Pelatih Pendamping Timnas Indonesia U-17 Bakal Bantu Bima Sakti Mulai Agustus

Timnas Indonesia U-17 sudah dapat pelatih pendamping dari Jerman. PSSI resmi merekrut Frank Wormuth untuk membantu Bima Sakti dalam masa persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 26 Jul 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 08:00 WIB
PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023.
PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023. (Bola.com/Dok.Twitter Timnas Jerman).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 sudah dapat pelatih pendamping dari Jerman. PSSI resmi merekrut Frank Wormuth untuk membantu Bima Sakti dalam masa persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wormuth bakal memulai tugasnya di skuad Garuda Asia pada Agustus mendatang. Ia dijadwalkan mendampingi anak-anak asuh Bima Sakti selama satu sampai dua minggu, sebelum kembali berjumpa saat pemusatan latihan di Jerman.

"Jadi, Coach Frank (Wormuth) akan hadir di Agustus, lalu ada penampingan seminggu hingga dua minggu di sini sampai dia mengerti karakteristik dan kondisi pemain, supaya waktu di Jerman kita tidak perlu ada adaptasi lebih panjang," papar Ketum PSSI saat memberi keterangan pers di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

"Di sanalah dia akan menyiapkan fasilitas, upgrading skill apa, lalu lawan bertanding apa yang cocok. Karena setiap tim juga kan punya gaya. Nah, ini yang dia coba lihat supaya waktu kita ke sana ada ekfektivitas, tidak perlu adaptasi terlalu panjang," tambah dia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 saat ini tengah melakoni persiapan untuk tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuad Garuda Asia ketiban durian runtuh usai Peru yang sebelumnya menyandang status sebagai tuan rumah dinyatakan kurang siap dari segi infrastruktur.

Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia U-17 pun langsung menggenjot pemantapan dengan mengadakan pemusatan latihan sekaligus seleksi sejak awal bulan ini. Ia juga memanggil beberapa nama diaspora untuk turut disaring bersama pemain lokal lainnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timnas Indonesia U-17 Bakal Lanjutkan Persiapan di Jerman

Foto: Seleksi Ketat Pemain Timnas Indonesia U-17 untuk Berlaga di Piala Dunia
Pemain Timnas Indonesia U-17 tampak ceria saat sesi latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sebanyak 34 pemain mengikuti seleksi skuad Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah ini, Timnas Indonesia U-17 bakal menjalani laga uji coba melawan Korea Selatan U-17 pada akhir Agustus. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi sarana pematangan sebelum Garuda Asia berangkat ke Jerman untuk melanjutkan persiapan.

"Tentu, dalam menyeleksi di Jerman pun bisa ada pemain-pemain yang dikembalikan atau ditambahkan. Kita juga coba, jangan sampai nanti ke Jerman ada lawan tanding, mentalnya tidak siap," tutur Ketum PSSI.

"Makanya kita tandingkan dulu (Timnas Indonesia U-17) sama Korea U-17. Mudah-mudahan kalau tidak ada yang berubah, (Indonesia vs Korea tanding pada) 30 Agustus. Mereka mintanya (main) di Jakarta, tidak mau di kota lain," tambah Erick.


Alasan PSSI Tunjuk Frank Wormuth

PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023.
PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023. (Bola.com/Dok.Twitter Timnas Jerman). 

Sebelumnya, PSSI telah menjelaskan alasan penunjukan Frank Wormuth sebagai pendamping Bima Sakti di Piala Dunia U-17 2023. Federasi sepak bola Indonesia mengaku yakin Wormuth punya jaringan yang cukup untuk membantu persiapan Timnas Indonesia U-17 selama di Jerman.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi Coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu empat bulan hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun Garuda Muda ini," ujar Ketum PSSI di laman resmi PSSI.

"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try-out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih," sambung Erick Thohir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya