Sosok Desainer Barli Asmara dalam Kenangan

Barli Asmara meninggal dunia. Kepergian salah satu desainer terbaik ini membuat duka menyelimuti dunia fashion Tanah Air.

oleh Meiristica NurulSapto PurnomoZulfa Ayu SundariPutu ElmiraGiovani Dio PrasastiHenry diperbarui 28 Agu 2020, 00:42 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2020, 00:41 WIB
Barli Asmara
Barli Asmara sangat terkesan dengan Masjid Camlica di Turki. Ia sempat salat di sananya dan merasakan ademnya salat di sana (Dok.Instagram/@barliasmara/https://www.instagram.com/p/B35unxvHJ8S/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Barli Asmara meninggal dunia. Kepergian salah satu desainer terbaik ini membuat duka menyelimuti dunia fashion Tanah Air. Ucapan duka atas kepergian Barli membanjiri linimasa.

Barli mengembuskan napas terakhir pada Kamis 27 Agustus 2020 pukul 15.00 Wita karena sakit. Pria berusia 42 tahun ini sempat dilarikan ke ICU rumah sakit di Bali. Namun jiwanya tidak tertolong.

Jenazah Barli rencananya dimakamkan pada Jumat (28/8/2020) di Bali. Ini sesuai prosedur terkait penerbangan yang terbatas terkait Covid-19, sehingga tidak bisa diterbangkan ke Bandung, Jawa Barat.

Kepergian Barli berjarak beberapa pekan setelah meluncurkan koleksi bertajuk "Unchained". Lewat unggahan di akun Instagram, Barli mengumumkan karya terbarunya dalam bentuk ready-to-wear yang rilis pada 7 Agustus 2020.

Sejumlah selebritas dan desainer menyampaikan rasa dukacita dan memanjatkan doa. Mereka juga mengenang sosok Barli Asmara. Berikut sosok Barli Asmara dalam kenangan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Video Pilihan


Anne Avantie

Anne Avantie (Foto: Instagram/@anneavantieheart)
Anne Avantie (Foto: Instagram/@anneavantieheart)

Di mata desainer Anne Avantie, Barli Asmara adalah sosok yang tidak pelit berbagi ide dengan desainer lain. Oleh karenanya, ia memiliki banyak teman.

"Dia orang yang enggak pelit ide, bisa berkumpul dan bersama-sama dengan banyak orang," kata Anne Avantie.


Fairuz A Rafiq

Fairuz A Rafiq Masih tak menyangka Barli Asmara telah meninggal dunia
Foto Instagram

Fairuz A Rafiq mengunggah foto kebersamaannya dengan Barli Asmara, sambil menuliskan doa atas kepergian perancang busana yang meninggal di usia 42 tahun itu.

Di mata Fairuz, Barli Asmara adalah sosok pria yang menyenangkan. Banyak kenangan tak terlupakan Fairuz bersama Barli Asmara.

"Aku selalu dateng setiap aku ada acara,perhatiannya masyaALLAH,sering sharing,terlalu banyak kenangan sama kakak..kita semua kehilangan salah satu disigner terbaik di indonesia❤️," tulisnya melalui akun Instagram.


Tya Ariestya

Tya Ariestya (Foto: Instagram/@tya_ariestya)
Tya Ariestya (Foto: Instagram/@tya_ariestya)

Selebritas Tya Ariestya menceritakan percakapan terakhirnya dengan pria berusia 42 tahun tersebut. Ibu dua anak ini mengaku sempat berbincang dengan Barli Asmara melalui sambungan telepon.

Dalam percakapan tersebut, Barli Asmara berpamitan. "Kakaaaaaak, terakhir telv an emang pamitan krn mau tinggal di Bali, sampe bikin group wa segala," tulis Tya Ariestya di akun Instagram.

Bintang film Sebelah Mata dan Rahasia Bintang merasa ada hal tak biasa yang diucapkan Barli Asmara kepadanya saat pamitan. "Pake Minta maaf klo ada salah2 pdhal cm pindah ke Bali aja," Tya Arietya menyambung.

Tya Ariestya pun mengenang sosok Barli Asmara. "Kakak @barliasmara @barliasmara.id, yg tenang disana... Kakak org yg super baik, super humble, semua org peduli sama kakak & selalu ngeluangin waktu buat temen2 nya," cuit artis kelahiran 30 Maret 1986 ini.


Dokter Reisa Broto Asmoro

Reisa Broto Asmoro
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Reisa Broto Asmoro mengatakan IDAI sebut tantangan imunisasi masa pandemi COVID-19 saat konferensi pers secara virtual di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Di mata Dokter Reisa Broto Asmoro, Barli Asmara merupakan orang yang sangat baik dan sangat mendukung teman-temannya. "Desainer yang sangat bertalenta juga. Karyanya selalu indah dan extraordinary."


Andien

Andien. (Foto: Instagram @andienaisyah)
Andien. (Foto: Instagram @andienaisyah)

Melalui Instagram Stories, Andien mengucapkan selamat jalan untuk Barli Asmara. Juga mengenang sosok sang desainer.

"Innalilahi wa inailaihi rojiun. ya Allah mas @Barliasmara aku kehabisan kata-kata. semoga beristirahat dengan tenang di sana Mas. You are a talented kindhearted person. Semua spirit dan karya Mas Barli akan kami kenang. Rest in love. You will be missed," tulisnya.


Shireen Sungkar

[Fimela] Shireen Sungkar
Shireen Sungkar (Adrian Putra/© Fimela.com)

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Shireen Sungkar mengenang sosok Barli Asmara yang humoris dan suka bercanda dengan teman-temannya.

"Ka barliiiiiii @barliasmara .....si lawakk yg sering banget becandaa 😭," tulis Shireen Sungkar.


Rinaldi Yunardi

20160416-Fashion-Nation-Jakarta-Rinaldi-A.-Yunardi-HZ
Desainer hair piece Rinaldy A. Yunardi berpose usai pembukaan Pop Up Gallery Senayan City, Jakarta, (15/4). Fashion Nation tahun ini sekaligus merayakan 20 tahun perjalanan karier Rinaldy dalam industri fesyen Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Desainer Rinaldi Yunardi sangat terkejut dan kehilangan sosok Barli Asmara. "Kaget dan sangat-sangat berduka, sedih banget. Kebahagiaan dan keindahan bisa melihat karya indahnya," ucapnya.

"Terima kasih untuk fashion Indonesia, enggak bisa berkata teralalu jauh karena sedih aja sih. Habis mau bicara apa lagi, cuma kehilangan, sangat kehilangan," sambungnya.


Kiprah Barli

Barli Asmara
Barli Asmara sempat meminta maaf kepada Tya Ariestya menjelang perpindahannya ke Bali (Dok.Instagram/@tya_ariestya/https://www.instagram.com/p/CEYvULhhuJY/Komarudin)

Bali Asmara lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 Maret 1978. Ia salah satu desainer papan atas Indonesia yang dikenal tak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara.

Barli dikenal memilik tiga label busana, yaitu Barli Asmara untuk koleksi adibusana. Sementara, lini kedua untuk kolesi ready to wear yang disebut Barli by Barli Asmara. Kemudian lini busana siap pakai semi formal yang disebut Sui.

Barli Asmara terjun ke dunia fesyen sejak 2002. Tak memiliki latar belakang edukasi formal, kemampuan Barli diasah secara otodidak.


Unggahan Terakhir

Barli Asmara
[Foto: Instagram Barli Asmara]

Empat hari sebelum kepergiannya, Barli Asmara mengunggah sebuah foto di Instagram pada Senin 24 Agustus 2020. Sebuah foto bernuansa hitam putih. Memperlihatkan seorang wanita mengenakan busana lengan panjang dipadu dengan celana panjang berwarna putih.

"Kenya Dress is one of our signature items from UNCHAINED Collection! And this picture truly embodies the collection! Strong pieces for bold and brave characters!" tulis desainer kondang ini.

Dan ini menjadi unggahan terakhirnya.

Selamat jalan Barli Asmara...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya