Liverpool Gasak Leeds United, Mohamed Salah Resmi Jadi Raja Kaki Kiri di Liga Inggris

Mohamed Salah resmi menjadi pencetak gol terbanyak lewat kaki kiri di Liga Inggris. Semua ini ditorehkannya saat Liverpool kalahkan Leeds United.

oleh Defri Saefullah diperbarui 19 Apr 2023, 00:02 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2023, 00:02 WIB
Mohamed Salah
Mohamed Salah (kanan), mencetak dua gol dalam kemenangan Liverpool 6-1 atas Leeds United pada pekan ke-31 Premier League 2022/2023 di Elland Road, Selasa (18/4/2023) dini hari WIB. (AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta Mohamed Salah mencetak rekor saat mencetak Liverpool menggasak Leeds United 6-1 pada lanjutan Liga Inggris di stadion Elland Road, Selasa (18/4/2023). Dia menyumbang 2 gol pada laga tersebut.

Saat mencetak gol pertama, Salah pun sudah resmi kalahkan legenda Liverpool, Robbie Fowler sebagai pencetak gol terbanyak dengan kaki kiri. Kini, Salah menjadi pencetak gol tersubur dengan kaki kiri di Liga Inggris dengan 107 gol.

Mohamed Salah berpeluang untuk menjaga rekor ini dalam waktu yang lama. Apalagi rival terdekat, yang masih main hingga saat ini, Riyad Mahrez masih jauh di belakang dengan 65 gol.

Sedangkan rival Salah lainnya sudah pensiun. Ya, 8 pemain yang ada di 10 besar semuanya sudah akhiri karier di sepak bola.

Mohamed Salah secara keseluruhan tertinggal jauh dari Erling Haaland di daftar top skor Liga Inggris. Salah terpaut 17 gol dari Haaland yang kini nyaman di puncak daftar top skor Liga Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Pencetak Gol Terbanyak dengan Kaki Kiri di Liga Inggris

Foto: Daftar 5 Raja Gol dalam Duel MU Kontra Liverpool Sepanjang Sejarah Premier League
Pemain Liverpool, Mohamed Salah (tengah) dijaga ketat dua pemain Manchester United, Fred (kiri) dan Diogo Dalot pada laga Premier League 2022/2023 di Anfield Stadium, Liverpool (5/3/2023). Mohamed Salah menahbiskan diri menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak pada laga Liverpool kontra manchester United sepanjang sejarah Premier League Liga Inggris. Dengan tambahan 2 gol dan 2 assist saat The Reds membantai MU 7-0 di laga terakhir (5/3/2023), hingga kini ia telah mencetak total 10 gol dan 4 assist dari 11 laga. (AP Photo/Jon Super)

 

Mohamed Salah – 107

Robbie Fowler – 105

Robin van Persie – 94

Ryan Giggs – 83

Riyad Mahrez – 65

Romelu Lukaku – 60

Olivier Giroud – 50

David Silva – 49

Daniel Sturridge – 47

Louis Saha – 46


Jurgen Klopp Yakin Bangkit

Foto: Liverpool Pesta Gol di Markas Leeds United pada Laga Lanjutan Liga Inggris, Putuskan Hasil Buruk Empat Laga Tanpa Kemenangan
Pemain Liverpool, Mohamed Salah menggiring bola saat laga pekan ke-31 Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds, Selasa (18/04/2023). The Reds menang dengan skor 6-1. (AP Photo/Rui Vieira)

 

 

Liverpool menghancurkan Leeds United 6-1 dalam lanjutan Liga Inggris di hadapan publik Elland Road, Selasa (18/4/2023) dini hari WIB. Hasil ini sekaligus menjadi kemenangan perdana The Reds setelah terakhir menang ketika membantai Manchester United 7-0 awal bulan lalu.

Usai laga melawan Leeds diakhiri dengan sangat baik, manajer Liverpool Jurgen Klopp mengklaim jika ini merupakan awal dari versi Liverpool yang baru.

“Kami dapat membangun sesuatu yang baru, sesuatu yang sedikit berbeda,” ujar Klopp.

Liverpool pun berharap ini dapat menjadi dorongan yang sedikit terlambat bagi mereka untuk dapat finis di empat besar meski sepertinya terlihat sangat tidak mungkin. Mohamed Salah dan rekan-rekan sendiri saat ini bertengger di urutan kedelapan klasemen sementara Liga Inggris dan berjarak sembilan poin dari Newcastle United di posisi keempat.

Dalam sesi wawancara pasca pertandingan, Klopp mengungkap jika ia lebih tertarik untuk melihat gambaran yang lebih besar daripada berfokus pada di mana timnya akan menyelesaikan musim ini.

“Saya tidak tahu di mana kita akan berakhir. Tapi itu akan berlanjut setelah musim. Itu sebabnya kami membutuhkan semua hasil dan penampilan untuk dibangun dan dipahami, sehingga kami dapat membangun sesuatu yang baru sesuatu yang sedikit berbeda,” ujar eks manajer Borussia Dortmund tersebut seperti dilansir dari Sky Sports.

 


Jurgen Klopp Ingin Pemain Liverpool Jaga Semangat

Foto: 5 Bintang Liga Inggris dengan Gaji Tertinggi, Dua di Antaranya dari MU
Pemain Liverpool, Mohamed Salah berusaha mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, 1 April 2023. Salah menandatangani kontrak baru sampai tahun 2025 mendatang pada tahun lalu. Dengan kontrak barunya itu, ia mendapatkan bayaran sebesar 373.750 pounds per pekan. (AFP/Paul Ellis)

 

Lebih lanjut, Jurgen Klopp juga lebih menginginkan timnya untuk mempertahankan semangat dan gairah yang ditunjukkan dalam duel melawan Leeds tersebut hingga setidaknya akhir musim ini.

“Jika kami tidak bisa mendapatkan apa-apa musim ini, maka kami harus membangun penampilan yang bagus. Saya berpikir seperti itu daripada memikirkan di mana kami akan berakhir," katanya.

"Saya tidak tahu apakah kita bisa dekat (empat besar) tetapi itu tidak terlalu penting. Saya ingin melihat kami dengan keinginan, semangat dan pengertian yang sama seperti yang kami tunjukkan malam ini. Tugas kita adalah menemukan konsistensi itu,” ucap Klopp.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya