca saat ada pemain cedera, tapi ada pemain bagus di lapangan. Di bangku cadangan ada Alba yang buat saya full back terbaik di Spanyol."

 


Koeman Komentari Kasus Negreira yang Hantam Barcelona

Pedri, Barcelona
Pedri menyumbang satu gol dalam duel Supercopa de Espana antara Barcelona versus Real Madrid di Supercopa de Espana Di King Fahd Stadium, Arab Saudi, Senin (16/1/2023) WIB. (AP/Hussein Mala)

 

Koeman juga komentari soal kasus suap yang diduga dilakukan Barcelona dengan mantan presiden komite wasit, Negreira. Bersalah atau tidak, dia meyakini masalah ini sudah merusak reputasi Barcelona.

"Ini sudah memengaruhi citra Barcelona. Saya perhatikan di Belanda kalau orang berpikir lain sekarang," katanya.

"Barcelona sudah kehilangan banyak reputasi mereka. Ini sama sekali tak membantu. Saya tak bisa bicara lebih karena tak tahu apa yang terjadi."

 


Koeman Mau Ngopi dengan Joan Laporta?

Foto: 7 'Dosa' Ronald Koeman di Barcelona
Ketiga, presiden klub Barcelona, Joan Laporta (kiri) dan Ronald Koeman memiliki hubungan yang kurang harmonis. Bahkan pada awal musim 2021/2022, presiden memberi tahu Koeman bahwa dirinya sedang mencari opsi pelatih alternatif. (AFP/Cristina Quicler)

 

Koeman memang sempat sakit hati karena dipecat Presiden Barcelona, Joan Laporta. Namun itu tak menghentikan dirinya untuk kembali bicara dengan Laporta bahkan untuk sekadar ngopi.

"Itu masa sulit saya pikir. Kami tak seharusnya bicara soal masa lalu," kata Koeman.

"Klub punya pendapat sendiri soal saya. Saya sudah bicara apa yang saya pikirkan, sekarang kami harus menatap masa depan. Barcelona terus melaju, saya juga. Rasa sakit akan lewat seiring waktu berjalan."


Peringkat Barcelona di Liga Spanyol

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya