5 Cara Mudah Buat Kulit Ketiak Cerah dan Mulus

Pastinya Untuk memiliki kulit ketiak yang sehat, cerah dan mulus, kalian memerlukan perawatan yang maksimal.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Mei 2023, 11:48 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2020, 18:00 WIB
ilustrasi ketiak/pixabay
ilustrasi ketiak/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian wanita ketiak berwarna gelap pastinya akan mengurangi kepercayaan diri. Bayangkan saja apabila kita sedang mengenakan tank top, tentunya kita akan enggan untuk mengangkat tangan di depan orang lain.

Oleh karena itu, tidak hanya wajah saja yang perlu dirawat agar bersih dan mulus ketiak juga perlu perawatan yang sama. Namuan untuk menghindarinya berwarna gelap tentu tidak mudah dan butuh proses demi hasil yang sempurna.

Ada banyak alasan mengapa ketiak kita berubah warna menjadi gelap. Terkadang, hal itu terjadi karena adanya alergi atau kotoran yang menempel di baju kita setelah seharian memakai deodoran.

Secara umum, ketiak berwarna gelap itu normal. Tetapi kebanyakan wanita dan pria menganggap ini sebagai masalah. Namun jangan khawatir, kalian perlu mencoba perawatan rumahan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran pada ketiak. Dikutip dari laman infibeauty, berikut deretan cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi ketiak hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Gunakan Alat Cukur yang Tepat

Ini Akibatnya Bila Suka Mencabut Bulu Ketiak
Ilustrasi. Foto: ohnotheydidnt.livejournal

Bagi sebagian wanita mencukur adalah hal yang wajib karena merasa tidak pede jika memiliki bulu ketiak yang tumbuh menjadi panjang. Namun banyak yang khawatir untuk mencukur bulu ketiak dengan alasan takut penjadi penyebab ketiak menjadi gelap dan iritasi. 

Padahal, pemicu yang menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam bukanlah karena metode bercukurnya karena warna kulit ditentukan oleh DNA masing-masing. Iritasi kulit juga hanya terjadi jika cara mencukur dan alat cukur yang tidak sesuai dengan kulit wanita.

Jika kalian ingin menghilangkan bulu ketiak dengan cara lain, bisa juga mencoba metode waxing atau laser hair removal. Jangan khawatir, beberapa salon khusus waxing untuk bulu ketiak menggunakan gula alami sebagai wax di kulit kalian.


2. Pilih Deodoran yang Lembut dan Alami

Sebagai Pengganti Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Ketiak
Ilustrasi Penggunaan Tawas Sebagai Pengganti Deodorant Credit: pexels.com/Mareefe

Salah satu alasan utama ketiak gelap adalah penggunaan deodoran yang salah. Ada beberapa deodoran yang terlalu keras pada kulit yang menyebabkan warna ketiak berubah menjadi gelap.

Apabila kalian memiliki kulit yang sensitif, kemungkinan besar akan muncul bintik-bintik hitam atau gatal pada kulit. Maka itu, gunakanlah deodoran yang lebih lembut yang tidak mengiritasi kulit mulus kalian. Jika ketiak kalian tidak mengeluarkan bau apa pun, pertimbangkan untuk tidak menggunakan deodoran sama sekali.


3. Gosok Ketiak dengan Teratur

4 Bahan Alami Ampuh yang Bisa Cerahkan Ketiak Hitam
Ilustrasi ketiak hitam. (Sumber foto: Pinterest.com)

Eksfoliasi pada kulit adalah salah satu cara perawatan alami. Kalian bisa menggunakan scrub alami seperti kopi untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Saat menggosok kulit ketiak, pastikan melakukannya secara lembut jika kalian tidak ingin efek seperti kulit menjadi lebih kasar.


4. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat di bagian Ketiak

Bulu ketiak
Ilustrasi (Sumber: unsplash)

Pakaian yang ketat dapat menyebabkan ketiak menjadi gelap karena adanya gesekan dengan kulit ketiak. Sebisa mungkin, coba untuk kenakan pakaian longgar dan tidak sampai menggesek kulit ketiak. Jika ini tidak dapat dihindari, pastikan untuk memilih baju dengan kain yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan di sekitar lengan kalian.


5. Gosokkan Lemon pada Ketiak

lemon
ilustrasi madu lemon/copyright unsplash/Anda Ambrosini

Jika beberapa solusi diatas tidak memberikan perubahan pada ketiak, mungkin kalian bisa melakukan pengobatan rumahan yang bisa membantu mencerahkan area ketiak.

Salah satu pengobatan yang paling umum adalah mengoleskan irisan lemon pada area ketiak. Kalian cukup membiarkannya selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin. Keringkan area tersebut lalu gunakan pelembab atau deodoran.

Penulis

Fayola Gishlaine

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya