Jadwal Asian Games 2023, Jumat 29 September: Tim Bulu Tangkis Lakoni Perempat Final, Indonesia Menanti Tambahan Emas

Berikut jadwal Asian Games 2023, Jumat (29/9/2023), yang berlangsung di Hangzhou, China. Kontingen Indonesia siap mengerahkan kemampuan terbaik untuk merebut medali emas di ajang tersebut.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 30 Sep 2023, 23:10 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2023, 06:00 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto -Asian Games 2023  - Bulu Tangkis
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berlatih di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Selasa (26/9/2023), menjelang pertandingan beregu cabang bulu tangkis Asian Games 2023. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Berikut jadwal Asian Games 2023, Jumat (29/9/2023), yang berlangsung di Hangzhou, China. Kontingen Indonesia siap mengerahkan kemampuan terbaik untuk merebut medali emas di ajang tersebut.

Menyusul sukses Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang merebut dua emas, Indonesia masih berharap atlet menembak lain bisa berkontribusi meski gagal dalam beberapa hari terakhir. Mereka bakal bertanding di nomor 50m rifle 3 positions men, 50m rifle 3 positions team men, dan 10m air pistol women.

Peluang medali juga datang dari triathlon perorangan putra. Rashif Amila Yaqin, juara SEA Games 2023, berharap dapat bersaing melawan rival-rival dari Asia dengan menempati podium. 

Dari cabor lain, tim bulu tangkis bakal melakoni perempat final. Tim putri bersua tuan rumah Asian Games 2023 dalam pertandingan yang dimulai pukul 08.00 WIB. Sementara tim putra bersua Korea Selatan. 

"Untuk beregu putra, siapa saja yang diturunkan apalagi sektor tunggal itu merata kekuatannya. Jadi nanti siapa yang lebih siap dia yang akan diturunkan," kata Kepala Bidang dan Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Bila diturunkan, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting mengaku siap memberikan performa yang maksimal. "Puji Tuhan kondisi semua baik dan persiapan sampai hari ini juga semua berjalan baik," ujarnya.

"Yang pasti lebih disiapkan dari semua aspek, teknis dan non teknis. Intinya siapapun lawannya besok saya cuma mau fokus buat menyiapkan diri sendiri dulu. Dan pastinya nanti lihat juga sedikit gambaran calon lawan besok siapa dan bagaimana," tutup Ginting.

Hingga Kamis (28/9/2023) malam WIB, Indonesia menempati peringkat 12 di klasemen medali Asian Games 2022 dengan koleksi tiga emas, tiga perak, dan 10 perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia Rebut Perak Asian Games 2023, Kamis 28 September

Foto: Sempat Dibuat Ambruk Atlet Wushu Iran, Samuel Marbun Harus Puas Raih Perak dalam Debutnya di Asian Games 2022
Atlet wushu Indonesia, Samuel Marbun berfoto dengan medali perak yang diraihnya pada nomor sanda kelas 65kg putra Asian Games 2022 saat upacara penyerahan medali di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, China, Kamis (28/9/2023). (NOC Indonesia/Naif Al'as)

Indonesia gagal merebut emas Asian Games, Kamis (28/9/2023). Capaian terbaik dipersembahkan Samuel Marbun yang kalah dari Afshin Salimi Toupghara dari Iran pada final nomor sanda 65kg cabor wushu.

Meski menelan kekalahan pada laga yang digelar di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, Samuel tetap merasa bangga dengan pencapaian yang didapat pada Asian Games perdananya tersebut. 

"Mungkin kali pertama saya bermain di Asian Games ya jadi belum terlalu lepas. Ke depannya kalau dikasih rezeki saya pasti belajar dari ini dan berikan yang terbaik lagi di next, berikutnya," katanya.

Samuel bermain agresif pada ronde pertama, namun hal itu belum cukup untuk memberinya poin maksimal bahkan pada ronde kedua, ia sempat terjatuh karena terkena tendangan ke arah kepala.

"Semalam kami sudah evaluasi lawan tapi evaluasi kami agak meleset dengan evaluasi semalam," ucap Samuel yang juga meraih medali perak pada SEA Games 2023 tersebut.

"Kami sudah fokus nih lawan kami gerakannya begini, kami harus antisipasi begitu. Ternyata berubah gerakannya jadi yang lain gitu," tambahnya.

Dengan tambahan medali perak dari Samuel, maka cabang olahraga wushu total telah menyumbangkan satu medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu.

Rapor itu membuat wushu menjadi cabang olahraga penyumbang medali terbanyak peringkat kedua bagi Indonesia setelah menembak pada Asian Games 2022.


Target Indonesia di Asian Games 2023

Defile kontingen Indonesia saat pembukaan Asian Games 2023 Hangzhou
Sedangkan Hernanda Zulfi memakai baju adat Rote, dengan menggunakan jas putih tertutup yang bawahannya merupakan kain tenun dan topi tradisional khas Rote yang disebut Ti’i Langga. (AP Photo/Dita Alangkara)

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. Sebanyak 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari.

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya