Banyak Digemari, Ini Deretan Manfaat Menonton Video ASMR Bagi Kesehatan

Begini manfaat dari ASMR untuk tubuh dapat meningkatkan sensasi rileks, berikut ulasan lengkapnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Nov 2020, 22:01 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2020, 22:01 WIB
Membuat Penonton Rileks, Ternyata Ini Manfaat Mendengarkan ASMR
(Tiktok/@secret.serenity.asmr)

Liputan6.com, Jakarta Saat ini ada begitu banyak jenis konten di Youtube yang mencuri perhatian banyak penonton. Salah satunya ialah video ASMR. Video ASMR sendiri memiliki kepanjangan Autonomous Sensory Meridian Response dan biasanya sering ditemukan pada konten video 'mukbang' atau makan dengan porsi yang besar yang dilakukan para food volgger.

Nantinya mereka akan menonjolkan suara ketika mereka menyantap makanan-makanan tersebut. Suara berbisik yang dilakukan saat makan itulah yang diklaim disenangi banyak orang.  

Bisikan dari suara ASMR sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Jika Anda sedang mencari cara untuk meredakan gejala kecemasan, depresi, atau insomnia nampaknya Anda perlu menonton video ASMR. Mendengarkan suara bisikan lembut, ketukan, dan gerakan tangan dapat menginduksi apa yang disebut orgasme otak. Tak hanya itu berikut beberapa manfaat lain dari menonton video ASMR yang telah dilansir dari laman bustle.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Merasa Rileks

Ilustrasi rileks
Ini solusi tepat untuk merasa rileks di rumah (Foto: Unsplash.com/Mike Bowman)

Studi dari Universitas Sheffield menemukan bahwa banyak orang yang menonton video ASMR mengklaim dirinya merasa senang setelah mendengarkan suara dari video ASMR tersebut.

Mereka juga merasa lebih tenang dan memiliki detak jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan ASMR. 

ASMR sendiri adalah sensasi yang dialami oleh beberapa orang sebagai respons terhadap suara tertentu, yang digambarkan sebagai sensasi hangat, kesemutan, dan menyenangkan dimulai dari puncak kepala dan menyebar ke seluruh tubuh.

Ada lebih dari 13 juta video ASMR di YouTube yang menampilkan mulai dari berbisik, makan hingga mendengarkan seseorang menyisir rambutnya.


Merasakan Perasaan yang Positif

youtuber makan spons
foto: Youtuber ASMR Hoon

Tak cukup sampai di situ, para peneliti juga mencari tahu apakah menonton video ASMR dapat menghasilkan perasaan rileks dan perubahan yang menyertai dalam tubuh seperti penurunan detak jantung.

Dalam studi tersebut, selain merasa rileks, orang-orang yang terlibat dalam ASMR juga dilaporkan merasa lebih positif dan terhubung secara sosial.


Penurunan Stress

Orang Agresif, Detak Jantung Rendah
Detak jantung (Foto: Web MD)

"Yang menarik adalah bahwa rata-rata penurunan detak jantung yang dialami oleh peserta ASMR sebanding dengan temuan penelitian lain tentang efek fisiologis dari teknik pengurangan stres seperti musik dan kesadaran," ujar Dr. Poerio.

Pada dasarnya, ASMR bekerja dengan cara yang sama seperti meditasi dengan melepaskan endorfin yang meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

Penulis

Fayola Gishlaine

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya