9 Cara Mencerahkan Ketiak Secara Alami, Ampuh dan Patut Dicoba

Bagi sebagian individu, memiliki warna ketiak hitam yang gelap dapat menurunkan kepercayaan diri.

oleh Azizah Savira diperbarui 17 Okt 2022, 13:40 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2022, 13:40 WIB
ilustrasi ketiak/pixabay
ilustrasi ketiak/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Ketiak merupakan bagian tubuh yang jarang terlihat. Namun bagi sebagian individu, memiliki warna ketiak hitam yang gelap dapat menurunkan kepercayaan diri. Terlebih bagi orang yang suka mengenakan pakaian sleeveless. Karena alasan ini, banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mencerahkan warna ketiak.

Mengatasi ketiak hitam tidak semudah menjentikan jari. Perlu ada perawatan yang dilakukan secara rutin supaya warna kulit ketiak menjadi lebih cerah. Ada beberapa cara yang bisa dicoba, mulai dari perawatan laser sampai menggunakan bahan-bahan alami. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba cara yang alami, yuk simak informasi di bawah ini.

Dilansir dari Klikdokter, Senin (17/10/2022), kulit ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh kondisi berikut ini:

· Mencukur rambut ketiak

Bagian rambut di atas permukaan kulit yang tercukur dapat menciptakan suatu tampilan yang berbeda. Ini menyebabkan warna kulit ketiak tampak lebih hitam.

· Berlebihan menggunakan deodoran

Deodoran berfungsi untuk mencegah bau badan. Tidak sedikit pula produk deodoran yang mengklaim dapat memutihkan kulit ketiak. Meski terdengar bermanfaat, nyatanya deodoran jenis apa pun dapat membuat kulit ketiak semakin menghitam jika dipakai berlebihan. Ini akibat bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

· Penumpukan sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang mengendap di permukaan kulit dapat membuat kulit tampak kusam dan gelap. Tidak hanya pada wajah, hal ini juga berlaku untuk kulit ketiak dan anggota tubuh lainnya.

· Berat badan berlebih

Berat badan di atas normal atau obesitas dapat memicu timbulnya daerah lipatan dengan warna kulit yang lebih gelap. Dalam bahasa medis, keadaan ini disebut dengan achantosis nigricans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Ketiak Lebih Cerah

Berkhasiat Untuk Memutihkan Ketiak
Ilustrasi Ketiak yang Menghitam Credit: pexels.com/Godisable

Membuat kulit ketiak lebih cerah

Berdasarkan penyebab di atas, maka tindakan yang dapat membuat kulit ketiak Anda lebih cerah adalah:

1. Cukur ketiak dengan metode IPL atau waxing

Metode IPL (Intense Pulse Light) dan waxing dapat membantu menghilangkan rambut ketiak, tanpa menyebabkan perubahan warna kulit. Ini karena kedua metode tersebut mengangkat rambut ketiak dari akar, sehingga tidak membuat kulit ketiak menghitam.  

2. Gunakan deodoran khusus secukupnya

Penggunaan deodoran khusus untuk kulit sensitif dapat mengurangi risiko kulit ketiak yang menghitam. Selain itu, pastikan pula Anda hanya menggunakan deodoran secukupnya saja.

3. Scrubbing

Untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati, lakukanlah scrubbing sebanyak 2 kali per minggu secara rutin.

4. Turunkan berat badan

Tidak hanya mencegah kulit ketiak menghitam, menurunkan berat badan hingga batas ideal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.


Bahan Alami

Minyak Zaitun
Ilustrasi minyak zaitu bisa digunakan sebagai produk kecantikan sebelum tidur. Credits: pexels.com by Pixabay

Berikut ini beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mencerahkan ketiak:

1. Minyak Zaitun

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak yang satu ini. Minyak zaitun terkenal akan kandungan antioksidannya yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit.

Oleskan minyak pada kulit ketiak dan lakukan pijat selama 10 menit dan bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga terlihat hasilnya.

2. Cuka Sari Buah Apel

Hasil fermentasi dari buah apel ini juga dipercaya untuk memutihkan kulit ketiak kamu. Caranya mudah, campurkan cuka sari apel dan baking soda hingga muncul gelembung dan oleskanlah di area ketiak hingga kering. Bilas dengan air bersih dan ulangi tiga kali dalam seminggu.

3. Irisan Timun

Timun mempunyai manfaat sebagai pemutih bagi kulit. Cukup gosokkan irisan timun di kulit ketiak, cuci bersih setelah 10 menit dan keringkan menggunakan handuk lembut. Perawatan kulit ketiak ini perlu dilakukan minimal dua kali dalam sehari sampai hasilnya terlihat.

4. Kunyit

Selain bisa digunakan untuk masker, kunyit juga dipercaya sebagai pemutih area kulit ketiak. Kamu hanya tinggal mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh kering, serta bilaslah dengan air. Ulangi cara di atas dalam dua kali seminggu.


5. Kentang

Ilustrasi kentang | Pixabay
Ilustrasi kentang | Pixabay

Bukan hanya lezat untuk dikonsumsi, ternyata kentang menyembunyikan segudang manfaat untuk kesehatan kulit.

Jika kamu ingin menggunakan kentang sebagai perawatan mencerahkan ketiak, parut kentang terlebih dahulu, lalu peras kandungan air yang terkandung dalam parutan kentang. Kemudian, oleskan jus kentang ke daerah ketiak dan diamkan setelah 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

6. Campuran susu, air mawar, dan kulit jeruk 

Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk secukupnya untuk membuat pasta kental.

Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

 7. Lemon

Potong irisan lemon dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.

Kamu juga bisa mencampurkan jus lemon dengan bubuk kunyit atau pasta kunyit. Oleskan pasta secara merata ke ketiak dan diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan.

8. Minyak kelapa

Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak lalu usap merata. Setelah 15 menit, bersihkan ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali per minggu.

 9. Tea tree oil

Selain minyak kelapa kamu juga bisa menggunakan tea tree oil untuk memutihkan ketiak, campurkan lima tetes minyak pohon teh dengan 8 ons air dalam botol semprot kecil.

Semprotkan campuran tersebut pada ketiak setiap hari setelah mandi. Setelah itu, diamkan sampai mengering.

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya