Hasil UEFA Nations League: Portugal Gilas Polandia, Spanyol Menang Tipis

Spanyol hanya menang tipis ketika menjamu Denmark. Sedangkan Portugal berpesta di kandang Polandia pada lanjutan UEFA Nations League.

oleh Thomas diperbarui 13 Okt 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 05:25 WIB
Selebrasi Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Polandia di UEFA Nations League
Selebrasi Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Polandia di UEFA Nations League (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Portugal tampil gemilang ketika dijamu Polandia pada laga lanjutan UEFA Nations League A Grup 1. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menang telak 3-1 pada laga yang berlangsung di di Stadion Narodowy, Minggu (13/10/2024) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat Portugal kini memimpin klasemen Grup 1. Selecao das Quinas selalu menang di tiga laga yang dilakoni. Polandia sendiri berada di urutan tiga karena baru mendapat tiga angka.

Meski harus away, Portugal tampil dominan sejak awal. Gol pembuka kemenangan Portugal tercipta pada menit 26. Kombinasi apik Ruben Neves dan Bruno Fernandes memudahkan Bernardo Silva menjebol gawang Polandia.

Selang 10 menit kemudian, Portugal menggandakan skor melalui sontekan Cristiano Ronaldo. Gol ini tercipta berkat aksi individu menawan Rafael Leao. Sayangnya pemain AC Milan itu gagal menyelesaikannya menjadi gol sendiri. Sepakan Leao setelah melewati beberapa pemain membentur tiang. Beruntung bola langsung disambar Ronaldo.

Di babak kedua Polandia mulai keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Polandia akhirnya bisa memangkas defisit pada menit 78. Piotr Zielinski mampu memperdaya kiper Portugal Diogo Costa.

Usaha Polandia menyamakan skor tak membuahkan hasil setelah Jan Bednarek malah melakukan gol bunuh diri selang 10 menit kemudian. Portugal menang 3-1.

Spanyol Susah Payah Jinakkan Denmark

Perayaan gol pemain Spanyol Martin Zubimendi
Perayaan gol pemain Spanyol Martin Zubimendi saat melawan Denmark di UEFA Nations League (AFP)

Sementara itu di Grup 4 UEFA Nations League, Spanyol susah payah menyudahi perlawanan Denmark dengan skor tipis 1-0 di Estadio Nueva Condomina.

Spanyol merasakan kesulitan hebat menaklukkan Denmark karena tidak bisa diperkuat beberapa pemain kuncinya saat juara Euro seperti Unai Simon, Rodri, Robin Le Normand, Daniel Carvajal, Nico Williams, dan Dani Olmo. Mereka aharus absen karena cedera.

Tanpa pemain kunci, Spanyol sempat kesulitan. Justru Denmark memulai laga lebih baik dari Spanyol. Beberapa peluang mampu didapat oleh tim tamu. Salah satunya lewat aksi Kasper Dolberg. Beruntung tembakan kencangnya masih bisa ditepis kiper David Raya.

Peluang emas baru didapat Spanyol di menit 21 lewat Alvaro Morata. Namun sepakan pemain AC Milan itu juga masih belum menemui sasaran.

Spanyol seharusnya bisa membuka keunggulan di akhir babak pertama ketika Lamine Yamal sudah berhadapan langsung dengan Kasper Schmeichel. Namun usaha Yamal mencungkil bola berujung meleset dari sasaran.

Zubimendi Jadi Pahlawan Spanyol

Di babak kedua Spanyol masih mengendalikan permainan tapi sulit menembus pertahanan Denmark. Morata dibuat mati kutu di lini depan. Pelatih Luis de la Fuente akhirnya melakukan perubahan dengan mengganti Morata dengan Joselu di menit 79.

Tak berselang lama gol akhirnya bisa dibuat Spanyol. Martin Zubimendi yang memecah kebuntuan lewat tendangan setengah voli dari luar kotak penalti setelah sebelumnya Schmeichel menyapu bola kurang sempurna. Skor 1-0 ini bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

Spanyol merebut puncak klasemen Grup 4 Liga A UEFA Nations League 2024/2025 dari genggaman Denmark. La Furia Roja mengemas tujuh poin, unggul satu dari Denmark yang turun ke urutan dua.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya