5 Laga Terakhir Argentina Tanpa Lionel Messi: Garuda Waspada, Tim Tango Tetap Menakutkan

Kekecewaan besar muncul setelah Timnas Argentina datang ke Indonesia tanpa megabintang sekaligus kapten Lionel Messi. Harapan pecinta sepak bola Tanah Air menyaksikan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu pun kandas.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 18 Jun 2023, 00:01 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 00:01 WIB
Lionel Messi
Lionel Messi nyaris selalu masuk skuad Argentina. Tapi dia absen saat menghadapi Timnas Indonesia. (Mark Ralston / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kekecewaan besar muncul setelah Timnas Argentina datang ke Indonesia tanpa megabintang sekaligus kapten Lionel Messi. Harapan pecinta sepak bola Tanah Air menyaksikan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu pun kandas.

Argentina bakal meladeni Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023). Sejak laga itu diumumkan, antusiasme masyarakat Tanah Air menggelora. Buktinya, tiket pertandingan laris dalam hitungan menit.

Namun, Messi hanya membela Argentina pada FIFA Matchday pertama Juni 2023 melawan Australia, Kamis (15/9/2023). Di laga itu dia membuka kemenangan La Albiceleste yang berjaya 2-0.

Setelah laga, pelatih Argentina Lionel Scaloni memberi libur kepada Lionel Messi serta dua pemain senior lainnya: Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi. Duel kontra Indonesia pun jadi kali pertama Messi absen membela Argentina dalam satu setengah tahun.

Sejak melakoni debut pada laga persahabatan melawan Hungaria, 17 Agustus 2005, Messi nyaris selalu masuk skuad Argentina. Hanya ada tiga alasan besar dirinya absen: cedera, skorsing, serta periode bimbang ketika berpikir untuk pensiun.

Di saat Messi absen, Argentina mengandalkan pemain berkualitas lain yang mereka miliki. Stok La Albiceleste memang banyak. Termasuk ketika pasukan Lionel Scaloni menghadapi Indonesia.

Berikut kinerja lima laga terakhir Argentina saat Messi berhalangan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lionel Messi Absen Bela Argentina Akibat Covid-19

Lionel Messi, Argentina Vs Australia
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, dengan name-set jersey menggunakan huruf China dalam laga kontra Australia di Worker's Stadium, China, Kamis (15/6/2023). (PEDRO PARDO / AFP)

Kali terakhir Messi absen membela Argentina terjadi saat menghadapi Chile pada kualifikasi Piala Dunia Qatar, 28 Januari 2022. Kala itu eks pemain Barcelona tersebut berhalangan karena masih dalam masa pemulihan setelah terjangkit Covid-19.

Meski tampil di markas lawan, Argentina tetap sukses mencuri kemenangan 2-1. Angel Di Maria dan Lautaro Martinez cukup bagi La Albiceleste untuk membuat gol Ben Brereton Diaz tidak berarti.

Pada FIFA Matchday yang berdekatan, Messi juga absen saat Argentina bersua Kolombia di penyisihan menuju Piala Dunia 2022. Dalam laga yang berlangsung 2 Februari 2022 itu, La Albiceleste berjaya 1-0 berkat gol Lautaro Martinez.

 


Messi Dijerat Sanksi Disiplin

Aksi Lionel Messi saat Argentina bersua Australia di China pada FIFA Match Day
Aksi Lionel Messi saat Argentina bersua Australia di China pada FIFA Match Day (AFP)

Sebelum terkena Covid-19, kali terakhir Messi absen membela Argentina terjadi usai terkena hukuman disiplin empat partai pada 2019. Dia dijerat larangan tiga bulan karena mengkritik wasit usai Argentina dikalahkan Brasil pada semifinal Copa America 2019.

Dalam periode itu Argentina menjalani tiga pertandingan. Salah satunya uji coba kontra Ekuador, 13 Oktober 2019. Argentina tanpa kesulitan menang 6-1.

Gol dicetak Lucas Alario, bunuh diri Jhon Espinoza, Leandro Paredes, German Pezzella, Nicolas Dominguez, dan Lucas Ocampos. Sedangkan angka bagi Ekuador disumbang Angel Mena.

Satu-satunya kegagalan Argentina meraih kemenangan pada lima laga terakhir tanpa Messi. Mereka bermain imbang 2-2 kontra raksasa asal Eropa Jerman.

Pada uji coba 9 Oktober 2019, Argentina tertinggal terlebih dahulu akibat ulah Serge Gnabry dan Kai Havertz. La Albiceleste selamat dari kekalahan berkat kontribusi Lucas Alario dan Lucas Ocampos.

Messi juga menghilang akibat sanksi pada partai persahabatan melawan Meksiko, 11 September 2019. Namun, lagi-lagi Argentina tidak terlalu merindukannya.

Mereka berjaya 4-0 berkat hattrick Lautaro Martinez dan Leandro Paredes.

Infografis Indonesia vs Argentina
Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Senin (19/9/2023). Argentina tak mainkan Lionel Messi dan memboyong 23 pemain (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya