Rutin Konsumsi Satu Sendok Madu Sebelum Tidur, 8 Hal Baik Ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

Bila Anda membiasakan diri mengonsumsi satu sendok madu tiap malam sebelum tidur, hal-hal baik ini akan terjadi pada tubuh Anda.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 23 Jul 2020, 18:02 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2020, 18:02 WIB
Ilustrasi Madu
Ilustrasi Madu. (Bola.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar kita menyadari madu dapat digunakan untuk melembabkan kulit dan melawan selesma. Tapi tahukah Anda bahwa para ilmuwan menyebut madu sebagai makanan super karena banyaknya khasiat lain yang dimiliki madu.

Mencampurnya dengan makanan memang membuatnya terasa lezat. Tapi jika Anda mengonsumsinya sesendok sebelum tidur tiap malam, Anda akan dikejutkan dengan keajaiban yang terjadi pada tubuh Anda.

Apa saja? Melansir dari Brightside, ini dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Tidur lebih nyenyak

Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Tidur yang Lebih Nyenyak
Ingin tidur nyenyak? Konsumsi 6 makanan ini.

Madu mengandung nutrisi yang disebut triptofan. Ini membantu Anda rileks dan memberi tubuh Anda sinyal bahwa "sudah waktunya tidur."

Meski tubuh kita butuh asam amino, tapi tubuh tak memproduksinya secara alami. Anda dapat memperolehnya salah satunya dari madu.

Terkadang, kita bangun di tengah malam. Ini terjadi karena selama tidur, otak kita butuh zat yang disebut glikogen dan menginduksi kelenjar adrenalin yang terletak di ginyal untuk membantu mengeluarkan adrenalin dan kartisol yang membuat Anda sulit tidur. Untungnya, madu mengandung glikogen. Mengonsumsinya sebelum tidur akan membantu Anda menghindari adrenalin dan memastikan tidur malam yang nyenyak.

 


2. Membantu menurunkan tekanan darah

Inspirasi Pola Makan untuk Turunkan Tekanan Darah
DASH, jenis diet yang sanggup turunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah faktor yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung yang signifikan. Menjaganya tetap stabil adalah langkah yang baik untuk menghindari penyakit jantung.

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah terbukti menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi satu sendok madu di malam hari menjadi cara yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

 


3. Tingkat trigliserida turun

Ilustrasi Trigliserida
Ilustrasi Trigliserida (sumber: iStockphoto)

Trigliserida adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Tingkat trigleserida yang tinggi berarti Anda berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Umumnya, madu dikaitkan dengan penurunan kadar trigleserida dalam darah. Mereka membersihkan darah dari lemak yang tak perlu.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu kaya akan antioksidan dan agen antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih kuat dalam memerangi infeksi akibat bakteri, jamur, dan virus.


5. Meningkatkan metabolisme

Tingkatkan Metabolisme dengan 7 Cara Ini
Tingkatkan Metabolisme dengan 7 Cara Ini

Ketika diminum, madu meningkatkan metabolisme Anda dengan menghasilkan efek termogenik pada tubuh Anda. Ini berarti meningkatkan sirkulasi darah yang sedikit meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga dapat membantu Anda membakar lemak tanpa banyak usaha.

6. Jauh dari batuk

Madu adalah anti-inflamasi alami. Jadi dengan mengonsumsi satu sendok madu yang dicampur air hangat setiap malam, dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan dan membuat Anda terhindar dari batuk. Dan lagi, madu adalah antibiotik yang dapat membantu melawan bakteri apa pun yang berada di tenggorokan Anda.

 


7. Membuat Anda tampak lebih muda

[Fimela] Awet Muda
Ilustrasi wajah awet muda | unsplash.com/@speckfechta

Metode alami terbaik untuk memperlambat penuaan adalah dengan mengonsumsi antioksidan dan madu dapat membantu Anda dengannya. Mengonsumsi madu tiap malam sebelum tidur akan membantu Anda memerangi tanda-tanda penuaan dari dalam.

8. Terhindari dari depresi

Madu mengandung polifenol, yakni bahan kimia organik yang membantu melawan depresi dengan melawan stres oksidatif dalam sel-sel otak Anda. Jika Anda ingin menjaga kesehatan mental, mengonsumsi madu tiap malam akan sangat membantu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya