Cek Fakta: Hoaks Artikel Berjudul "Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang"

Beredar artikel hoaks berjudul "Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang".

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 20 Mei 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2021, 17:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Artikel Hoaks Berjudul "Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang" (sumber: Facebook)
Gambar Tangkapan Layar Artikel Hoaks Berjudul "Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang" (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah artikel yang menyebut Presiden Jokowi gemar makan bipang ambawang beredar di media sosial. Konten tersebut diunggah oleh akun Facebook Arjuna pada 19 April 2021.

Dalam artikel tersebut juga memuat foto Jokowi yang tengah menyantap sate dengan babi panggang di depannya. Artikel itu berjudul "SELAIN SUKA MAKANAN EXTREIM KELELAWAR PANGGANG (KEPANG), JOKOWI JUGA GEMAR MAKAN BIPANG AMBAWANG (BABI PANGGANG)" juga disisipkan logo Cnn Indonesia.

Berikut narasi:

25 Desember 2010

Bukan Presiden Jokowi namanya kalau tidak suka nyeleneh yang aneh-aneh, omongan dan tingkah lakunya.

Jauh hari ketika menjadi simpatisan PDI-P Jokowi bersama teman karibnya Basuki Tjahaya Purnama dengan memakai baju kotak-kotak yang identik ciri khas Cina, Jokowi sering bersantap Kepang dan Bipang di Kalimantan Timur.

Jokowi yang dulunya adalah menganut kepercayaan sekte kejawen, kini menganut Islam Nusantara yang penuh toleransi kebudayaan. Makanya Jokowi gemar sekali makan Bipang Ambawang Kaltim sampai sekarang.

Konten yang disebarkan akun Facebook Arjuna telah 2 kali dibagikan dan mendapat 1 komentar warganet.

Benarkah ada artikel yang memuat pemberitaan Jokowi gemar makan Bipang Ambawang? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri artikel yang menyebut Presiden Jokowi gemar makan Bipang Ambawang. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "Jokowi gemar makan Bipang Ambawang" di kolom pencarian Google Search.

Namun tidak ada artikel dari media arus utama yang memuat artikel tersebut. Kata kunci serupa juga dimasukkan ke kolom pencarian situs cnnindonesia.com, hasilnya tidak ada artikel yang dimuat situs tersebut.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah gambar Jokowi yang tengah menyantap sate dengan babi panggang di depannya ke situs Google Searh.

Hasilnya terdapat foto identik yang dimuat situs hipwee.com pada 11 Maret 2017. Dalam foto itu, Jokowi tampak tengah makan sate namun tidak ada babi panggang di depannya. Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs hipwee.com

 

 

Referensi:

https://www.hipwee.com/hiburan/10-kuliner-yang-bikin-bibir-kamu-dilap-pacar-ah-modusnya-kok-bisa-saja/


Kesimpulan

Sebuah artikel yang menyebut Presiden Jokowi gemar makan Bipang Ambawang ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada media arus utama yang memuat artikel tersebut. 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya