Dari Kolam Renang Menjadi Atlet Triathlon, Andy Wibowo Jalani Tugas Ganda

Sebelumnya terkenal di triathlon, Andy Wibowo pernah meraih medali SEA Games di cabor renang.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Des 2023, 21:23 WIB
Diterbitkan 09 Des 2023, 06:35 WIB
Andy Wibowo
Andy Wibowo merupakan atlet triathlon Indonesia setelah sebelumnya berkiprah di kolam renang

Liputan6.com, Jakarta- Mengubah cabang olahraga yang ditekuni bukan perkara mudah bagi seorang atlet profesional. Tak banyak yang mampu melakukannya. Di Indonesia ada Andy Wibowo. Awalnya Andy merupakan perenang kini dia menjadi atlet triathlon dan lari.

Andy sebelumnya pernah meraih medali perak SEA Games 2003 Hanoi, dan perunggu SEA Games 2007 Bangkok. Namun kegagalan menyakitkan menembus Olimpiade 2008 di Beijing membuat dirinya pensiun dini dari renang. Andy terpaut 0,5 detik.

"Di masa pensiun saya tidak latihan apa-apa. Kemudian ada Bali Triathlon. Dari situ saya mulai tertarik triathlon hingga sekarang terjebur di triathlon dan lari," terang Andy Wibowo kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Pindah cabang olahraga, Andy mampu meraih prestasi yang luar biasa. Andy Wibowo kini menjadi pelatih di TeamHope Triatlon. Pamor Andy Wibowo semakin melesat di triathlon dan lari.

Kini Andy Wibowo bahkan punya tugas ganda yang diberikan oleh Ortuseight. Andy Wibowo tak cuma menjadi Brand Ambassador, tapi sekaligus engineer dalam pembuatan sepatu lari agar sesuai dengan keinginan para pelari. Andy memberikan masukan agar sepatu lari bisa nyaman dipakai runners. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Andy Wibowo Dapat 2 Tugas Sekaligus

Andy Wibowo
Andy Wibowo bersama Yudha Amardika.

"Kontrak kerjanya bukan cuma sebagai Brand Ambassador tapi juga engineer. Tugasnya membantu kita mengarahkan seperti apa sepatu yang pas. Karena dia punya pengalaman tinggi dan sudah gonta-ganti sponsor internasional jadi saya merasa dia sosok tepat yang bisa menunjukkan sepatu seperti apa yang dibutuhkan pelari," ujar Brand Manager Ortuseight, Yudha Amardika.

"Kami sedang proses pendaftaran di World Athletics, sudah dicek secara fisik kita lolos, tinggal secara ofisialnya. Karena sepatu lari profesional itu harus sesuai standart World Athletics," lanjut Yudha.


Sepatu Karya Andy Wibowo

Sepatu hasil masukan dari Andy Wibowo yang terbaru adalah seri Solar. Ini merupakan sepatu lari pertama dengan tekhnologi foam Cirrostratus di bawah bendera Ortuseight. Foam yang digunakan dibuat dengan material pebax, sehingga foam bagian atas empuk dan bawah sedikit keras.

Hal ini berfungsi untuk menjaga stabilitas. Kemudian solar juga memiliki carbon plate di antara kedua foam, yang berfungsi untuk menciptakan propulsi tetap maksimal. Seri Solar ini rencananya dirilis pada Februari 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya