Diisukan Jadi Suksesor Gareth Southgate di Timnas Inggris, Pep Guardiola Beri Jawaban Tegas

Manajer Manchester City Pep Guardiola memberi respons tegas usai dirinya diisukan berpeluang menjadi suksesor Gareth Southgate di Timnas Inggris.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 04 Agu 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 21:00 WIB
Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Pep Guardiola santer dikaitkan dengan jabatan di Timnas Inggris pasca mundurnya Gareth Southgate. Akan tetapi, pelatih berusia 53 tahun itu menepis rumor dengan menyatakan dirinya masih bahagia menukangi Manchester City. (AFP/Darren Staples)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester City Pep Guardiola buka suara menanggapi rumor yang menyebut dirinya tengah mempertimbangkan jabatan di Timnas Inggris menyusul kepergian Gareth Southgate dari kursi manajer.

Juru taktik berusia 53 tahun menyatakan masih bahagia menangani The Citizens, meski kontraknya bersama klub raksasa Premier League bakal berakhir tahun depan.

Sekadar informasi, asosiasi sepak bola Inggris alias FA saat ini memang sedang memburu sosok anyar guna didapuk sebagai suksesor Gareth Southgate. Pelatih sebelumnya memutuskan mundur usai kalah dari Spanyol dalam final Euro 2024.

Laporan dalam beberapa waktu terakhir menyiratkan Pep Guardiola mungkin menjadi salah satu kandidat yang berpeluang menduduki kursi panas The Three Lions. Kebetulan FA Inggris juga berkenan menunjuk pelatih asing guna memimpin perkembangan lanjutan tim nasional.

Secara statistik, jasa Pep Guardiola memang begitu menggiurkan. Dia bersinar di Premier League usai mengantar Manchester City mencetak rekor dengan meraih trofi liga domestik keempat berturut-turut musim lalu.

Pria berusia 53 tahun juga sempat mempersembahkan treble buat The Citizens di kampanye 2022/2023. Secara total, Pep Guardiola telah membukukan 225 kemenangan dari 304 laga Liga Inggris yang dijalani untuk City dan memiliki win rate fantastis di angka 74,01 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tepis Rumor Bakal Latih Timnas Inggris

Pep Guardiola - Manchester City
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menghadapi Everton pada laga pekan ke-24 Premier League 2023/2024 di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (10/2/2024). (AP Photo/Rui Vieira)

Sayangnya, meski kontrak bersama Manchester City cuma tersisa 12 bulan lagi, Pep Guardiola menepis rumor kepindahannya menuju Timnas Inggris.

Mantan pelatih Bercelona mengeklaim dirinya belum bicara dengan siapa pun terkait lowongan di The Three Lions dan menegaskan masih ingin fokus menantikan musim depan bersama anak-anak asuhnya saat ini.

"Saya di sini (di Manchester City), saya benar-benar senang. Saya tidak bisa bilang apa-apa. Saya tidak tahu dari mana asalnya (kabar itu). Saya benar-benar puas di sini," ujar Guardiola kepada Sky Sports, dilansir dari SportsMole.


Kandidat Lain FA Inggris

Foto: 5 Klub Liga Inggris yang Dinahkodai oleh Pelatih Lokal pada Musim Ini
Newcastle United menunjuk Eddie Howe sebagai pelatih kepala menggantikan Steve Bruce pada tahun 2021. Sejak kehadirannya, The Magpies dinilai cerdik dan efektif untuk melakukan transfer pemain. Hingga pekan kesembilan, Howe berhasil membawa Newcastle menempati posisi keenam dengan raihan 14 poin. (AFP/Paul Ellis)

Dengan adanya bantahan Pep Guardiola, FA Inggris saat ini masih punya beberapa kandidat lain yang juga santer dikaitkan dengan jabatan manajer tim nasional.

Eks pelatih Liverpool Jurgen Klopp jadi salah satu yang masuk daftar, meski pria asal Jerman itu turut menepis kemungkinan bakal kembali ke kursi manajerial dalam waktu

Alhasil, kandidat utama untuk sementara ini ialah Eddie Howe. Sang pelatih sebelumnya menyatakan puas di Newcastle United, tetapi masih mengharapkan jaminan dari klub tentang peran masa depannya di St. James' Park.

Tak ketinggalan, nama-nama juru taktik beken lain juga masuk radar. Beberapa di antaranya meliputi Graham Potter, Mauricio Pochettino, dan Thomas Frank yang sebelumnya turut dikaitkan dengan posisi manajer Manchester United sebelum Erik ten Hag dipertahankan klub.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya