Menyulap Bangunan Kumuh Jadi Galeri Street Art

Seniman memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar mereka, melihat sekelilingnya untuk mencari lahan yang bisa dijadikan sebuah galeri.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 16 Mei 2014, 18:03 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 18:03 WIB
Bangunan Kumuh, di Ubah Menjadi Galeri Street Art
Seniman memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar mereka, melihat sekelilingnya untuk mencari lahan yang bisa dijadikan sebuah galeri.

Citizen6, Jakarta Ketika Street Art atau seniman membuat sebuah karya pastilah mereka ingin memamerkan kepada khalayak ramai, pada akhirnya mereka pun mencari galeri untuk menampilkan karya mereka.

Seniman pastilah memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar mereka, melihat sekelilingnya untuk mencari lahan yang bisa dijadikan sebuah tempat agar menjadi artistik. Seperti beberapa bangunan kosong yang terbengklai untuk di renovasi dengan lukisan atau mural yang dijadikan sebagai galeri. Seperti dilansir oddee berikut lima bangunan terbengkalai yang dijadikan sebuah galeri:

1. Seniman Perancis menggunakan bangunan sebagai kanvas untuk ilusi

Seniman memiliki bermacam-macam jenis karya sesuai dengan karakter mereka, seperti mural dan graffiti. Berbeda dengan salah satu seniman asal Prancis, Ella dan Pitr memilih membuat ilusi untuk mural interior gedung. Karyanya dibuat untuk membawa perhatian pada lingkungan kumuh di sekitar Saint-Etienne Prancis. Seperti dilihat pada gambar, karya yang dibuat menampilkan ruangan dicat dengan memberikan ilusi sebuah foto berbingkai.

2. Klub malam berubah menjadi galeri 

Klub malam di Paris selalu memiliki konsep yang stylish, sehingga ketika sebuah klub malam sudah tidak terpakai seharusnya berubah menjadi sebuah galeri seni yang stylish pula. Itulah yang terjadi pada klub malam Les Baines Douches, di mana dua orang street art membuat seni rupa untuk merubah bar tersebut menjadi galeri seni. Salah satu karyanya adalah Sambre S Disco Ball, ini adalah sebuah lubang besar yang terbuat dari robekan papan di lantai yang di buat seperti bola besar.

3.  Bangunan yang dilukis dengan karakter wajah

Seniman Rusia Nikita Nomerz mempunyai ide merenovasi bangunan gedung menjadi sebuah galeri. Karya yang dibuatnya dinamakan 'The Living Wall' dengan gambar karakter-karakter wajah yang di lukis di diniding. Karya Nikita tidak hanya sebatas pada satu bangunan, tapi banyak dari bangunan nya membentuk semacam galeri dengan seni karakter komedi. Dari kota Rusia Barat, Nizhniy Novgorod dia melakukan perjalan ke seluruh negeri untuk mempercantik struktur bangunan yang sudah terbengkalai.

4. Rumah sakit yang dihantui oleh roh street art

Street art asal Brasil yaitu Herbert Baglione sedang berlibur di Italia ketika ia datang si sebuah rumah sakit jiwa yang sudah tidak di huni, ia terpikir untuk membuat sebuah galeri sehingga ia mulai melukis bayangan para penghuni di dinding. Herbert, membuat bayangan seni menyeramkan bertema rumah sakit di dinding seperti dilihat pada foto, ia menggambarkan seseorang yang pernah menduduki kursi roda tersebut lalu ia tuangkan di dinding dengan objek kursi roda.

5.  100 seniman mengubah bangunan menjadi galeri

Seorang pemilik galeri, Mehdi Ben Cheikh datang dengan ide cemerlang saat melihat bangunan yang memiliki 10 lantai di Paris. Dengan ide yang ia punya, Ben  mengundang 100 seniman untuk menciptakan karya dalam gedung, dan mengubah semuanya untuk menjadi sebuah galeri street art yang sangat unik yang ia juluki Paris 13 Tower. Dengan merenovasi lebih dari 36 apartemen dan lebih dari 4500 meter persegi bangunan yang digunakan sebagai kanvas, para seniman menciptakan warna dan pola motif yang benar-benar  terlihat cukup tajam dalam setiap interior rumah.

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:

Instagram Hapus Akun yang Posting Foto Ibu Menyusui

Seleb Indonesia Pamer Dinner Bareng Victoria Beckham di Instagram 

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya