Tangkap Ikan Sturgeon Raksasa Penuh Kaviar, Nelayan Kaya Mendadak

Nelayan tersebut mengklaim berhasil menangkap ikan sturgeon terberat di kawasan tersebut.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 30 Mei 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2018, 14:00 WIB
Tangkap Ikan Sturgeon Raksasa Penuh Kaviar, Nelayan Kaya Mendadak
Doc: Asia Wire

Liputan6.com, Jakarta Seorang nelayan di China Utara bak mendapat durian runtuh. Nelayan tersebut mengklaim berhasil menangkap ikan sturgeon terberat di kawasan tersebut.

Menurut Conservation Institute, sturgeon kaluga atau dikenal sebagai beluga sungai, merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini panjangnya dapat mencapai lebih dari 4,5 meter dengan berat lebih dari 400 kg.

Nelayan bernama Ma Hongjun serta dua rekannya itu sendiri berhasil menangkap sturgeon kaluga raksasa dengan berat 513 kg di Sungai Amur. Menurut New Evening Post, seperti dikutip dari Daily Mail, ikan tersebut ditangkap pada 19 Mei lalu di dekat Tongjiang, Provinsi Heilongjiang, yang berbatasan dengan Rusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Kaviar
Kaviar

Setelah kembali ke darat, ikan itu ternyata panjangnya 3,59 meter dan berat 513 kg. Kepada wartawan, laki-laki berusia 53 tahun itu mengaku beruntung karena menangkap ikan sturgeon betina yang penuh telur dalam perutnya.

"Berat telurnya sekitar 100 kg. Kalau ditakar, harganya mungkin mencapai 150 ribu yuan (setara Rp 330 juta)," katanya.

Telur ikan sturgeon yang biasa dikonsumsi sebagai kaviar memiliki gizi yang tinggi. Harga kaviar juga amat mahal, sekitar US$ 3.000-5.000 per kilonya. Nelayan itu mengaku tangkapannya kali ini setara dengan 2 kali gaji tahunannya.

Hasil tangkapan Ma diklaim sebagai yang terbesar di wilayah Tonjiang dan Fuyuan dalam 10 tahun terakhir. Tahun lalu, beberapa nelayan berhasil menangkap ikan yang sama seberat 450 kg dan dijual seharga 400.000 yuan attau sekitar Rp 882 juta. Sungai Amur tempat ditangkapnya ikan tersebut memang merupakan rumah bagi sturgeon kaluga.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya