Siapa Striker Pilihan Mourinho Hadapi Basel?

Mourinho memiliki empat pilihan striker yakni Torres, Eto'o, Demba Ba. dan Schurrle.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 17 Sep 2013, 16:59 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2013, 16:59 WIB
peneyerang-chelsea-130917b.jpg

Manajer Chelsea Jose Mourinho telah mempersiapkan skuatnya untuk menjalani laga perdana Liga Champions Grup E melawan FC Basel. Pertarungan Champions vs FC Basel akan berlangsung di Stamford Bridge, Rabu 18 September atau Kamis 19 September 2013 dinihari WiB. Mourinho diperkirakan bakal menurunkan pemain dengan formasi kesukaannya 4-2-3-1. The Blues memiliki sejumlah penyerang tajam yang bisa dimainkan, antara lain Fernando Torres, Demba Ba, Andre Schurrle, dan Samuel Eto'o. Ini belum termasuk pemain gelandang serang Juan Manuel Mata yang juga piawai dipasang sebagai striker.

Sejauh ini, Mourinho sudah mencoba mengandalkan semua strikernya. Namun hanya Schurrle yang selalu mendapat kesempatan tampil di skuat utama. Pada empat pertandingan di Liga Premier, pemain yang diboyong dari Bayer Leverkusen itu selalu dipercaya Mourinho untuk mengisi lini serang The Blues. Namun, Schurrle tidak benar-benar mengisi posisi sebagai ujung tombak. Ia justru ditempatkan sebagai penyerang sayap atau bahkan penyerang bayangan.

Setelah Schurrle, adalah Torres yang tercatat sering diandalkan Mourinho. Penyerang asal Spanyol tersebut sudah memainkan tiga dari empat laga yang digelar di Liga Premier. Setelah Torres, ada lagi Eto'o dan Demba Ba yang hingga kini masih sama-sama baru tampil sekali.

Tapi catatan Eto'o bersama Chelsea ternoda dengan kekalahan. Saat menghadapi Everton akhir pekan lalu, Chelsea dipaksa kalah dengan skor tipis 0-1. Dengan keadaan yang demikian, Mourinho tentunya akan berpikir dua kali jika ingin mengandalkan Eto'o di laga nanti.

Peluang besar ada pada Torres. Kemungkinan, ia akan diturunkan sejak menit pertama. Di belakang Torres, Mourinho biasanya mengandalkan tiga pemain yang dikenal lincah dan sulit dibendung lini belakang tim lawan. Ketiganya yakni Oscar Emboaba Junior, Eden Hazard, dan Schurrle yang sering dimainkan bergantian dengan Kevin De Bruyne.

Sejauh ini baru Torres, striker Chelsea yang bisa mencetak gol ke gawang lawan. Itu dilakukannya saat Chelsea menghadapi Bayern Muenchen di ajang Piala Super Eropa, 30 Agustus lalu. Selain itu, belum ada lagi striker The Blues yang bisa mencatatkan namanya di papan skor. Empat gol Chelsea yang lahir di Liga Premier justru dilahirkan lewat aksi Oscar, Frank Lampard, Branislav Ivanovic, dan gol bunuh diri pemain Aston Villa, Antonio Luna. (Vin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya