4 Kondisi Lidah yang Bantu Identifikasi Kesehatan Tubuhmu

Rupanya ada beberapa hal pada lidah yang bisa dilihat untuk mengetahui seperti apa kondisi tubuh kalian.

oleh Camelia diperbarui 15 Nov 2019, 16:00 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2019, 16:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Kanker Lidah
Jangan diabaikan, ini ciri-ciri kanker lidah yang sering disepelekan. (Sumber Foto: Healthline)

Liputan6.com, Jakarta - Lidah merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting yaitu mengecap rasa makanan. Namun tak hanya itu, lidah rupanya bisa membantu kita mengecek kondisi kesehatan tubuh lo.

Melansir dari Brightside, Jumat (15/11/2019), rupanya ada beberapa hal pada lidah yang bisa dilihat untuk mengetahui seperti apa kondisi tubuhmu. Berikut ulasannya.

Bentuk Lidah

 

[Bintang] Ilustrasi Kanker Lidah
Jangan diabaikan, ini ciri-ciri kanker lidah yang sering disepelekan. (Sumber Foto: BsnSCB.com)

Mungkin banyak yang tahu bahwa sebenarnya bentuk lidah bisa menjukkan kondisi kesehatan yang sedang dialami, berikut penjelasannya.

Seseorang dengan lidah yang tipis bisa jadi kerap mengalami dehidrasi dan memiliki masalah metabolisme. Sementara lidah yang tebal mengindikasikan kekurangan vitamin B12. Namun jika lidah bengkak, bisa jadi tanda seseorang mengalami masalah pada hormon tiroid atau infeksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Perbedaan Warna

Ilustrasi
Ilustrasi lidah (Pixabay)

Mungkin kamu pernah mengalami bahwa beberapa bagian pada lidah mengalami perubahan warna seperti berubah menjadi merah misalnya. Hal ini bisa jadi mengindikasikan masalah hormon atau kekurangan vitamin B2. Terkadang hal ini juga ditandai dengan rasa panas seperti terbakar dan juga nyeri.

Lidah Bergetar

Ternyata tak hanya tangan yang bisa bergetar tanpa kendali atau tremor, nyatanya hal ini juga terjadi pada lidah. Jika mengalami ini bisa jadi menunjukkan tanda kesemasan, ketakutan tersembunyi atau sedang mengalami neurastenia atau kelelahan yang berlebihan. Ini juga jadi salah satu tanda penyakit parkinson atau saraf otak.

Lidah Pecah-Pecah

Kondisi lidah pecah-pecah memang pada umumnya didasari oleh faktor keturunan. Hal ini juga bisa jadi merupakan sindrom Melkersson-Rosenthal atau kelainan neurologis yang jarang terjadi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya