Studi: Anjing Peliharaan Akan Menangis Saat Bersatu Kembali dengan Pemiliknya

Sepertinya bukan hal aneh jika anjing memiliki ikatan terhadap manusia, Temuan terbaru ini menemukan fakta bahwa anjing bisa berlinang air mata setelah berpisah dan bertemu lagi dengan pemiliknya.

oleh Fany Triany diperbarui 27 Agu 2022, 10:04 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2022, 10:04 WIB
Ilustrasi anjing
Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Secara harfiah, anjing sering kali dianggap sebagai sahabat terbaik manusia. Hewan ini sangat setia dan mudah diatur. Ia menggemaskan, terkadang juga bisa menjadi pendamping, penyelamat, pelindungan dan penolong bagi seserang. Selain itu, anjing mampu memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya, atau bahkan orang lain yang mereka temui.

Meski begitu, banyak dari kita tidak benar-benar tahu bahwa hewan memiliki perasaan layaknya manusia. Ia bahkan terkoneksi pada pemiliknya. Ketika Anda sedih atau bahagia, seekor anjing peliharaan akan merasakan hal yang sama.

Sebuah studi baru ini menunjukkan bahwa anjing mungkin menangis ketika bersatu kembali dengan pemiliknya. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, mengukur jumlah air mata di mata anjing dengan alat tes bernama Schirmer, yang ditempatkan di bawah kelopak mata.

Penelitian membandingkan sejumlah air mata di mata anjing selama interaksi normal dengan pemiliknya, kemudian dibandingkan pada jumlah air mata mereka setelah berpisah selama lima hingga tujuh jam.

Mengutip dari Japantime, Kamis (25/8/2022), “kami belum pernah mendengar penemuan bahwa hewan meneteskan air mata dalam situasi yang menyenangkan, seperti bersatu kembali dengan pemiliknya,” kata Takefumi Kikusui, salah satu penulis studi dari Universitas Azabu di Jepang.

“Ada kemungkinan anjing menunjukkan mata berkaca-kaca saat berinteraksi dengan pemilik yang benar-benar merawatnya,” kata Kikusui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Air mata berdasarkan pengaruh hormon cinta

Ilustrasi
Ilustrasi anjing shiba inu. (dok. pexels/Anna Shvets)

Menurut penelitian, seekor anjing dapat menangis atau mengeluarkan air mata karena pengaruh hormon cinta. Hipotesis ini menjelaskan, bahkan anjing sekali pun dapat meneteskan air mata yang dramatis.

Air mata di kendalikan oleh zat yang bernama oksitosin. Adalah hormon cinta yang kemungkinan bertanggung jawab atas reaksi tersebut. Biasanya, ini berperan kuat dalam ikatan kepercayaan antara ibu dan anak, sepasang kekasih, atau hewan peliharaan.

Mengapa mata anjing selalu berlinang air mata?

Dalam percobaan ini, peneliti mempresentasikan 74 peserta dengan 10 foto anjing dengan mata berkaca-kaca dan lima foto anjing tanpa linangan air mata. Para peserta diminta untuk memperhatikan foto tersebut dan menggambarkan seberapa besar mereka ingin merawat anjing tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa anjing yang berlinang air mata membuat lebih banyak orang ingin mengelus dan merawatnya. Penelitian ini juga menjawab bahwa air mata pada anjing dapat memicu emosi pada manusia.

Mengapa mata anjing selalu berlinang air mata, mungkin ini menjawab pertanyaan Anda. Jelas anjing adalah hewan yang butuh sentuhan kasih sayang oleh manusia, baik itu pemiliknya atau hanya seseorang yang baru ia jumpai.


Peneliti menemukan fakta seekor anjing dapat melihat dengan moncongnya

Ilustrasi Anjing.
Ilustrasi Anjing. (Photo Copyright by Pixabay)

Penelitian terpisah menemukan hasil yang cukup mengejutkan, bahwa pengelihatan dan penciuman seekor anjing, terhubung. Ini dilihat dari pemindaian MRI dari 23 anjing, menunjukkan hubungan neurologis antara bohlam penciuman dan oksipital. 

Mereka melihat bahwa orang yang membawa anjing buta ke dokter mata, hewan mereka terlihat dan sangat berperilaku normal. Anjing buta tersebut bahkan dapat berjalan dengan baik, mereka tidak menabrak sesuatu. 

Para peneliti menyadari hal sangat mengagumkan. Selain air mata yang dikeluarkan oleh anjing, ternyata seekor anjing buta dapat melihat dengan bantuan moncongnya. Ini mungkin mengandalkan indra penciuman, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menemukan jawaban pasti mengenai hal tersebut.


Anjing Diklaim Bisa Mendeteksi Covid-19 dengan Akurasi Tinggi Lewat Keringat

Anjing - Vania
Ilustrasi Anjing/https://unsplash.com/Victor Grabarczyk

Para peneliti menemukan anjing menjadi sangat baik dalam mendeteksi infeksi tanpa gejala, dengan sensitivitas mendekati 100 persen.

Dilansir NBC News, studi sebelumnya juga menyoroti keterampilan anjing ini. Para peneliti di Florida tahun lalu menemukan bahwa anjing dapat memprediksi tes positif Covid-19 dengan akurasi 73 hingga 93 persen setelah satu bulan pelatihan. Dalam sebuah penelitian di Inggris, anjing secara akurat menunjukkan 82 hingga 94 persen kasus positif.

Studi baru dilakukan pada awal 2021, sehingga anjing-anjing itu mengidentifikasi virus corona asli. Dominique Grandjean, salah satu penulis studi dan seorang profesor di Alfort National Veterinary School di Prancis, mengatakan dia sekarang sedang memeriksa seberapa baik anjing menangkap varian.

Grandjean mengatakan temuannya menunjukkan bahwa anjing mungkin berguna untuk mendeteksi Covid-19 di bandara, panti jompo, sekolah, atau acara olahraga. Anjing telah membantu mengendus Covid-19 di bandara di Arab Saudi, Finlandia, dan Uni Emirat Arab.

Anjing hanya membutuhkan beberapa molekul untuk mengidentifikasi kasus positif, kata Grandjean. Namun Dr Cynthia Otto, direktur Penn Vet Working Dog Center di University of Pennsylvania, mengatakan sulit melatih anjing untuk mendeteksi Covid-19 di dunia nyata.

"Yang ideal, adalah bahwa anjing itu hanya berdiri di sana, seseorang lewat, dan mereka berkata, 'Ya, tidak, ya, tidak, ya, tidak,'" kata Otto. "Itu pada akhirnya bisa dilakukan, tetapi memastikan itu dilakukan dengan semua kontrol yang tepat dan jaminan kualitas dan keamanan - ini adalah langkah besar. Saya belum melihat siapa pun yang mengusulkan bagaimana membuat transisi itu dengan cara yang ilmiah dan aman."


Cara yang kurang invasif untuk mendeteksi Covid?

Presiden Korea Selatan Pertimbangkan Larangan Konsumsi Daging Anjing
Ilustrasi anjing Golden Retriever. (dok. Helena Lopes/Unsplash.com)

Untuk studi baru, para peneliti melatih lima anjing dengan memberi mereka hadiah mainan karena mendeteksi sampel positif Covid-19.

Anjing-anjing itu kemudian mengendus 335 sampel keringat, 109 di antaranya positif pada tes laboratorium PCR. Setiap sampel ditempatkan dalam kotak kecil di belakang kerucut, dengan kerucut berbaris di baris 10. Jika seekor anjing mengira mendeteksi kasus positif, ia akan duduk.

Grandjean memperkirakan hanya butuh 15 detik bagi anjing untuk menganalisis 20 sampel Covid-19 . Ketika mengkategorikan sampel negatif yang dikenal sebagai spesifisitas dalam pengujian anjing-anjing itu sedikit kurang akurat. Mereka mengidentifikasi 91 persen sampel bebas Covid-19 dengan benar, yang berarti mereka memberikan beberapa positif palsu.

Namun, kata Grandjean, anjing menawarkan beberapa keuntungan untuk pengujian Covid-19. Mereka kurang invasif daripada swab hidung atau tenggorokan dan memberikan hasil yang lebih cepat (tidak termasuk waktu pelatihan).

Baik Grandjean dan Otto juga mengatakan bahwa anjing telah menunjukkan kemampuan untuk mendeteksi infeksi lebih awal dalam perjalanan penyakit seseorang daripada tes PCR. Dalam banyak kasus, Grandjean berhipotesis, seseorang yang dites negatif pada PCR tetapi positif menurut penilaian anjing kemungkinan akan dites positif pada PCR dua hari kemudian.

Otto mengatakan bahwa anjing mungkin menjadi alat penyaringan yang berguna untuk menandai kasus potensial yang nantinya dapat dikonfirmasi di laboratorium.


Cara anjing mengendus Covid-19

Ilustrasi Anak Anjing
Ilustrasi anak anjing (dok. Pixabay.com/3194556)

Sebelum pandemi, Grandjean mempelajari apakah anjing bisa mengendus kanker usus besar. Pada 2020, ia mengalihkan fokusnya ke Covid-19. Penelitiannya melibatkan labrador, German shepherds dan Belgian shepherds, dan dia sebelumnya menemukan bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19 dari mengendus masker seseorang.

Sebagian alasan anjing dapat melakukan itu, kata Grandjean, adalah karena mereka memiliki organ di hidung mereka yang disebut organ Jacobson, yang membantu mereka mengidentifikasi bau yang tampaknya tidak berbau bagi manusia. Begitulah cara anjing menangkap protein virus corona.

Anjing juga dapat mencium bau senyawa organik yang mudah menguap, atau gas yang ditemukan di udara yang dihembuskan, air liur, atau keringat. Grandjean mengatakan Covid-19 memiliki senyawa organik volatil tertentu yang dideteksi anjing, tetapi mereka tidak tahu persis apa itu secara kimiawi.

Grandjean mengatakan ras apa pun dapat mendeteksi Covid-19 jika senang bermain dan tidak memiliki moncong yang memendek. Hewan lain, seperti kucing, memiliki indera penciuman yang sama kuatnya, tambahnya, tetapi anjing lebih mudah dilatih.

Namun, proses pelatihannya sangat teknis, kata Otto. Bau luar dapat mengganggu, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah anjing mencari aroma yang tepat. Anjing diajari menggunakan penguatan positif, strategi serupa digunakan untuk melatih mereka menemukan rayap atau mengendus narkoba. Tapi tentu saja, tidak semua anjing menyukai hadiah yang sama, kata Otto.

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh
Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya