Erick Thohir Berencana Bentuk Yayasan PSSI, Pengamat Sepak Bola: Ini Langkah Kemanusiaan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin membuat Yayasan PSSI yang nantinya bisa dijadikan medium untuk membantu mantan pemain dan pahlawan sepak bola Indonesia.

oleh Defri Saefullah diperbarui 30 Mei 2023, 21:05 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2023, 19:41 WIB
Press Conference Launching Tiket Timnas Indonesia vs Argentina
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan keterangan terkait tiket pertandingan FIFA Matchday 2023 antara Timnas Indonesia melawan Argentina di Media Center SUGBK, Jakarta, Senin (29/5/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terus melakukan gebrakan di sepak bola nasional. Salah satu gebrakan yang ingin dilakukannya yaitu membuat Yayasan PSSI.

Pembentukan yayasan PSSI ini didasari atas keprihatinan kondisi pahlawan sepakbola nasional yang memerlukan uluran tangan. Diharapkan,yayasan PSSI ini nanti bisa dirasakan manfaatnya oleh para pahlawan sepakbola Indonesia.

Rencana Erick Thohir membentuk Yayasan PSSI ini direspon positif oleh pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo. Menurutnya ide mulia dari Erick ini sejatinya sudah pernah dilakukan oleh pengurus PSSI sebelumnya.

Di masa kepemimpinan ketua PSSI Kardono (1983 - 1991), pembentukan yayasan PSSI ini sudah dimulai. Namun karena pergantian pengurus, yayasan yang seharusnya dapat diandalkan untuk memberikan bantuan dan pelayanan kepada pahlawan sepak bola Indonesia tak dapat terwujud.

Kesit menilai idealnya yayasan yang nanti akan dibuat ini dapat terus dilanjutkan. Meski Erick sudah tak menjabat ketua umum PSSI.

Selain itu, yayasan ini nantinya tak hanya memperhatikan atlet. Kesit berharap nantinya kesejahteraan wasit juga menjadi bagian dari yayasan PSSI ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Yayasan PSSI Bentuk Pegangan Hidup yang Jelas Buat Mantan Pemain dan Wasit

Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kanan) saat menyampaikan keterangan pers terkait penjualan tiket Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (29/5/2023). Erick Thohir mengatakan tiket termurah dijual dengan harga Rp 600 ribu, sementara harga tiket termahal Rp 4.250.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan adanya yayasan ini diharapkan mantan atlet pahlawan sepak bola serta wasit nantinya dapat hidup tenang dan memiliki pegangan yang jelas. Sehingga mantan atlet, wasit yang telah mengharumkan nama bangsa atau yang setelah tak menjadi pemain sepak bola kehidupannya dapat di bantu.

"Saya mengapresiasi rencana ketua umum yang akan membuat atau menghidupkan kembali yayasan PSSI. Menurut saya membuat atau menghidupkan yayasan PSSI merupakan langkah yang sangat bagus. Langkah ini merupakan langkah kemanusiaan," katanya seperti rilis yang diterima media.

"Ruang lingkup yayasan uini nantinya bisa dikembangkan tak hanya pemain namun atlet dan supporter. Sehingga nantinya yayasan ini nantinya bisa independen dan membebaskan PSSI dari politisasi dan money politics. Diharapkan nantinya PSSI bisa menjadi lambang kebanggan bangsa," ucap Kesit.

Kesit juga menambahkan, Erick Thohir harus membuat PSSI bisa sehat secara finansial. Keuntungan dari penjualan tiket Timnas Indonesia vs Argentina misalnya bisa dikontribusikan untuk pembentukan yayasan PSSI.

 


Dapatkan Dana untuk Yayasan PSSI dengan Gelar Turnamen Sepak Bola

Press Conference Launching Tiket Timnas Indonesia vs Argentina
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah), didampingi Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, saat jumpa pers di Media Center SUGBK, Jakarta, Senin (29/5/2023). Pada kesempatan tersebut PSSI memberikan keterangan terkait tiket pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Kesit mengakui harga tiket pertandingan timnas Indonesia dan Argentina premium dibandingkan turnamen sepak bola yang pernah dilakukan di Indonesia. Sebab sebagian besar mayoritas masyarakat pencinta bola memang belum sampai di level tersebut. Mau tidak mau untuk mendatangkan timnas Argentina membutuhkan dana yang luar biasa.

"Mungkin perlu dipikirkan pengurus PSSI untuk membuat turnamen sepak bola dengan mendatangkan timnas dari negara lain yang peringkatnya tidak seperti Argentina. Sehingga dengan banyaknya turnamen diharapkan tiket yang terjual dapat memberikan keuntungan bagi PSSI yang nantinya bisa dijadikan sebagai kontribusi ke yayasan yang akan dibuat Erick," kata Kesit.

 


PSSI Musti Libatkan Suporter

Suporter Timnas Indonesia U-20 di Stadio Gelora Bun Tomo
Suporter Timnas Indonesia U-20 memadati Stadion Gelora Bung Tomo saat pertandingan Grup F Kualifikasi  Piala Asia U-20 2023 antara Timnas Indonesia U-20 melawan Timnas Vietnam U-20, Minggu (18/9/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

 

Selain memperbanyak penjualan tiket dari turnamen, menurut Kesit ketua PSSI juga harus cerdik melihat potensi sponsor yang bisa dilibatkan untuk memberikan kontribusi terhadap yayasan PSSI. Kesit melihat pengurus PSSI selama ini belum dapat mengoptimalkan potensi pendapatan untuk yayasan dari sponsor.

"Erick bisa mengusahakan mendapatkan potensi sponsor baik itu dari swasta nasional maupun BUMN yang ingin berdonasi atau berkontribusi terhadap yayasan PSSI. Sehingga yayasan yang dicita-citakan dapat segera terwujud dan membuat industri sepak bola nasional menjadi semakin semarak,"pungkas Kesit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya