Menpora Dito Ariotedjo Jelaskan Alasan Timnas Indonesia U-22 Tak Ikut Pembukaan Pawai Kirab Juara

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi membuka pawai bertajuk Kirab Juara di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (19/5/2023) sekitar pukul 08.00 pagi WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Mei 2023, 10:24 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 10:24 WIB
Kirab Juara SEA Games 2023
Warga masyarakat memadati kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat menjelang dilewati Kontingen Indonesia, termasuk skuad Timnas Indonesia U-22 dalam acara Kirab Juara SEA Games 2023, Jumat (19/5/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi membuka pawai bertajuk Kirab Juara di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (19/5/2023) sekitar pukul 08.00 pagi WIB.

Acara ini merupkan bentuk apresiasi atas kerja keras kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Seperti diketahui, Indonesia berhasil finis di peringkat tiga klasemen akhir, dengan torehan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Berbagai sejarah baru juga sempat tercipta di ajang multi event se-Asia Tenggara itu, salah satunya ialah keberhasilan Timnas Indonesia U-22 mengakhiri paceklik emas cabang olahraga sepak bola selama 32 tahun.

Sayangnya, skuad Garuda Nusantara nampak tidak ikut dalam prosesi pembukaan pawai Kirab Juara di Kemenpora pada Jumat (18/5/2023). Timnas Indonesia U-22 sudah langsung bersiaga di atas kendaraan pawai di depan Gedung Kemenpora.

Dito Ariotedjo pun mengungkap alasan tidak hadirnya anak-anak asuh Indra Sjafri di pembukaan tersebut. Menurutnya keputusan ini diambil demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lantaran massa telah memadati area depan Kemenpora.

"Bapak Erick Thohir menyampaikan, di depan sudah menunggu tim bola karena ternyata masa sudah memblok," papar Dito saat acara pembukaan pawai Kirab Juara, Jumat (19/5/2023).

"Kalau turun (ikut acara pembuka) katanya bisa chaos, jadi kita bersama-sama nantinya dengan seluruh cabang olahraga yang hadir untuk keliling buat menyapa masyarakat yang bangga dengan kalian (kontingen Indonesia)," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suasana Arak-arakan Timnas Indonesia U-22

Kirab Juara SEA Games 2023
Warga masyarakat memadati kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat menjelang dilewati Kontingen Indonesia, termasuk skuad Timnas Indonesia U-22 dalam acara Kirab Juara SEA Games 2023, Jumat (19/5/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Perjalanan Timnas U-22 menuju Kantor Kemenpora sejak awal memang nampak tersendat akibat massa yang kenumpuk.

Menurut laporan yang diterima Liputan6.com, arak-arakan bus Timnas U-22 per pukul 08.34 WIB masih berada di kawasan Senayan mengingat tingginya animo suporter yang ingin menyaksikan kedatangan Garuda Musantara.

Para suporter dan pemain kompak menyanyikan chant-chant yang biasa berkumandang di area tribun stadion saat timnas berlaga sembari mengibarkan bendera Merah Putih dan juga semburan suar.

Rute Arak-arakan Timnas dan Kontingen IndonesiaKontingen Merah Putih bersama Timnas Indonesia U-22 yang tampil di SEA Games 2023 sudah memulai pawai sejak Jumat (19/5/2023) pagi.

Atlet-atlet olahraga dari sejumlah cabang olahraga mulai diarak dari Gedung Kemenpora, Jakarta, melewati Jalan Jenderal Sudirman Sudirman ke Bundaran HI, hingga finis di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Adapun masyarakat yang hendak menyaksikan arak-arakan diizinkan berdiri di sepanjang jalan dari GBK, menuju Sudirman dan Bundaran HI. Penggemar juga dapat menyaksikan seremoni yang digelar di depan patung panahan GBK pada Jumat (19/5/2023) siang WIB.


Pawai Sukses Indonesia di SEA Games 2023

Kirab Juara SEA Games 2023
Sejumlah warga masyarakat memadati Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat menjelang dilewati Kontingen Indonesia, termasuk skuad Timnas Indonesia U-22 dalam acara Kirab Juara SEA Games 2023, Jumat (19/5/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-22 dan para peraih emas di SEA Games 2023 hari ini, Jumat (19/5/2023), diarak keliling pusat kota Jakarta. Arak-arakan rencananya berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dengan dimulai dari kantor Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda Senayan.

Rute arak-arakan ini dari Kemenpora akan bergerak melewati FX Senayan kemudian ke Le Meridien - Stasiun Dukuh Atas - Bundaran HI (putar balik) - Jalan Sudirman - Patung Pemuda Membangun (putar balik) - FX Sudirman - masuk GBK - VIP Barat.

Rombongan akan berhenti sejenak di Bundaran HI. Rencananya ketua umum PSSI Erick Thohir akan memberikan sambutan lima sampai 10 menit di sana.

"Mari kita sambut kepulangan Timnas dan Medali Emas pertama setelah penantian 32 tahun. Untuk itu, @pssi berkoordinasi dengan Kemenpora, berinisiatif untuk mengadakan syukuran dalam menyambut kepulangan Garuda Muda Indonesia. Kamu diundang untuk datang dan meramaikan," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Instagram.

Karena arak-arakan berlangsung di hari kerja dan pagi hari, Erick Thohir juga tak lupa menyampaikan permohonan maaf kepada masyakarat di sekitar Senayan dan Sudirman yang kemungkinan akan terkena dampak arak-arakan ini.

"Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas antusiasme seluruh pecinta sepak bola. Mohon maaf apabila acara ini menimbulkan keramaian sehingga diberlakukan rekayasa lalu lintas oleh pihak berwenang," tutur Erick.

Exco PSSI Arya Sinulingga mengatakan maksud dan tujuan acara ini untuk menghormati pemain dan tim yang telah berhasil menyabet medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

"Ini medali emas yang sudah lama sekali ditunggu, yakni 32 tahun. Setelah terakhir kita merebutnya di SEA Games Manila, Filipina tahun 1991," kata Arya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (18/5/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya