4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Menjadi Judgemental

Apakah Anda sering melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini?

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Nov 2021, 10:06 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2021, 10:06 WIB
Menggunjing atau Bergosip
Ilustrasi Bergosip Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Lingkungan sosial yang baik bisa berpengaruh pada sikap kita, begitupun sebaliknya. Jika lingkungan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang suka menghakimi, kemungkinan besar Anda juga akan seperti mereka.

Menjadi orang yang judgemental atau menghakimi adalah toksik karena bisa melukai hati orang lain. 

Selain itu, beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan juga bisa membuatmu menjadi orang yang suka menghakimi. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda kurangi, dilansir dari Times of India, Selasa (16/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sulit memaafkan orang lain

Ilustrasi kata-kata, memaafkan
Ilustrasi kata-kata, memaafkan. (Photo oleh Liza Summer on Pexels)

Setiap orang, termasuk Anda sendiri pasti pernah membuat kesalahan. Wajar bagi manusia jika membuat salah karena dari kesalahan kita bisa belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering menyimpan dendam? 

Semakin sering menyimpan kebencian dan dendam pada orang lain, Anda akan menjadi orang yang mudah menghakimi orang lain. Alih-alih menyimpan dendam, cobalah untuk memaafkan dan menerimanya.


2. Overthinking dan suka meremehkan orang lain

Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Ilustrasi Overthinking Credit: freepik.com

Semua individu pasti pernah mengalami kegagalan. Jika Anda gagal, apakah Anda akan mengulangi hal yang sama?

Gagal sekali bukan berarti Anda akan terus menerus gagal. Cobalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang positif. 

Berusahalah untuk tidak terlalu memikirkan suatu hal secara berlebihan, atau menjadi pesimis dengan kehidupan Anda sendiri. Jangan biarkan pikiran tersebut mengontrol Anda dan membuatmu tak bersemangat. 


3. Mudah putus asa

Putus Asa
Ilustrasi Putus Asa Credit: pexels.com/Rafael

Sebagian orang mudah merasa putus asa atau merasa bosan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan rencana dan harapan mereka. Merasa panik karena sesuatu tidak sesuai dengan rencana adalah hal yang wajar tetapi merasa putus asa adalah kesalahan terbesar. 

Jika Anda merasa putus asa Anda hanya akan memikirkan hal-hal negatif dan berbicara hal-hal negatif dan hal ini akan menjadi kebiasaanmu. Cobalah untuk menjadi orang yang optimis dan berpikir positif. 


4. Jangan berharap pada orang lain

Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar
Ilustrasi sahabat, kecewa, bertengkar. (Photo by Liza Summer from Pexels)

Jangan mengharapkan orang lain selalu memenuhi keinginan atau ekspektasi Anda. Setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri.

Anda harus lebih realistis dan tidak membuat standar tertentu untuk orang lain. Jika Anda menaruh harapan pada orang lain, Anda akan merasa kecewa. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya