4 Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa, Bisa Mengurangi Stres

Tak banyak yang tahu, ini manfaat mewarnai yang bisa orang dewasa dapatkan.

oleh Camelia diperbarui 21 Apr 2020, 10:00 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi pensil warna
Ilustrasi pensil warna (Sumber: PIxabay)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lebih dari satu bulan masyarakat Indonesia menjalani kebijakan Work from Home dan melakukan karantina mandiri di rumah. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk meminimalisir penularan Virus Corona Covid-19.

Tentu banyak dari kamu yang telah merasakan bosan, jenuh hingga stres. Masalahnya tak bisa melakukan aktivitas di luar rumah sama sekali. Hal tersebut nampaknya menjadi hal yang lumrah namun ada baiknya kamu tak membiarkannya semakin memburuk.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir stres saat karantina mandiri di rumah, salah satunya ialah dengan mewarnai. Tak hanya untuk anak-anak, rupanya orang dewasa pun bisa menghabiskan waktu dengan mewarnai.

Melansir dari Brightside, Selasa (21/4/2020), berikut manfaat mewarnai yang bisa orang dewasa dapatkan.

1. Mengurangi stres

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi mengecat ruangan
Warna rumah dapat memiliki dampak yang besar pada setiap perasaan atau suasana hati penghuninya. Apa saja warna tersebut?

Mewarnai gambar dengan pola-pola geometris bisa membantumu mengurangi stres yang dialami. Hal ini lantaran kita akan fokus kepada hal-hal kecil yang membuat otak lebih rileks.


2. Meningkatkan fungsi kerja otak

Ilustrasi otak dan pikiran manusia
Ilustrasi (iStock)

Mewarnai bagi orang dewasa juga bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Pasalnya saat mewarnai kamu mengasah sisi kreativitas dan juga logika.

Sisi kreatif kalian diperlukan ketika memilih berbagai macam warna. Sementara di sisi lain kamu harus fokus ketika mengerjakannya.


3. Mewarnai memiliki efek yang sama seperti meditasi

Manfaat Meditasi Pada Fungsi Pikiran, dan Meditasi untuk Pemula
Meditasi terbukti memperbaik fungsi pikiran, dan membawa manfaat dalam pengembangan diri kita.

Siapa sangka bahwa mewarnai akan memberikan efek yang sama seperti usai melakukan meditasi. Otak akan terasa lebih rileks, kamu pun akan lebih tenang dan tidur lebih nyenyak di malam hari.


4. Menghilangkan pikiran negatif

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Seni telah dianggap sebagai treatment yang berharga bagi mereka yang menderita masalah trauma dan kesehatan mental. Ketika mewarnai, seseorang akan fokus mengisi pola dan konsentrasi pada pilihan warna. Aktivitas ini bisa membantu menyingkirkan pikiran-pikiran negatif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya