Setuju Gabung Manchester United, Sofyan Amrabat Dikeluarkan dari Skuad Fiorentina

Sofyan Amrabat dikeluarkan dari skuad Fiorentina karena akan bergabung dengan Manchester United.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 24 Agu 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023, 17:30 WIB
Sofyan Amrabat - Fiorentina
Gelandang Fiorentina Sofyan Amrabat (kiri). (Alberto PIZZOLI / AFP)   

Liputan6.com, Jakarta - Target Manchester United Sofyan Amrabat dikabarkan berlatih sendirian di Fiorentina sambil menunggu kepindahannya.

Liverpool telah mengesampingkan niat merekrut gelandang Maroko berusia 27 tahun itu, sehingga United di posisi terdepan untuk mengontraknya.

Namun, MU perlu menjual pemain terlebih dahulu dengan waktu yang hampir habis sebelum batas waktu transfer 1 September 2023.

Amrabat telah dikeluarkan dari Fiorentina untuk play-off Liga Konferensi Europa hari Jumat dini hari WIB, 25 Agustus 2023, pertandingan leg pertama tandang ke Rapid Vienna.

Pun, sebelumnya Amrabat tidak diturunkan dalam kemenangan 4-1 Serie A mereka di Genoa pada hari Sabtu, ia harus berlatih jauh dari anggota skuad Vincenzo Italiano lainnya.

Hal ini dikabarkan lantaran sang pemain akan menyelesaikan proses transfernya ke Manchester United. Pemain asal Maroko itu dikabarkan sudah menjalin kesepakatan secara pribadi.

United memang sangat membutuhkan gelandang bertahan untuk membantu Casemiro. Kelemahan MU di posisi gelandang jelas terlihat saat menang 1-0 atas Wolves dan kalah 0 d-2 ari Tottenham Hotspur.

Apalagi, Kebutuhan MU untuk gelandang baru diperparah dengan kondisi Mason Mount. Gelandang anyar Man Utd itu dikabarkan harus absen hingga pertengahan September karena mengalami cedera saat melawan Tottenham Hotspur.

Amrabat, yang bernilai sekitar 30 juta pounds, telah muncul sebagai target utama MU di depan Amadou Onana dari Everton.

United telah menghabiskan 72 juta pounds untuk membeli striker Rasmus Hojlund, 55 juta pounds untuk gelandang Mason Mount, dan 43,8 juta pounds untuk kiper Andre Onana musim panas ini.

Tapi Anthony Elanga, Fred dan Alex Telles adalah satu-satunya pemain senior yang dilepas dengan biaya tertentu sejauh ini dan pengeluaran lebih lanjut diperlukan untuk tetap berada dalam batas Financial Fair Play [FFP] dan memungkinkan penandatanganan lebih lanjut.

Hanya saja, MU berpacu dengan waktu lantaran Fiorentina dikabarkan ingin kepastian soal transfer Sofyan Amrabat pada 25 September 2023 ini.

Amrabat menjadi terkenal selama Piala Dunia Qatar, memperkuat lini tengah Maroko saat mereka melaju dengan berani ke semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester United Harus Keluarkan Dana 30 Juta Pounds

Maroko Tembus 16 Besar Piala Dunia 202 Usai Tekuk Kanada
Gelandang Maroko, Sofyan Amrabat menyundul bola saat bertanding melawan Kanada pada pertandingan grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022). Hasil ini membuat Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup F dengan perolehan tujuh poin. Sementara runner up jadi milik Kroasia. (AP Photo/Manu Fernandez)

MU sebenarnya tak akan kesulitan untuk memenuhi harga yang dipatok Fiorentina untuk Sofyan Amrabat. Gelandang Maroko ini dihargai dengan 30 juta pounds.

Masalahnya Fiorentina tak mau menunggu lama. fiorentina ingin segera mencari pengganti karena itu menetapkan waktu hingga Jumat saja.

Itu artinya MU hanya waktu sekitar 72 jam untuk menjual dua pemain demi transfer Sofyan Amrabat. Selain Amrabat, MU juga ngebet hadirkan gelandang Bayern Munchen Ryan Gravenberch.

MU juga harus gercep datangkan Gravenberch yang pernah juga dilatih Ten Hag di Ajax. Soalnya, Liverpool juga meminati pemain asal Belanda ini.


Bos Fiorentina Meragu

Foto: Victor Osimhen Pimpin Deretan 5 Pemain Afrika dengan Nilai Pasar Termahal di Liga Italia 2022 / 2023, Berikut Daftar Lengkapnya
Gelandang Fiorentina, Sofyan Amrabat menguasai bola dibayangi gelandang Lazio, Matias Vecino dalam laga Serie A Liga Italia 2022/2023 di Olympic Stadium, Roma (29/1/2023). Pemain asal Maroko yang membela Fiorentina sejak tengah musim 2019/2020 ini memiliki nilai pasar 25 juta euro atau setara Rp407 miliar. (AFP/Alberto Pizzoli)

Kontrak Amrabat dengan Fiorentina hanya berjalan setahun lagi, meskipun La Viola memiliki opsi memperpanjang masa kerjanya hingga 2025. Namun, biaya 30 juta pound atau sekitar Rp 579 miliar bisa menariknya dari Italia.

Manchester United diklaim bersedia untuk memenuhi harga yang diminta Fiorentina. Raksasa Inggris itu akan menangkis persaingan dari Al-Ahli untuk jasa Amrabat. Namun faktanya,MU ternyata tidak benar-benar menginginkan Amrabat.

Direktur Fiorentina Daniele Prade justru meragukan isu bahwa pemainnya akan hengkang ke MU. Padahal Amrabat sendiri mengaku ingin meninggalkan Italia untuk bergabung dengan tim elite.

"Situasinya sudah jelas," kata Prade melalui kanal YouTube resmi klub. "Dia ingin bergabung dengan klub top dan kami ingin memuaskannya, tetapi jika kami tidak menerima tawaran, dia akan tetap bersama kami. Kami tidak memiliki pemain seperti dia di tim."

Kecuali United bisa menjual pemain sebelum batas waktu pukul 23:00 pada 1 September, kecil kemungkinan mereka akan mendapatkan pemain baru lagi musim panas ini.

Dan Amrabat bukan satu-satunya tanda tangan yang bisa lepas dari jari mereka. Sebelumnya, MU juga dikaitkan dengan bek Bayern Munich, Benjamin Pavard. Namun lagi-lagi, masalahnya adalah MU harus menjual pemain lebih dulu sebelum melanjutkan proses transfer.


Manchester United Punya Alternatif

Latihan Amerika Serikat Jelang Vs Inggris di Piala Dunia 2022
Pemain Amerika Serikat, Tyler Adams dan Cameron Carter-Vickers berpartisipasi dalam sesi latihan resmi menjelang matchday 2 Grup B Piala Dunia 2022 kontra Inggris, di Stadion Al-Gharafa SC, di Doha, Kamis (24/11/2022). Terakhir kali Inggris dan AS bertemu di babak penyisihan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan skor akhir 1-1. (AP Photo/Ashley Landis)

Erik ten Hag memiliki dua alternatif jika Manchester United gagal mengamankan kesepakatan untuk Sofyan Amrabat. Dua gelandang yang dipandang sebagai rencana B adalah pemain Leeds United Tyler Adams dan Amadou Onana dari Everton.

Baik Adams maupun Onana pernah bermain di Liga Inggris dan keduanya terlibat dalam pertempuran degradasi musim lalu. Adams bagian dari tim Leeds yang terdegradasi tapi tampil mengesankan setelah kedatangannya dari RB Leipzig.

Sementara Onana selalu mendapat penilaian positif karena sukses membantu Everton tak terdegradasi. Pemain Belgia itu tampaknya sekarang lebih mungkin bergabung dengan MU jika Amrabat gagal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya