Pemain Unggulan Ramai-Ramai Mundur dari Indonesia Masters 2024

Indonesia Masters 2024 masuk penghitungan poin pada kualifikasi cabor bulu tangkis Olimpiade Paris. Atlet kelas dunia pun memasukkannya ke dalam kalender demi menambah angka pada kualifikasi.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 23 Jan 2024, 16:52 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 00:01 WIB
Foto: Tiga Ganda Putra Terbaik Indonesia Lewati Babak 32 Besar Indonesia Masters 2023, Termasuk Fajar / Rian yang Menangi Perang Saudara
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan absen dari Indonesia Masters 2024. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Masters 2024 masuk penghitungan poin pada kualifikasi cabor bulu tangkis Olimpiade Paris. Atlet kelas dunia pun memasukkannya ke dalam kalender demi menambah angka pada kualifikasi.

Namun, dengan kalender padat dan dua ajang sebelumnya memiliki level lebih tinggi, turnamen bulu tangkis ini rawan ditinggal peserta. Skenario itulah yang terjadi.

Unggulan pertama Kodai Naraoka (Jepang) dan Shi Yu Qi (China) mundur dari tunggal putra. Tiga unggulan teratas Chen Yu Fei (China), Akane Yamaguchi (Jepang), dan Carolina Marín (Spanyol) menarik diri di tunggal putri.

Begitu pula favorit utama ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), dua jagoan ganda putri Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang), serta unggulan tiga ganda campuran Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China).

Tuan rumah juga kehilangan pasangan favorit Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Daddies mundur dari Indonesia Masters 2024 karena Ahsan masih pemulihan cedera yang diderita di Malaysia Open 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Plus Minus Mundurnya Unggulan Indonesia Masters 2024

Bulu Tangkis
(ilustrasi)

Indonesia Masters memiliki level Super 500, lebih rendah dari Malaysia Open (Super 1000) dan India Open (Super 750). Absennya para pemain tenar itu pun mengurangi gengsi turnamen.

Meski begitu, ada sisi positif bagi wakil tuan rumah. Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo dan ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata mendapat kesempatan menambah pengalaman meski harus melewati kualifikasi.

Sedangkan ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum dan ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang sebelumnya mesti melewati penyisihan kini langsung lolos ke turnamen utama. 

Kans Indonesia merebut gelar turut meningkat. Prestasi dibidik menyusul rapor buruk gagal mengirim wakil ke semifinal Malaysia Open dan India Open. Kesuksesan merebut prestasi di depan pendukung sendiri nantinya bisa jadi modal pendongkrak kepercayaan diri menghadapi ajang-ajang berikutnya.


Indonesia Masters 2024 Diikuti 278 Pemain

Bulu Tangkis
(ilustrasi)

Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Masters 2024 Armand Darmadji mengatakan sebanyak 278 pemain dari 29 negara hadir berpartisipasi.

“Negara yang hadir mengirimkan pemain terbaiknya, bisa disebut Chinese Taipei datang dengan kekuatan terbesar dengan membawa 36 pemain, menyusul China (34), Malaysia (26), Jepang (22), Denmark (22), Thailand (14), Amerika Serikat (10), dan India (9). Sementara, tuan rumah Indonesia menyertakan 34 pemain,” kata Armand.

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya