Gagal Bersinar di Manchester United, Wout Weghorst Terdampar ke Hoffenheim

Wout Weghorst belum juga kembali ke Burnley setelah dipinjamkan ke Besiktas dan Manchester United.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 09 Agu 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 20:00 WIB
Foto: Sayonara Old Trafford, Deretan Pemain yang Telah Resmi Meninggalkan MU
Pemain Manchester United, Wout Weghorst memberikan tepuk tangan setelah laga lanjutan Liga Inggris melawan Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, London, 27 April 2023. Sama seperti Sabitzer, Weghorst dikembalikan ke klub lamanya, Burnley setelah dirinya tidak dipermanenkan oleh MU. Ia menjadi sosok penting kemenangan Carabao Cup, dengan satu gol dan satu assist. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta Wout Weghorst belum bisa kembali ke Burnley. Pemain berusia 31 tahun itu masih tetap dipinjamkan ke tim lain. Setelah sebelumnya sempat memperkuat Besiktas dan Manchester United, Weghorst kini 'terdampar' ke tim Jerman, 1899 Hoffenheim.

Tim yang berlaga di Bundesliga itu telah mengumumkan kedatangan Weghorst lewat akun media sosial Hoffenheim, kemarin. Dalam unggahannya disebutkan, kalau pemain asal Belanda itu akan memperkuat Die Kraichgauer musim 2023/2024.

"Kami berharap yang terbaik untuknya di Jerman," tulis Hoffenheim.

Informasi yang sama juga diunggah oleh Burnley Football Club. Lewat akun Twitter-nya, Burnley menyebut Weghorst dipinjamkan selama semusim.

"Klub Sepak Bola Burnley memastikan bahwa Wout Weghorst telah bergabung dengan klub Bundesliga TSG Hoffenheim dengan status pinjaman selama satu musim...

Musim lalu, striker Belanda itu dipinjamkan ke Besiktas dan Manchester United sebelum kembali ke Turf Moor musim panas ini...

Weghorst sekarang akan menghabiskan musim 2023/24 bersama Hoffenheim dan Klub ingin mendoakan yang terbaik untuknya di Jerman," tulis Burnley.

 


Bukan Pengalaman Baru untuk Weghorst

Bayern vs Wolfsburg di Liga Jerman
Penyerang VfL Wolfsburg Wout Weghorst (kiri) berebut bola dengan bek Bayern Munchen Dayot Upamecano pada pekan ke-17 Liga Jerman di Allianz Arena Sabtu (18/12/2021) dinihari WIB. Bayern mencukur Wolfsburg dengan skor 4-0. (Christof STACHE / AFP)

Liga Jerman bukanlah pengalaman baru bagi Weghorst. Sebelum bergabung dengan Burnley, pemain kelahiran 7 Agustus 1992 itu sempat memperkuat VfL Wolfsburg.

Dia tiba di Volkswagen Arena pada tahun 2018 setelah direkrut dari AZ. Saat itu, dia dikontrak selama empat tahun.

Di tahun pertamanya, Weghorst tampil memukau dengan mencetak 17 gol dan berada di tiga besar papan klasemen top skor Bundesliga 2018/019. Musim berikutnya, Weghorst kembali gemilang dan berhasil mencatatkan 16 gol di Bundesliga.

Burnley kemudian mendatangkan Weghorst di musim berikutnya. Dia dikontrak selama tiga setangah musim. Namun, kariernya justru meredup. Ketajamannya menghilang dan hanya mencetak dua gol sepanjang musim pertamanya.

Dia kemudian dipinjamkan ke Besiktas JK. Di Turki, Weghorst tampil lebih baik dengan mencetak 9 gol dalam 18 pertandingan. Selain itu, Weghorst juga sempat mengejutkan bersama timnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022 lalu.

 


Gagal Bersinar di Manchester United

Di babak perempat final, Weghorst yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil mencetak dua gol di menit akhir sekaligus menunda kemenangan Argentina yang sempat unggul 2-0. Belanda tersingkir setelah kalah 3-4 dalam drama adu penalti.

Performa Weghorst ternyata memikat hati manajer Manchester United, Erik ten Hag. Kebetulan Setan Merah membutuhkan tambahan striker menyusul didepaknya sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu diputus kontrak usai melakukan wawancara kontroversial dengan jurnalis kawakan Inggris, Piers Morgan.

MU kemudian membayar 3 juta pound sterling untuk menggunakan tenaga Weghorst selama semusim. Dia pun berlabuh di Old Trafford dan mengenakan nomor 27.

Namun MU ternyata bukan tempat yang cocok bagi Weghorst. Dari 31 pertandingan yang dilaluinya bersama Setan Merah, Weghorst hanya mampu mencetak 2 gol.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya