Ini 5 Cara Kembangkan Karakter Diri Jadi Lebih Baik

Pengembangan karakter dapat dilakukan tidak hanya di film tetapi di dunia nyata. Berikut ada 5 cara mengembangkan karakter diri menjadi lebih baik.

oleh Hani Safanja diperbarui 26 Okt 2022, 16:33 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 16:33 WIB
Ilustrasi menonton film
Ilustrasi menonton film. (Photo by afra32 on Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam istilah perfilman, character development diartikan sebagai perkembangan suatu karakter dan proses perubahan yang semakin baik dan menunjukkan sifat khusus.

Perkembangan suatu karakter mengacu kepada proses membuat karakter tampak lebih nyata dan hidup. Seringkali penonton atau pembaca suatu karakter fiksi akan membuat mereka terdorong dan semakin terkoneksi dengan tokoh tersebut.

Mengutip dari Film Style, Rabu (26/10/2022), pengembangan karakter adalah teknik sastra yang memungkinkan pembaca untuk terhubung dengan karakter dalam sebuah cerita. Jika karakter dikembangkan sepenuhnya, pembaca dapat mengenalnya seolah-olah karakter tersebut adalah orang yang nyata.

Mengutip Kentingle, karakter adalah jembatan antara siapa seseorang sebenarnya dan apa yang orang harapkan. Dalam mengembangkan karakter, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan, termasuk menunjukkan bagaimana karakter berbicara, bertindak, dan berpikir.

Tak jarang, alasan serta motif diceritakannya character development dibuat karena terdapat nilai yang dapat dipetik. Perkembangan karakter yang dilakukan dari waktu ke waktu , sama halnya seperti kehidupan manusia, acapkali menarik hati dan meninggalkan kesan kepada para audiens.

Layaknya di dalam film, karakter manusia dapat seiring waktu berkembang dan mengarah kepada perubahan yang positif. Untuk itu, character development di dunia nyata dapat membuat kita seakan-menjadi pemeran utama.

Untuk melakukannya, ini 5 cara mengembangkan karakter kamu jadi lebih baik, layaknya di dalam film.


Cara Mengembangkan Karakter

Memonto Film
Memonto Film (sumber: pixabay)

Perkembangan karakter tidak serta merta menceritakan mengenai perubahan drastis yang terjadi di dalam suatu cerita. Dalam perkembangannya, tentu terdapat beberapa peristiwa yang perlu dialami dan dijadikan pembelajaran. Untuk melakukannya, ini beberapa cara mengembangkan karakter diri yang dapat kamu contoh, dilansir Thin Difference.

1. Bekerja keras untuk Mengembangkan Diri

Ketahui bahwa setiap karakter yang berkembang harus melalui bagian cerita yang membutuhkan mereka untuk bekerja keras.  

Entah mereka tiba-tiba bertemu seseorang yang menginspirasi atau perubahan cerita drastis yang mendorong mereka menjadi tokoh yang lebih baik menjadi salah satu plot cerita yang sering diangkat.

Hal ini tentu dapat dicontoh dengan mulai mencoba memulai rutinitas yang dapat mendorong kualitas diri sendiri dan seiring waktu, mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

2. Selalu Bersikap Baik

Bersikap baik bukan berarti memberikan hak bagi orang lain untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan kepada kita. Karakter yang berkembang setidaknya memiliki beberapa sikap baik yang menyertai dan membuat suatu karakter menjadi lebih bijak.

Dalam kehidupan nyata, kebaikan juga memberikan manfaat positif bagi diri sendiri. Oleh karena itu, kekuatan karakter yang baik ada pada sikap rendah hati dan terbuka untuk membantu orang lain.


Cara Selanjutnya

Karakter Adalah Ciri Khas Diri
Karakter Adalah (Sumber: Pixabay)

3. Pahami kekuatan diri sendiri

Penting bagi suatu karakter untuk mengetahui kekuatan yang ia miliki. Kekuatan dan kelebihan membuat suatu karakter lebih menonjol di satu aspek dibandingkan dengan karakter lain.

Hal ini tentunya dapat dijadikan nilai apabila seseorang ingin mulai untuk mengembangkan kualitas diri sendiri.  

4. Memelihara hubungan yang penting

Seringkali suatu karakter diceritakan memiliki hubungan khusus dengan orang lain yang mendorong mereka untuk berkembang.

Baik ketika seseorang yang penting bagi mereka terluka atau bahkan terbunuh, dapat menjadi alasan di balik development yang dibangun.

Nyatanya, hubungan memegang peranan penting terhadap kualitas diri seseorang. Hubungan yang terjalin secara sehat baik dalam hubungan romantik maupun platonik dapat membuat seseorang menjadi positif dan menemukan jalan yang lebih baik ke depan.

5. Bertanggung jawab atas keputusan

Karakter yang kuat adalah karakter yang bertanggung jawab. Mereka mengetahui kekuatan diri sendiri dan menggunakan kekuatan tersebut untuk membantu orang lain.

Sikap bertanggung jawab juga melatih sesorang untuk menjadi seorang pemimpin, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

 


Karakter Anime dengan Character Development Terbaik

Ilustrasi Naruto
Ilustrasi naruto. (Gambar oleh Vinson Tan ( 楊 祖 武 ) dari Pixabay)

Terlepas dari tips mengembangkan karakter diri jadi lebih baik, Bbrikut beberapa contoh karakter anime yang dengan character development terbaik yang dapat kamu contoh, dihimpun dari The Ranker:

1. Tanjiro Kamado “Demon Slayer”

Diceritakan bahwa Tanjiro adalah seorang anak pekerja keras dan bertanggung jawab yang hidupnya menjadi mengerikan ketika iblis membunuh semua anggota keluarganya, kecuali adiknya, Nezuko yang berubah menjadi setengah iblis.

Tanjiro kemudian bertemu dengan pembunuh iblis yang membuatnya melakukan perjalanan untuk menemukan obat bagi adiknya.

Selama perjalanan ini, ia mencari guru untuk membantunya dan membuatnya bekerja keras untuk mencari iblis yang mengubah adiknya.

Perlahan-lahan, tanjiro menjadi semakin kuat dan semakin hebat dan bertemu dengan teman sebaya yang memiliki tujuan yang sama.

2.  Seishuu Handa “Barakamon”

Dalam Barakamon, diceritakan bahwa Handa Seishuu meninju seorang penilai kaligrafi yang mengkritik karyanya yang membuat ayahnya mengirimnya untuk tinggal di sebuah pulau terpencil.

Handa awalnya melanjutkan gaya hidup yang menyebabkan disfungsi emosionalnya dan menghabiskan seluruh waktunya untuk proyek kaligrafi. Kehidupannya kemudian berubah ketika anak-anak tetangga mengajaknya bermain dan memasuki rumahnya tanpa izin.

Handa kemudian perlahan mengembangkan hubungan dengan mereka, dan belajar bahwa ada lebih banyak hal dalam hidup daripada kariernya, yang tidak hanya membantunya menjadi orang yang lebih bahagia, tetapi ironisnya juga meningkatkan kemampuan kaligrafinya.

 


Karakter Anime Lain

Ilustrasi Anime
Ilustrasi Anime (Photo by vinsky2002 on Pixabay)

3. Bakugou “My Hero Academia”

Bakugou dicertiakan sebagai anak yang berbakat baik secara kekuatan maupun secara akademik. Dengan keahliannya, ia sering menggertak orang-orang di sekitarnya, terutama Midoriya.

Tetapi, ketika ia mengetahui bahwa Midoriya memiliki kemampuan yang didapat melalui kerja keras dan mulai membuat Bakugou kalah,  Bakugo akhirnya menyadari bahwa dia perlu fokus pada dirinya sendiri dan menang dengan menjadi pahlawan terbaik yang dia bisa.

4. Jinta Yadomi “Anohana”

Anime ini bercerita mengenai Jinta sepuluh tahun setelah kematian temannya, Menma. Anime ini mengangkat rasa bersalah Jinta yang membuatnya mengurung diri dan mulai menjauh dengan teman masa kecilnya.

Kehadiran Menma yang berwujud roh dan selalu bersama dengan Jinta mendorongnya untuk mengumpulkan kembali kelompok teman lama yang sempat menjauh.

Jinta kemudian perlahan-lahan kembali kenyataan dan menerima kematian Menma, tidak hanya itu, ia juga memperbaiki hubungan dengan dirinya sendiri dan teman-temannya

infografis journal
infografis journal 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Tahun 2022. (Liputan6.com/Trie Yasni)  
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya