Kisah Bung Hatta dan Kucing-kucing `Diktatornya`

Banyak yang menyukai kucing, termasuk salah satu bapak proklamator Indonesia. Seperti apa kisahnya?

oleh Liputan6 diperbarui 18 Mar 2015, 12:32 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2015, 12:32 WIB
Kisah Bung Hatta dan Kucing-kucing `Diktatornya`
Banyak yang menyukai kucing, termasuk salah satu bapak proklamator Indonesia. Seperti apa kisahnya?

Citizen6, Jakarta Tapi ada yang tak biasa dari kucing kucing peliharaan sebelumnya. Gemas membaca ulasan berita politik luar negeri yang terus kian bergejolak, Hatta menamai kucing-kucingnya dengan nama nama diktator yang dibencinya: Hitler, Mussolini, dan Franco. Penamaan kucing kucing ini memang ia sesuaikan, misalnya kucing yang kulitnya mirip macan ia beri nama Hitler, sedangkan kucingnya yang putih belang-belang hitam ia beri nama Tito. Kala kucingnya yang bernama Hitler kabur dan tak kembali, Bung Hatta memelihara kucing lain yang ia beri nama Turki.

Di rumahnya di Jakarta, Hatta memelihara banyak kucing. Kucing kesayangan Bung Hatta bernama Jonkheer, nama yang ia ambil dari sebuah gelar bangsawan pada masyarakat Belanda. Di Vilanya di Megamendung, Hatta mempunyai ikan kesayangan yang bernama Si Rabun, seekor ikan mas yang panjangnya mencapai 50 cm.

Selengkapnya

Pengirim:

Rezky Reza Pratama
Twitter: @reky_reza

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya