Cek Fakta: Tidak Benar Tol Trans Jawa sudah Ditutup Sejak 30 April 2021 dalam Video Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video tol Jakarta ke Jawa sudah ditutup

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 01 Mei 2021, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2021, 14:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video tol Jakarta ke Jawa sudah ditutup
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video tol Jakarta ke Jawa sudah ditutup

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tol Trans Jawa sudah ditutup pada 30 April 2021. Video tersebut diunggah akun Faisalie Putra Jaya, pada Jumat 30 April 2021.

Klaim video tol Jakarta ke Jawa sudah ditutup tersebut menampilkan sejumlah kendaraan yang berhenti di pintu tol Pejagan, dalam video tersebut terlihat gerbang tol yang ditutup dan terdapat narasi sebagai berikut:

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup kita putar balik. Semua sudah tutup, tolong sampaikan ke kawan-kawan kita share yang ada di lapangan sana. Semua putar balik, arah Jakarta ke Jawa ditutup. Arah Jakarta ke Semarang ditutup,"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Sudah ditutup dari Jakarta menuju tol trans jawa"

Benarkah klaim video tol Trans Jawa sudah ditutup pada 30 April 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video tol Trans Jawa sudah ditutup pada 30 April 2021, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex dan Google Image.

Hasilnya tidak ada artikel atau situs yang memuat foto atau video yang identik.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'tol ditutup'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Video Penutupan Gerbang Tol Pejagan Hoaks, Terjadi 2020 Lalu" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 1 Mei 2021.

Dalam artikel tersebut Viral video penutupan Tol Pejagan beberapa hari ini. Kasi Lalin GT Pejagan Ami membantah telah terjadi penutupan tol jelang larangan mudik.

Dia mengatakan, video yang beredar tentang penutupan tol tersebut merupakan kejadian pada 2020 lalu.

"(Video) tidak benar, itu video waktu lebaran 2020 saat awal Covid," kata Ami saat dikonfirmasi Merdeka, Jumat 30 April 2021.

Dia menegaskan, larangan mudik sendiri akan diberlakukan mulai 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Itupun pihaknya hanya melakukan penyekatan karena sejumlah kendaraan masih diperbolehkan lewat, seperti kendaraan yang mengangkut orang sakit.

"Penyekatan ya, bukan berarti semua tidak boleh melintas," jelas Ami soal penyekatan tol.

 


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video tol Trans Jawa sudah ditutup pada 30 April 2021 tidak benar.

Video yang beredar tentang penutupan tol tersebut merupakan kejadian pada 2020 lalu. Larangan mudik sendiri akan diberlakukan mulai 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021

banner cek fakta (Sebagian Salah)
banner cek fakta

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya