5 Tanda di Wajah yang Menunjukkan Tubuhmu Kekurangan Vitamin

Berikut ini beberapa tanda yang terlihat di wajah yang menunjukkan tubuhmu kekurangan vitamin

oleh Sulung Lahitani diperbarui 15 Nov 2021, 18:06 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2021, 18:06 WIB
Anemia dan Kekurangan Vitamin B12
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Ron

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, makan makanan bergizi dan kaya vitamin adalah sesuatu yang penting. Apakah Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau diwajibkan untuk mengikuti diet ketat karena kondisi kesehatan, Anda harus memastikan bahwa Anda menemukan alternatif makanan sehat untuk menjaga tubuh Anda terpenuhi kebutuhannya setiap saat.

Segala jenis kekurangan vitamin dapat terbukti berbahaya bagi tubuh Anda, membuat Anda kehilangan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas. Mengingat bahwa vitamin sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita, siapa pun yang kekurangan vitamin dapat mengalami gejala tertentu.

Ini bahkan dapat menunjukkan perubahan tertentu tidak hanya secara internal tetapi juga pada wajah mereka. Berikut beberapa tanda kekurangan vitamin yang harus diwaspadai pada wajah Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kulit berjerawat dan kering

ilustrasi begadang menyebabkan jerawat/freepik
ilustrasi begadang menyebabkan jerawat/freepik

Jerawat dan kulit kering bisa menjadi hasil dari berbagai perubahan hormonal. Ini juga bisa menjadi konsekuensi dari akumulasi kotoran dan kuman. Namun, jika Anda kekurangan vitamin tertentu, perubahan pada kulit Anda bisa menjadi pertanda.

Tingkat kekurangan Vitamin A dan E dapat menyebabkan pembentukan jerawat di wajah Anda, sedangkan tingkat kekurangan Vitamin B12 dapat membuat kulit Anda terlihat lebih pucat dari sebelumnya. Karena itu, untuk memastikan diagnosis Anda, perhatikan tanda-tanda kelelahan ekstrem, perubahan suasana hati, dan lainnya.

 


2. Mata bengkak dan sembab

Cegah Kantung Mata Bengkak
Ilustrasi (Sumber: punemirror.indiatimes.com)

Alergi dapat menyebabkan mata Anda membengkak. Namun jika frekuensinya lebih sering dan terjadi setiap bangun tidur di pagi hari, bisa jadi itu pertanda kadar yodium rendah dalam tubuh.

Penelitian telah menghubungkan kekurangan yodium dengan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan tentu saja mata bengkak.

 


3. Gusi berdarah

Sikat Gigi Bukan untuk Gusi
Foto Ilustrasi

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh dan kesehatan kita. Salah satu tanda yang harus diwaspadai adalah gusi berdarah, yang juga dikenal sebagai 'scurvy'.

Gejala lain mungkin termasuk mudah memar, pendarahan dan nyeri sendi dan otot. Konon, untuk meningkatkan kadar Vitamin C dalam tubuh, makanlah banyak buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali.

 


4. Bibir pucat

Wajah Terlihat Pucat
Ilustrasi Wajah yang Pucat Karena Darah Rendah Credit: pexels.com/pixabay

Memiliki bibir yang pucat dan berubah warna bisa menjadi tanda dari banyak penyakit yang mendasarinya. Namun, seringkali itu adalah salah satu gejala anemia yang paling umum, suatu kondisi yang terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh.

Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh inilah yang menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Oleh karena itu dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

 


5. Rambut rusak dan kering

Ketombe
Ilustrasi Rambut Rusak Credit: pexels.com/Shakira

Jika Anda memiliki rambut yang rusak dan kering, Anda mungkin kekurangan biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7 dalam tubuh Anda. Biotin adalah nutrisi yang membantu menjaga rambut Anda tetap ternutrisi.

Oleh karena itu, tingkat biotin yang rendah menyebabkan rambut kering dan berketombe. Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis. Karenanya, makanlah makanan yang tinggi vitamin B7 termasuk daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya