Tanpa Disadari, 5 Hal di Kamar Mandi Ini Bisa Mengancam Keselamatan Anda

Rupanya banyak yang tak menyadari bahwa ada bahaya mengintai keselamatan Anda semua dan bahaya itu tersembunyi di kamar mandi Anda.

oleh Camelia diperbarui 02 Agu 2022, 09:04 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2022, 09:04 WIB
Apakah Kamar Mandi Anda Sudah Sehat?
Ilustrasi kamar mandi. (dok. Pixabay/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi menjadi salah satu tempat terpenting dalam sebuah rumah. Setiap orang pun akan pergi ke kamar mandi tak terhitung setiap harinya entah untuk membersihkan tubuh, buang air dan lainnya. 

Rupanya banyak yang tak menyadari bahwa ada bahaya mengintai keselamatan Anda semua dan bahaya itu tersembunyi di kamar mandi Anda. Dilansir dari Bestlifeonline, berikut ulasannya. 

Tergelincir dan jatuh

Meskipun Anda mungkin mengaitkan risiko terpeleset dan jatuh dengan orang tua, itu sebenarnya mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Permukaan licin, keras, dan basah dapat menyebabkan siapa saja jatuh. Sebuah studi oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa diperkirakan 234.000 orang berusia 15 dan lebih tua di AS dirawat di departemen darurat untuk cedera non-fatal terkait kamar mandi pada tahun 2008. Itu rata-rata sekitar 640 orang dalam satu hari.

Judy Stevens, penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada ABC News bahwa apa yang menarik dalam penelitian ini adalah bahwa meskipun tingkat cedera lebih rendah pada orang yang lebih muda, orang-orang dari segala usia jatuh di kamar mandi atau bak mandi. Ini mendukung rekomendasi untuk pegangan dipasang di dalam dan di luar bak mandi dan pancuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Tanaman hias kamar mandi (sumber: Pixabay)
Tanaman hias kamar mandi (sumber: Pixabay)

Cotton buds 

Apakah ada sesuatu yang terlihat lebih tidak berbahaya daripada sebuah cotton buds? Tetapi Healthline melaporkan bahwa menggunakan kapas untuk membersihkan telinga Anda dapat menyebabkan cedera atau infeksi. Orang mungkin secara tidak sengaja menembus terlalu dalam saat membersihkan, atau terpeleset dengan cotton buds bersarang di telinga mereka, menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

"Sebuah studi dari tahun 2017 mengamati cedera telinga terkait kapas pada anak-anak antara tahun 1990 dan 2010," kata situs tersebut. 

Mereka menemukan bahwa sekitar 73 persen cedera telinga akibat penyeka kapas berhubungan dengan pembersihan telinga. Dalam penelitian lain terhadap pasien dengan gendang telinga yang pecah, luka tembus ditemukan menjadi penyebab pada 44 persen kasus. Healthline merekomendasikan membersihkan telinga secara aman dengan melembutkan kotoran telinga terlebih dahulu dengan baby oil dan mengairi telinga dengan air hangat, diikuti dengan mengeringkannya.

Toilet

Tutup toilet yang terbuka bukan hanya soal etiket yang buruk. Saat Anda menyiram toilet dan tidak menutupnya, pada dasarnya Anda memicu efek vulkanik dari bakteri yang akan bertahan di udara selama setengah jam. 

"Membiarkan tutup toilet terbuka setelah pembilasan dapat menyebarkan tetesan yang terkontaminasi lebih dari satu meter dan tetap berada di udara selama 30 menit," kata Science Daily. 

Dan itu hanya dalam kenyamanan kamar mandi pribadi Anda sendiri. Ketika datang ke toilet umum, "Pembilasan toilet dengan tutup terbuka, mencuci tangan atau mengeringkan tangan yang tidak efektif, pembersihan permukaan yang buruk, saluran air yang tersumbat, dan tempat sampah yang tidak tertutup semuanya berkontribusi pada beban bakteri dan virus yang berat," kata situs tersebut. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Selanjutnya

Apakah Kamar Mandi Anda Sudah Sehat?
Ilustrasi kamar mandi. (dok. Pixabay/Dinny Mutiah)

Jamur

Jamur dikenal berpotensi menyebabkan berbagai reaksi merugikan. Dan sementara Anda mungkin tidak berpikir Anda memiliki masalah jamur di kamar mandi Anda, Anda mungkin tidak melihat cukup dekat, kata Matt Cinelli, pemilik/operator AERC Removals. Dia memberitahu HouseLogic bahwa kurangnya ventilasi yang tepat adalah penyebab utama pertumbuhan jamur. "Itu bisa dimulai di kamar mandi tetapi sebenarnya terbentuk di ruangan lain," katanya.

Situs tersebut menyarankan untuk memeriksa area tersembunyi, seperti di bawah wastafel, pintu akses ke perlengkapan mandi dan mandi, di sekitar kipas angin, bahkan di ruang merangkak dan ruang bawah tanah di bawah kamar mandi ketika mencari jamur.

Shampo

Sampo Anda bisa mengandung beberapa bahan kimia berbahaya di dalamnya. "Bahan-bahan dalam sampo bertujuan untuk memberikan hasil instan pada rambut Anda," kata WebMD. 

"Namun, efek jangka panjangnya bisa sangat menghancurkan." Efek ini berkisar dari masalah seperti kekeringan pada kulit kepala dan pori-pori tersumbat hingga masalah kesehatan yang jauh lebih serius seperti kanker, gangguan hormonal, dan masalah bawaan, situs tersebut memperingatkan. 

WebMD menyarankan untuk memilih sampo yang terbuat dari bahan nabati atau organik, dan untuk menghindari produk dengan bahan-bahan seperti paraben, ftalat, dan sulfat (antara lain).

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas
Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya