Apa Itu Season’s Greetings Kpop dan Perlukah Dibeli Fans?

Menjelang akhir tahun, para idol Kpop kerap merilis Season's Greetings untuk penggemarnya. Apa sebenarnya makna Season's Greeting Kpop?

oleh Elly Purnama diperbarui 07 Nov 2022, 16:31 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2022, 16:31 WIB
Season's Greating Idol Kpop.
Season's Greating Idol Kpop. (Dok: Twitter @NCTsmtown_DREAM, @aespa_official, dan @weareoneEXO)

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi tahun 2022 akan segera berakhir. Menjelang akhir tahun, idol Kpop kerap memanjakan para penggemarnya dengan merilis Season’s Greetings.

Memang, banyak sekali pernak-pernik atau merchandise yang ada di dunia per Kpop-an. Genre musik dari Korea ini muncul membawa warna baru di industri musik.

Mulai dari para idol Kpop dengan visual yang memanjakan mata dan kadang terkesan “unreal”, hingga pernak-pernik yang harganya cukup menguras dompet.

Namun, dari tahun ke tahunnya inovasi baru terhadap pernak-pernik atau merch Kpop ini dapat membuat takjub para penggemar. Meskipun merogoh kocek yang tidak sedikit, karena kualitas dan ekslusivitas merch tersebut, para penggemar tetap rela mengeluarkan uangnya untuk barang-barang itu.

Seperti Season’s Greetings, salah satu merch Kpop ini terbilang mahal. Setiap akhir tahun, para agensi berbondong-bondong mempromosikan Season’s Greetings bintang naungannya.

Mengutip Cosmo.ph, Senin (7/11/2022), Season's Greetings adalah merchandise yang dirilis oleh banyak artis Kpop, baik solo maupun grup, sebagai paket untuk tahun baru.

Untuk tahun depan, Season's Greetings 2023 akan siap untuk pre-order tahun ini. Season's Greetings setiap artis memiliki tema khusus untuk setiap tahunnya.

Para idol Kpop juga melakukan pemotretan khusus dan foto-fotonya akan ditampilkan dalam merch yang disertakan dalam Season's Greetings.

Paket merchandise ini biasanya mencakup kombinasi dari yang berikut ini: Kalender meja atau dinding, buku agenda atau buku harian, DVD yang berisi video, poster, kartu pos, stiker, photo card, dan merch unik lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menambah Koleksi

Koleksi Season's Greetings
Koleksi Season's Greetings salah satu penggemar NCT. (Liputan6.com/Elly Purnama)

Seorang penggemar Kpop khususnya NCT, SW (21), mengungkapkan, tidak ada keharusan untuk membeli merch Season's Greetings. Namun, dirinya merasa tergiur dengan isi yang ada dalam paket Season's Greetings.

"Sebenarnya enggak harus beli, tetapi isi dari paket Season's Greeting itu punya manfaatnya sendiri," ujar SW kepada Citizen6 Liputan6.com.

Merch Season's Greetings yang pernah dibeli oleh SW sebagai pecinta Kpop mulai dari notebook dan stiker, hingga photo card pada idolanya. 

"Misalnya yang aku beli itu Season's Greetings NCT Dream sama NCT 127, ada notebook dan sticker buat ditempel-tempel. Pastinya, kalau photo card yang ganteng itu untuk dilihat-lihat aja sih, nambah koleksi juga," ungkap SW.


Bisa Beli Sharing

Koleksi Season's Greetings
Koleksi Season's Greetings salah satu penggemar NCT. (Liputan6.com/Elly Purnama)

Paket Season's Greeting dapat dibeli secara terpisah bagian isinya. Ada yang dinamakan dengan sharing, yakni satu paket dibagikan kepada beberapa orang yang menginginkan bagian tertentunya saja.

"Aku enggak beli yang sepaket full, aku beli itu sharing sama teman-teman NCTzen lainnya," imbuh SW.

Pembelian merch secara patungan dengan teman-teman lain membuat para penggemar Kpop ini bisa lebih berhemat. 

"Itu ngebantu banget sih buat lebih hemat, karena yang aku pengin beli cuman satu member-nya aja, kaya buat dapetin Haechan-nya aja," ujarnya, menambahkan.

 


Ikut Group Order untuk Bisa Beli Sharing

[Fimela] Twitter
Twitter | unsplash.com/@martenbjork

Pada umumnya, untuk membeli bagian tertentu itu, kamu bisa masuk ke grup sesama penggemar idola yang dituju.

"Untuk dapat yang sharing, aku ikut GO (group order). Di situ biasanya tiap ada merch dari SM Entertainment bakal di-sharing kalau yang emang bisa," ujar SW.

"Kalau produk sharing-nya itu per member set, jadi per anggota yang kita mau," ujarnya, memungkasi.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya