3 Wonderkid LaLiga yang Jarang Dapat Sorotan

Ternyata ada sejumlah bintang muda yang jarang tersorot oleh para penggemar sepak bola tetapi menarik untuk disaksikan perkembangannya.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 28 Apr 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 21:00 WIB
Menang Lawan Villarreal, Barcelona Makin Kokoh di Puncak Klasemen
Bek Barcelona, Jules Kounde berusaha merebut bola dari pemain Villarreal, Alex Baena selama pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Ceramica di Villarreal, Spanyol, Senin (13/2/2023). Barcelona berada di pucuk dengan koleksi 56 poin, unggul 11 poin atas tim peringkat kedua Real Madrid, namun Los Blancos baru memainkan 20 pertandingan. (AP Photo/Alberto Saiz)

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun sejumlah klub di LaLiga telah menghasilkan banyak bakat sepak bola luar biasa dari akademi mereka. Nama-nama seperti Pedri, Gavi, Ansu Fati, Yeremy Pino dan Nico Williams merupakan salah satu bukti kualitas akademi sepakbola di Spanyol.

Mungkin nama-nama yang tadi disebutkan sudah tidak asing lagi karena sering dibicarakan oleh banyak orang. Namun, ternyata ada sejumlah bintang muda yang jarang tersorot oleh para penggemar sepak bola tetapi menarik untuk disaksikan perkembangannya.

Salah satunya adalah punggawa Villareal Alex Baena. Musim 2022/2023 adalah musim pertamanya ia mulai rutin bermain sebagai starter di level teratas dan sejauh ini Baena telah mengantongi 10 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Angka yang cukup mengesankan untuk seorang pemain yang baru saja mendobrak posisi di tim utama.

Selain itu, pemain berkebangsaan Spanyol tersebut juga terkenal dengan umpan terobosannya yang akurat. Dari semua pemain yang mencatatkan 900 menit bermain atau lebih di lima liga top Eropa musim ini, hanya satu pemain yang memiliki lebih banyak rata-rata umpan terobosan per 100 sentuhan ketimbang Baena (1,9), yaitu Lionel Messi (2,4).

Dengan catatan tersebut, Baena bisa dibilang adalah sosok yang diinginkan semua pemain untuk menjadi rekan setimnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arnau Martinez

Liga Spanyol: Gol Tunggal Alvaro Morata Bawa Atletico Madrid Kalahkan Girona
Pemain Atletico Madrid Antoine Griezmann (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan pemain Girona Arnau Martinez pada pertandingan sepak bola Liga Spanyol di Stadion Montilivi, Girona, Spanyol, 13 Maret 2023. Gol tunggal Alvaro Morata membawa Atletico Madrid mengalahkan Girona. (LLUIS GENE/AFP)

Kemudian, ada bek kanan Arnau Martinez yang merupakan salah satu pilar penting dalam perjalanan Girona di musim 2022/2023 ini. Sementara ini, hanya ada tiga klub yang mencetak gol lebih banyak dari Girona (48) di La Liga, yaitu Barcelona, Reak Madrid dan Atletico Madrid. Dan dengan gaya bermain skuad besutan Michel yang biasa membangun serangan dari belakang, sosok yang dapat berpikir cepat serta kaki yang lincah seperti Martinez sangat berperan besar.

Di usianya yang masih 20 tahun, Martinez telah menjadi salah satu pemain andalan mereka untuk meluncurkan serangan. Meski aslinya berposisi sebagai bek sayap, Martinez beberapa kali juga bertindak sebagai gelandang dan tidak jarang ia juga bermain sebagai keduanya.


Gabri Veiga

Gelandang Celta Vigo Gabri Veiga
Gelandang Celta Vigo Gabri Veiga. (MIGUEL RIOPA / AFP)

Terakhir ada gelandang milik Celta Vigo, Gabri Veiga. Di antara pemain yang telah bermain setidaknya setengah dari semua menit yang tersedia di La Liga musim ini, hanya dua dari mereka yang memiliki rasio menit per gol yang lebih baik (jika tidak memperhitungkan adu penalti) ketimbang Gabri Veiga (168), yaitu Robert Lewandowski (118) dan Alvaro Morata (135).

Sejauh ini, pemain berusia 20 tahun itu telah mengantongi sembilan gol di La Liga musim ini dan untuk seorang gelandang, angka itu cukup impresif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya